Mohon tunggu...
milma yasmi
milma yasmi Mohon Tunggu... Guru - Belajar menjadi penulis agar dapat menjadi penulis hebat

Kelahiran Kaur tinggal di Seluma Provinsi Bengkulu. Seorang guru matematika, blogger dan guru penggerak angkatan 4

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Melirik Rubrik Portofolio

5 Maret 2023   07:11 Diperbarui: 5 Maret 2023   07:40 265
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Rubrik penilaian adalah suatu alat yang digunakan untuk menilai kinerja seseorang dalam suatu tugas atau proyek. Rubrik penilaian dapat berupa daftar kriteria atau standar penilaian yang digunakan untuk mengevaluasi hasil kerja, kinerja, atau kemampuan seseorang dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Rubrik penilaian biasanya berisi deskripsi rinci tentang setiap kriteria penilaian, yang dapat membantu penilai untuk memberikan penilaian yang lebih objektif dan konsisten. Rubrik penilaian juga dapat membantu untuk memberikan umpan balik yang lebih efektif kepada individu yang dinilai, karena rubrik tersebut dapat memberikan informasi tentang aspek-aspek tertentu yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan.

Rubrik penilaian dapat digunakan dalam berbagai konteks, seperti dalam pendidikan, penelitian, pengembangan organisasi, dan evaluasi kinerja karyawan. Penggunaan rubrik penilaian dapat membantu meningkatkan akurasi dan objektivitas dalam proses penilaian, serta mempermudah proses pengambilan keputusan berdasarkan hasil penilaian tersebut. 

Rubrik holistik dan rubrik analitik dapat saja digunakan pada penilaian dalam proses pembelajaran. Untuk membuat rubrik harus diperhatikan kriteria apa yang akan dinilai. Tentukan kriteria, kemudian capaian kinerjanya serta deskripsikan indikator pada tiap-tiap kriteria. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas rubrik untuk penilaian portofolio siswa.

Rubrik Penilaian Portofolio:

Kriteria Penilaian

Kriteria                                             Penjelasan     Skor

- Konten                                         : Apakah portofolio berisi semua item yang diminta dalam instruksi  (1-5)

- Keterkaitan dengan Materi: Sejauh mana portofolio berhubungan dengan materi yang diajarkan (1-5)

- Pengorganisasian                  : Seberapa baik portofolio disusun dan disajikan                       (1-5)

- Kreativitas                                 : Seberapa kreatif portofolio                                                                (1-5)

-  Kualitas         Refleksi            :  Seberapa baik refleksi pada portofolio                                  (1-5)

Keterangan Skor:

Skor        Keterangan

1  :  Tidak memenuhi harapan

2  : Cukup memenuhi harapan

3  : Baik

4  : Sangat baik

5  : Luar biasa

 Keterangan/ Deskripsi Indikator:

  • Skor 1-2: Kualitas portofolio tidak memenuhi harapan dan perlu perbaikan yang signifikan.
  • Skor 3-4: Kualitas portofolio memenuhi harapan dan memiliki kualitas yang baik.
  • Skor 5: Kualitas portofolio sangat baik dan menunjukkan keunggulan yang luar biasa.

Semoga rubrik penilaian ini dapat membantu Anda dalam menilai portofolio. Anda dapat menyesuaikan kriteria penilaian dan keterangan skor sesuai dengan kebutuhan dan konteks penilaian yang diinginkan.

Baik, berikut ini adalah contoh rubrik analitik untuk menilai pemahaman siswa mengenai bab peluang:

Rubrik Analitik Pemahaman Siswa tentang Bab Peluang:

Kriteria Penilaian:

Kriteria                    Penjelasan Skor

KonsepSejauh mana siswa memahami
konsep dasar peluang?   1-4 AplikasiSejauh mana siswa dapat menerapkan
konsep peluang dalam situasi kehidupan sehari-hari?   1-4AnalisisSejauh mana siswa dapat menganalisis
situasi atau masalah yang melibatkan peluang?   1-4Interpretasi          Sejauh mana siswa dapat menginterpretasikan
hasil dari suatu kejadian yang melibatkan peluang?   1-4

Keterangan Skor

Skor     Keterangan

1          Tidak memenuhi harapan2Cukup memenuhi harapan3Baik4Sangat baik

Keterangan/ Deskripsi Indikator:

  • Skor 1-2: Siswa belum memiliki pemahaman yang memadai tentang konsep peluang dan perlu bimbingan lebih lanjut.
  • Skor 3: Siswa memiliki pemahaman yang baik tentang konsep peluang dan mampu menerapkan dalam situasi kehidupan sehari-hari.
  • Skor 4: Siswa memiliki pemahaman yang sangat baik tentang konsep peluang dan mampu menganalisis dan menginterpretasikan hasil yang terkait dengan peluang.

Anda dapat menyesuaikan kriteria penilaian dan keterangan skor sesuai dengan kebutuhan dan konteks penilaian yang diinginkan. Semoga rubrik penilaian ini dapat membantu Anda dalam menilai pemahaman siswa tentang peluang.

Berikut ini adalah contoh rubrik analitik untuk menilai portofolio siswa:

Rubrik Analitik Penilaian Portofolio Siswa

Kriteria Penilaian

Kriteria                                    Penjelasan Skor

Kualitas Konten                Sejauh mana materi dalam portofolio
mencerminkan pemahaman dan keterampilan siswa? 1-4   Kualitas PresentasiSejauh mana presentasi portofolio
menunjukkan keterampilan komunikasi
dan presentasi siswa? 1-4Relevansi KontenSejauh mana materi dalam
portofolio relevan dengan tujuan pembelajaran
dan kebutuhan siswa? 1-4Refleksi DiriSejauh mana siswa mampu
melakukan refleksi diri terhadap proses pembelajaran
yang dihasilkan dari portofolio? 1-4

Keterangan Skor

Skor      Keterangan

1           Tidak memenuhi harapan2Cukup memenuhi harapan3Baik4Sangat baik

Keterangan/ Deskripsi Indikator:

  • Skor 1-2: Portofolio siswa masih memerlukan peningkatan dalam kualitas dan relevansi konten, kualitas presentasi, dan refleksi diri. Siswa perlu mendapatkan bimbingan dan dukungan lebih lanjut.
  • Skor 3: Portofolio siswa mencerminkan pemahaman dan keterampilan yang baik, relevan dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa, dan menunjukkan kemampuan presentasi yang baik. Siswa telah melakukan refleksi diri secara memadai terhadap proses pembelajaran yang terkait dengan portofolio.
  • Skor 4: Portofolio siswa sangat baik dalam kualitas dan relevansi konten, kualitas presentasi, dan refleksi diri. Siswa menunjukkan pemahaman dan keterampilan yang tinggi dalam materi yang disajikan dalam portofolio dan mampu menyampaikan presentasi secara jelas dan efektif.

Rubrik penilaian sangat penting diketahui siswa agar  dapat menjadi petunjuknya dalam menyelesaikan tugas portofolio. Setelah itu semua selesai buatlah daftar cek sebagai berikut yang memuat: no, nama, kriteria 1, kriteria 2, dan seterusnya.... selamat membuat. Oh iya, selain itu rubrik juga tersedia  platform pembelajaran online lho. Selamat berlatih.....suksess ya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun