Mohon tunggu...
Minkhatul Maula Shofa
Minkhatul Maula Shofa Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang Pembelajar yang suka menulis dan berbagi pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bersama JNE: Tumbuhkan Semangat Kreativitas dan Inovasi Berkelanjutan Bagi Generasi Muda

30 Juli 2024   21:32 Diperbarui: 1 Agustus 2024   15:01 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pribadi

Semangat Kreatif dan Menebar Kebermanfaatan

Kreativitas dan inovasi adalah dua hal yang saling berkaitan. Kreativitas adalah ide dan proses penciptaan sedangkan inovatif adalah perwujudan dari ide penciptaan tersebut. Di era digital saat ini kreativitas dan inovasi adalah kunci kesuksesan dan berkelanjutan dalam bidang industri maupun bisnis yang mana point utamanya adalah tepat guna dan kebermanfaatan. Inilah yang digagas oleh JNE untuk terus maju dan bertumbuh. 

Perusahaan ekspedisi yang sudah berdiri sejak tahun 1990 ini berhasil mengukir sejarah perkembangan industri logistik di Indonesia. Lebih dari 33 tahun JNE berkomitmen untuk bergerak dan bertumbuh serta memberi manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat. Perusahaan karya anak bangsa ini mampu menunjukkan kredibilitas layanannya yang terbukti dengan berbagai bentuk penghargaan bersertifikasi. Diantara penghargaan yang diraih adalah pada tahun 2022 JNE berhasil memperoleh penghargaan dari Media Warta Ekonomi dalam ajang Grand digital marketing Awards sebagai The Interactive Customer Experience Team dan pada tahun 2024 sebagai Best 50 CEO Awards 2024 in Courrier Category.

 Uniknya kreativitas JNE ini tidak terbatas pada kepentingan perusahaan saja, namun juga berkomitmen dalam mengajak masyarakat khususnya anak muda untuk ikut bertumbuh dan berkembang. Diantara upaya  JNE daalam menunjang semangat kreativitas anak muda adalah:

  • Mengadakan Content Competition untuk Mengajak Anak Muda Berkarya

JNE melakukan kolaborasi dengan masyarakat untuk mengadakan JNE Content Competition yaitu lomba menulis artikel, foto, video dan Design. Lomba-lomba semacam ini tentu sangat disukai oleh generasi muda yang akrab dengan dunia digital. Acara ini sudah diadakan secara konsisten hingga 11 kali. Pada tahun ini JNE bersama beberapa tokoh yang aktif mendukung kemajuan literasi masyarakat Indonesia seperti Maman suherman, Martha Suherman, Rio Purba dan Dmaz Brodjonegoro mengajak anak bangsa untuk semangat menumbuhkan kreativitas dan berani berkarya.

Menurut saya ide ini sangat bermanfaat untuk kalangan muda. Singkat cerita, saya memiliki keinginan untuk mengembangkan skill kepenulisan tapi ada rasa takut untuk mencoba. Saat saya membuka media sosial tiba-tiba melintas postingan content competition JNE sehingga memacu semangat untuk mencoba hal baru yang saya  takuti. Saya rasa ini adalah sebuah bentuk kepedulian kepada anak muda Indonesia dengan memberi wadah untuk mengembangkan potensi.

  • Membangun Rasa Empati dan Kepedulian kepada Sesama melalui “Connecting Happiness”

Salah satu tagline yang pernah diusung oleh JNE adalah “Connecting Happiness” dimana ini berangkat dari semangat untuk berbagi kepada masyarakat. Tentu tagline ini tidak sekedar slogan ataupun sebatas kata-kata tapi ini adalah bentuk upaya dan langkah konkrit JNE dalam membantu masyarakat yang membutuhkan seperti peduli bencana banjir, bakti sosial dan santunan anak yatim. Sadar atau tidak JNE mengajak sekaligus menanamkan semangat empati dan kepedulian kepada orang-orang disekitar. Hal ini menjadi momentum terbaik bahwa JNE tidak hanya mengantarkan logistik saja tapi juga sekaligus mengantarkan kebahagiaan kepada sesama.

Inovasi yang Berkelanjutan

Tidak hanya kreatif, berinovasi menjadi tantangan tersendiri di era digital dan perkembangan zaman ini. Melihat sejarah awal hingga saat ini banyak inovasi yang sudah dilakukan oleh JNE mulai dari peluncuran aplikasi MyJNE pada tahun 2014 yang berguna membantu pelanggan untuk meingecek tarif kiriman, menelusuri posisi paket, lokasi konter terdekat, sekaligus tempat transaksi jual-beli antara penjual dan pembeli individual. Untuk melacak posisi paket sebetulnya bisa jika tidak menggunakan aplikasi melainkan melalui website. Berdasarkan pengalaman yang saya alami website ini sangat memudahkan penggunanya karena cukup membuat pelanggan merasa aman karena bisa melihat posisi paketnya. Menariknya JNE pun membuat JNE Loyalty Card (JLC) supaya pelanggan mendapat point setiap paket yang dikirimkan dan nantinya bisa mendapat hadiah dari penukaran poin yang dimiliki.

Pada tahun 2017 JNE membangun E-fulfillment yang berguna membantu pelaku umkm. Perusahaan ini menjalin kerjasama dengan seluruh marketpalce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Bibli dengan menggelar progam diskon ongkos kirim. Tentu ini sangat mendongkrak loyalitas konsumennya. Pada tahun 2020 JNE juga membangun pusat sortir Mega Hub dan pada tahun 2022 merilis Roket Indonesia yaitu kurir instan berbasis aplikasi yang menjamin estimasi pengantaran sampai dalam waktu 1 jam. Ini adalah bukti nyata JNE mampu berinovasi secara berkelanjutan guna memberi produk dan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat. Semoga dengan adanya semangat kreativitas dan inovasi yang berkelanjutan ini mampu menularkan semangat kepada bangsa Indonesia khususnya anak muda untuk terus mengembangkan potensi dan siap bersaing menunjukkan karya terbaiknya.

#JNE

#ConnectingHappiness

#JNE33Tahun

#JNEContentCompetition2024

#GasssTerusSemangatKreativitasnya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun