Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
SMK PP N JAMBI
Lingkup Pendidikan
Kelas X ATPH 1 SMK PP N JAMBI
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan pengetahuan siswa tentang fungsi sosial, struktur text dan unsur kebahasaan pada materi descriptive text kelas X ATPH 1
Penulis
MIRA, S.Pd
Tanggal
15 Desember 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang kurang nya pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa inggris materi descriptive text adalah sebagai berikut:
Kemampuan berfikir siswa kelas X ATPH 1 masih dalam tahap operasional konkret yaitu hanya mampu berfikir sistematis pada benda benda dan peristiwa yang konket.
Penggunaan media pembelajaran yang hanya dari buku paket saja menyebabkan tingkat pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa inggris masih rendah
Kurangnya minat belajar siswa pada pembelajaran bahasa inggris dikarenakan model pembelajaran yang monoton
Kurang menarik nya media pembelajaran yang digunakan guru sehingga tingkat konsentrasi siswa dalam memahami materi masih rendah
Untuk mengatasi kondisi yang terjadi sangat di perlukan perubahan dalam pembelajaran, peran saya sebagai guru yaitu bertanggung jawab menyiapakan pembelajaran yang lebih berkwalitas, menyiapkan media pembelajaran yang relevan dan menarik, yang dapat mengaktifkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Praktik ini penting untuk dibagikan sebagai reverensi guru lain yang memiliki masalah yang sama terhadap kesulitan siswa dalam memahami materi text descriptive pada pembelajaran bahasa inggris
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Untuk mencapai tujuan yang diharapkan terdapat tantangan yang dihadapi, adapun tantangan nya antara lain:
Kurang nya sarana dan prasarana seperti proyektor, speaker, dll
Siswa masih belum terbiasa aktif dan masih kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat
Menerapkan Model PBL dalam hal ini tantangan mengantarkan siswa pada masalah yang harus mereka diskusikan dan selesaikan
Dalam melaksanakan praktik ini banyak pihak-pihak yang terlibat sehigga dapat berjalan dengan lancar, pihak pihak tersebut antara lain:
Dosen pembimbing dan guru pamong yang memberi arahan motivasi, dari awal perencanaan hingga terlaksnanya rencana aksi ini
Kepala sekolah yang memberi izin motivasi dan dukungan penuh serta masukan masukan dalam proses pembelajaran yang menjadikan ini lebih baik lagi
Rekan sejawat yang selalu mendukung memberi masukan dan membantu pelaksanaan praktik ini
Peserta didik yang sangat bersemangat dalam proses pembelajaran yang menggunakan model dan media yang menarik
Pihak lain yang terkait siswa yang tergabung dalm group cinema yang membantu dalam perekaman video, serta partner yang membantu dalam mengedit video ppl
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah - langkah apa yang di lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut
Mengidentifikasi masalah belajar peserta didik
Melakukan analisis penyebab masalah tersebut
Mencari kajian literatur yang sesuai untuk memecahkan masalah
Melakukan wawancara dengan kepala sekolah, pengawas, guru senior, rekan sejawat untuk mencari penyelesaian masalah
Menyusun rancangan pembelajaran yang dianggap dapat menyelesaikan masalah pembelajaran
Strategi yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah
Menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL)
Memanfaatkan media pembelajaran berbasis TPACK (Technological pedagogical content knowledge)Â seperti tayangan materi canva, PPT, video, dan quizizz
Menggunakan media LKPD / worksheet yang menarik di design menggunakan canva
Adapun sintaks model pembelajaran problem based learning adalah sebagai berikut:
Orientasi peserta didik pada masalah
Guru menyampaikan permasalahan terkait materi
Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
Guru mengelompokkan siswa untuk mencari pemecahan maslah
Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
Guru membimbing siswa dalam pencarian solusin terhadap maslah
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Guru memandu siswa dalam tanya jawab mempresentasikan hasil karya mereka
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Guru memberikan penguatan terhadap hasil karya siswa
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada pembeljaran bahasa inggris pada materi descriptive text menggunakan media PPT, VIDEO, dan quizizz membuat siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran siswa aktif dalam menjawab permasalahan dalam kelompok dan mempresentasikan hasil karya nya, pemanfaatan media teknolgi, quizizz, video, ppt worksheet yang di design dengan canva dapat menarik minat siswa terhadap pembelajaran yang berlangsung dan video serta gambar berwarna dapat membuat siswa lebih berkonsentrasi dan dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran sehingga hasil belajar yang diperolehpun meningkat hal ini terlihat dari hasil evaluasi didapatkan mencapai nilai diatas KKM
Faktor keberhasilan dalam pembelajaran ini ditentukan oleh penguasaan guru terhadap materi pembelajaran, penguasaan model dan media pembelajaran yang disampaikan, serta keretsediaan sarana dan prasaranan di sekolah
link video pembelajaran:https://www.youtube.com/watch?v=WHUru_-sLGg