Mohon tunggu...
Mirasari
Mirasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Content Writer

Content Writer| Copywriter

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Apa Itu AIDA, PAS, dan FAB dalam Copywriting?

21 November 2024   07:56 Diperbarui: 21 November 2024   08:08 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: pexels.com

Copywriting merupakan sebuah seni menulis yang bertujuan untuk menarik perhatian, seperti teks iklan. Copywriting tidak hanya sebatas tulisan biasa saja. Ada teknik yang perlu diketahui sebelum menulis copywriting agar teks bisa efektif dan menarik di mata audiens.

Yuk kenalan dengan teknik copywriting AIDA, PAS, dan FAB.

sumber gambar: pexels.com
sumber gambar: pexels.com

Mengenal Formula AIDA, PAS, dan FEB dalam Copywriting

AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)


AIDA merupakan formula copywriting sederhana yang bertujuan memengaruhi konsumen melalui beberapa tahap.
- Attention (Perhatian): buatlah konsumen tertarik atau penasaran dengan judul copywriting anda.
- Interest (Minat): sajikan infomasi yang dapat memunculkan minat konsumen.
- Desire (Keinginan): buatlah konsumen ingin memiliki produk maupun jasa yang anda tawarkan.
- Action (Tindakan): buatlah konsumen agar bertindak seperti melakukan pembelian produk atau berlangganan.

Contoh formula AIDA pada brand wardah beauty:

PAS (Problem, Agitate, Solution)


PAS adalah formula dalam copywriting yang berfokus memberikan solusi kepada konsumen.
- Problem (Masalah): kenali masalah yang dialami oleh konsumen.
- Agitate (Agitasi): buatlah seolah-olah masalah yang dirasakan oleh audiens sangat penting.
- Solution (Solusi): memberikan solusi kepada audiens dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.
Contoh formula PAS pada brand Gojek:

FAB (Features, Advantages, Benefits)


FAB merupakan sebuah formula copywriting yang berfokus pada sebuah teknis yang dapat menguntungkan konsumen.
- Features (Fitur): jelaskan kepada konsumen terkait fitur produk maupun jasa yang anda tawarkan.
- Adventures (Keungulan): beritahu keunggulan dari produk atau jasa anda.
- Benefits (Manfaat): jelaskan manfaat yang akan diperoleh konsumen terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan.
Contoh formula FAB pada brand Miyako:


Mengetahui formula AIDA, PAS, dan FAB dalam membuat copywriting akan sangat membantu dalam menghasilkan teks iklan yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya dapat menarik bagi konsumen atau audiens. Masih bingung membuat copywriting? Tidak perlu khawatir, DIPDOP hadir membantumu dan telah terpercaya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun