Definisi dari Branding adalah suatu kegiatan untuk membuat nama, simbul ataupun identitas untuk membedakan suatu produk atau jasa yang satu dengan produk atau jasa yang lainnya, namun dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata brand, banyak dari kita sering mengasosiasikan brand adalah sebuah produk atau erat kaitanya dengan indentitas perusahaan.
Menurut pendapat saya branding itu perlu untuk mengenalkan, memberikan kesan yang positif sekaligus untuk meningkatkan penjualan.
Durian Ucok
Durian Ucok misalnya, karena namanya Ucok adanya hanya di Medan, meski durianya tidak asli Medan, karena kadang durian Ucok mendatangkan dari daerah lain yang sedang panen durian, sehingga setiap waktu durian Ucok selalu ada durian walau di Medan sedang tidak musim durian, dan yang lebih lucu lagi yang memiliki usaha ini ternyata orang Padang.
Bika Ambon itu setahu kitakan adanya di Maluku tetapi kenapa bika Ambon di branding di Medan, kalau kita keliling Ambon kita tidak akan menemukan bika yang seperti di Medan ada di Ambon.
Teri Medan dan Jambu Air Medan
Ini aneh lagi ada teri Medan, ada jambu air Medan, walau branding untuk teri medan dan jambu air medan tidak secerah dan seheboh duren Ucok dan bika Ambon.
Saya mengambil contoh di Medan ini, karena saya dari sana dan dalam tas saya semua yang saya sebut sedang bersemayam disana, untuk dinikmati anak istri dirumah.
Bagaimana dengan Kompasianer, mungkin kita perlu branding tentang artikel yang kita buat, sehingga begitu orang membaca tulisan kita atau orang melihat nama kita orang akan tahu, pasti dia menulis tentang ini, atau saat membaca artikel kita, orang langsung tahu, ini artikel si anu.
Bogor, 28022020
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H