Mohon tunggu...
Miranda
Miranda Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Trip

Kekecewaan terhadap Nusatrip.com

7 April 2018   01:33 Diperbarui: 7 April 2018   02:25 1784
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pelajaran kali ini adalah: kalau bisa beli langsung dari website maskapainya, jangan beli dari third party agent, apalagi dari Nusatrip.com.

Bukannya membantu, malah bikin tambah stress dan merepotkan.

Kami masih menunggu penjelasan dan informasi status tiket kami setelah 3 hari menghubungi Nusatrip padahal yang lain langsung beres saat itu juga.

Kronologis kejadian:

1. Beli tiket Philippine Airlines (PAL) melalui Nusatrip.com dengan detil sebagai berikut:

Penumpang 3 orang (Amanda S, LL dan AP)

Tanggal: 23 April 2018  (8:20am)

Kode penerbangan: PR2043

Rute: Manila (MNL) - Boracay/Caticlan/Malay (MPH)

Penumpang 1 orang (AP)

Tanggal: 26 April 2018 (09:50am)

Kode penerbangan: PR2044

Rute: Boracay/Caticlan/Malay (MPH) - Manila (MNL)

2. Tanggal 4 April pagi hari mendapatkan informasi dari teman bahwa penerbangan yang kami pesan tersebut dibatalkan oleh maskapai penerbangan PAL. Namun semua yang membeli langsung dari website PAL dapat menelpon langsung ke CSR PAL dan pada saat itu juga merubah jadwal penerbangan mereka menjadi:

Tanggal: 23 April 2018  (11:15am)

Kode penerbangan: PR2041

Rute: Manila (MNL) - Boracay/Caticlan/Malay (MPH)

Tanggal: 26 April 2018 (12:55pm)

Kode penerbangan: PR2042

Rute: Boracay/Caticlan/Malay (MPH) - Manila (MNL)

3. Hari yang sama mengirim email ke Nusatrip.com (karena membeli dari 3rd party, kami tidak bisa langsung telpon ke PAL untuk minta diganti. Harus balik ke Nusatrip.com) untuk mengkonfirmasi apa benar penerbangan yang telah kami beli tiketnya dibatalkan.

4. Tgl 5 April jam 3 pagi  mendapat email balasan bahwa benar penerbangan telah dibatalkan dan ada pergantian penerbangan dengan detil di atas (#2). Kami diminta konfirmasi perubahan. Pada saat itu juga kami mengirimkan konfirmasi perubahan.

5. Kami mendapatkan email balasan dari Nusatrip.com yang menginformasikan bahwa maskapai tidak beroperasi di rute yang kami mau dari tanggal 20 April - 1 Oktober dan akan merefund uang kami dalam kurun waktu 1-3 bulan. Namun yang kami perlukan bukan refund, tapi cara untuk sampai ke Boracay. Belum lagi jika kami harus membeli tiket baru, saat ini tiket kami sudah naik harganya 2-3x lipat.

6. Teman Filipina menelpon CSR PAL yang di balas dengan penerbangan alternatif masih ada, masih ada banyak kursi kosong dan tidak ada limitasi kepada agen penjual tiket pesawat third party. Ada teman lain yang memesan dari 3rd party agent lainnya (Tra*v**ka), dan tiket dia pun sudah dikonfirmasi sesuai jadwal penerbangan baru. 

7. Kami menyampaikan informasi tersebut kepada Nusatrip.com melalui email. Lengkap dengan screenshot percakapan. 

8. Nusatrip.com meminta bukti tiket konfirmasi teman kami yang langsung kami kirimkan.

9. Nusatrip kembali mengabarkan bahwa setelah mencoba menayai ke maskapai, maskapai PAL tetap mengatakan tidak beroperasi dari tanggal 20 April - 1 Oktober.

10. Amanda S. mencoba mencari alternatif pesawat lain dan menemukan bahwa di website Nusatrip, ada penawaran penerbangan yang seharusnya menjadi alternatif kami dengan detil di #2.

11. Amanda S. mengirimkan screenshot penawaran tersebut ke CS Nusatrip.com untuk minta penjelasan mengapa jika PAL tidak beroperasi dari tanggal 20 April - 1 Okt, mereka masih menjual tiket tersebut di website mereka (sampai detik ini).

12. Nusatrip.com tidak memberikan balasan/penjelasan apapun ke email terakhir tersebut.

13. Pada tanggal 6 April, jam 3 sore, Amanda S menelpon CS Nusatrip.com yang kembali mengatakan detil penerbangan di #2. Menanyakan apakah kami setuju untuk merubah penerbangan ke penerbangan alternatif? Kami pun langsung menjawab setuju. CS Nusatrip bilang akan mengirimkan konfirmasi via email.

14. Sampai saat ini  (7 April. 1am) masih belum ada kabar dari Nusatrip, belum ada tiket konfirmasi yang dikirimkan ke kami setelah percakapan jam 3 sore tersebut. Kamipun menelpon ke CS Nusatrip yang dibalas bahwa "masih menunggu kabar dari PAL dikarenakan PAL tidak ada layanan 24/7, jadi tidak bisa dikabarkan secepatnya". 

15. https://www.philippineairlines.com/en/aboutus/contactuslist/reservations --> di sini dilisting semua nomer PAL yang bisa dihubungi 24/7.

Sampai saat ini, kami belum diberikan penjelasan oleh Nusatrip.com mengapa tiket kami tidak dapat ditukarkan dengan tiket alternatif yang ditawarkan oleh PAL.

Pelajaran kali ini adalah: kalau bisa beli langsung dari website maskapainya, jangan beli dari third party agent, apalagi dari Nusatrip.com.

Bukannya membantu, malah bikin tambah stress dan merepotkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun