Mohon tunggu...
Min Adadiyah
Min Adadiyah Mohon Tunggu... Ahli Gizi - nakes ahli gizi, pembelajar manajemen abadi

Penata Impian (karena yakin Sang Maha selalu realisasikan impian kita)

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Ketika ISBN Diperketat

17 Desember 2023   09:18 Diperbarui: 17 Desember 2023   09:23 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumen pribadi penulis

Saya seorang penulis yang menerbitkan beberapa buku. Belum lebih dari 10. Satu di antaranya terbit di era ketika ISBN sempat diperketat beberapa bulan yang lalu, alhasil buku ini terbit tanpa ISBN. 

Penerbit memberikan 2 opsi sebenarnya : nunggu hingga ISBN berhasil diperoleh atau apa adanya diterbitkan namun hanya diberikan barcode sebagai bentuk pertanggungjawaban  pihak penerbit. Saya memilih opsi kedua. Saya tidak mempermasalahkan buku saya ber ISBN atau tidak, yang penting terbit dulu. Mengapa demikian ? 

Berikut alasannya : 

1. Saya menulis untuk berbagi.  

Buku saya biasanya memang ditujukan untuk dibaca oleh banyak orang. Ini agak berbeda dengan blog saya. Kadang-kadang saya baru berani menginformasikan isi tulisan di blog saya, berbulan-bulan kemudian. 

Terutama karena biasanya saya menulis untuk mendokumentasikan sesuatu. Perasaan. Cita-cita atau sebuah momentum yang saya pakai untuk melanjutkan impian pribadi saya. 

Maka, sebenarnya saya tidak terlalu memperdulikan ISBN, saya cukup menginformasikan buku itu pada sahabat dan rekan-rekan saya dan saat mereka memesan untuk membacanya, saya bersyukur dan berdoa semoga buku itu manfaat. 

2. Isi tulisan saya saat itu lebih bersifat self improvement

Jadi, ceritanya ada sebuah forum menulis memoar. Saya berusaha mengikuti dengan cara menginkubasi tulisan saya di sebuah forum menulis yang mempersyaratkan menulis secara maraton selama 30 hari berturut-turut. 

Tulisan inilah yang kemudian menjadi modal saya mewujudkan buku. Tulisan ini saya harapkan berwujud buku dengan harapan nanti bisa dibaca  ulang oleh saya sendiri yang kemudian diharapkan berdampak untuk peningkatan kualitas diri saya sendiri.

Maka, buat saya saat itu, tak perlulah harus nunggu ISBN.  Mungkin lain ceritanya jika saya menulis buku ajar untuk mahasiswa saja misalnya. ISBN akan menjadi hal penting  untuk karir saya sebagai dosen tentunya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun