Mohon tunggu...
Misbah Murad
Misbah Murad Mohon Tunggu... O - "Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Money

Peran Corporate University dalam Pengembangan Kompetensi di Era VUCA

11 Februari 2020   08:56 Diperbarui: 11 Februari 2020   08:59 2922
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kompasianer,

Kembali bedah buku kali ini, membedah buku yang diterbitkan oleh PT. Swasembada Media Bisnis dan PLN Corporate University, kali ini yang dibedah pada bagian V "Corporate University & Pepole Development" pada Bab 18, sebuah tulisan dari Indrijati Rahayoeningtyas saat ini menduduki jabatan sebagai Chief HR Officer PT Prudential Life Insurance Indonesia sempat beberapa kali memegang jabatan penting seperti di PT Unilever Indonesia, Ble Bird Group Holding dan menjabat sebagai Direktur HR, menyelesaikan S1pada Teknik Industri Institut Teknologi Bandung tahun 1991.

Judul buku yang dibedah "Peran Corporate University dalam Pengembangan Kompetensi di Era VUCA"

 VUCA dan Pengembangan Kompetensi

Esensi pembelajaran adalah belajar dari masa depan. Perubahan teknologi terjadi dengan begitu cepatnya seiring dengan berkembangnya teknologi 5G, blockchain, artificial intelligence, machine learning, big data, IOT, dan augmented reality. 

Perubahan teknologi ini terjadi dengan begitu cepatnya sampai istilah VUCA (volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity) menjadi populer --bahkan, kini beberapa pakar memperkenalkan istilah TUNA (turbulence, uncertainty, novelty, dan ambiguity). Situasi VUCA (ataupun TUNA) menuntut organisasi menjadi agile dan memiliki learning culture agar tidak menjadi korban seperti Nokia, Kodak, ataupun Blackberry.

Dua Kompetensi Paling Penting

  • Learning Agility: kemampuan belajar dengan cepat
  • Adaptability: kemampuan beradaptasi dengan cepat

 Tiga Jenis Organisasi

  • Organisasi Muda, yang by nature lahir di dunia yang berubah, sehingga tidak perlu belajar karena organisasi seperti ni sudah terbiasa dengan sesuatu yang serba cepat.
  • Contoh: Tokppedia, Gojek, Bukalapak, dan Lazada.
  • Perusahaan Very Hard untuk transformasi.
  • Contoh: perusahaan transportasi, perbankan, asuransi, dan kesehatan.
  • Perusahaan yang belum terkena atau masih belum terlihat terkena dampak perubahan yang sangat cepat.
  • Contoh: manufacturing, IOT (Internet of Things), FMCG (Fast Moving Consumer Goods).

 Tugas Pemimpin

  • Memastikan orang-orang dalam organisasinya terbuka (open minded),mau belajar dari organisasi lain.
  • Leader harus mampu men-drive untuk berubah.

Ada potensi model 70:20:10 berubah, memungkinkan porsi 10% akan makin sedikit. Perusahaan mengandalkan experiental learning (70%). Porsi 20% belajar dari Google, dan 10% ke self learning.

Ke depan corpu dapat lebih banyak megadopsi metode pembelajaran sharing, yaitu belajarnya dari siapa pun, di mana pun, dan kapan pun.

Mengukur Keberhasilan

Keberhasilan corpu dalam mengembangkan kompetensi baru diukur dari business result atau business impact. Ada impact yang secar alangsung ke revenue, tetapi ada impact yang tidak direct ke revenue.

Corpu harus menjadi nyawa perubahan karena corpu-lah yang menggawangi perubahan.

Corpu yang akan menjadi champion dalam perusahaan ini, menjadi partner business leader dalam membuat perubahan.

 

 Bogor, 11022020

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun