Mohon tunggu...
Millian Ikhsan
Millian Ikhsan Mohon Tunggu... Konsultan - Advisor

Belajar menulis. Menulis untuk belajar.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hobi Mengamati Orang Orang

8 September 2024   22:19 Diperbarui: 8 September 2024   22:21 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Picture from CeeAreDee 

Saya punya kebiasaan untuk mengamati berbagai perilaku yang ditampilkan oleh orang-orang, baik orang ini adalah tokoh terkenal atau pun tidak. Belum lama ini, saya berniat untuk mengamati perilaku, sikap dan kebiasaan beberapa tokoh yang saya anggap sukses, terhormat dan berprestasi. Saya ingin mempelajari lebih jauh, apakah ada hubungan antar perilaku dan sikap tertentu yang ia perlihatkan dengan kesuksesan yang ia dapatkan.

Untuk itu saya mencoba melakukan pengamatan dengan serius dan mendalam. Saya coba pelajari lebih jauh latar belakang tokoh-tokoh ini, baik pendidikannya, perjalanan karier dan berbagai informasi lain mengenai dirinya. Saya juga mencoba memerhatikan melalui pengamatan langsung, kalau ada kesempatan bertemu langsung atau melalui berbagai media, baik itu video, foto, dari youtube, social media dan segala macam sumber.

Orang yang saya anggap sukses ini memenuhi beberapa kriteria yang saya tetapkan, seperti, dipercaya oleh banyak pihak, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, gampang bergaul, dihormati, punya pengaruh, leadership yang bagus, dan biasanya pribadi seperti ini tentu nya juga diikuti dengan kesuksesan finansial.

Untuk menjalankan misi saya ini, saya mulai tertarik dengan satu sosok pengusaha yang juga seorang profesional sukses. Orang ini terpelajar dan memiliki pergaulan yang luas. Darai yang saya amati dia kelihatannya memiliki leadership dan kemampuan manajemen yang baik.

Ini terlihat dari bagaimana sosok ini dipercaya olah banyak pihak untuk menjalankan berbagai jabatan, ia juga menginisiasi berbagai gerakan, disamping menjalankan bisnsinya sendiri. Kalau sudah ada penjelasan seperti ini, tentu bisa disimpulkan bahwa yang bersangkutan tentu juga berkelimpahan materi.

Walaupun sosok ini tidak terlalu sering muncul di media, namun beliau tidak luput dari perhatian saya, barangkali sudah sekitar enam bulan terakhir, saya menguntit dia.

Mungkin awalnya karena 'kepo', tetapi lama kelamaan saya mulai benar-benar memperhatikan gerak gerik, tingkah laku, body language, ekspresi, mimik, gerakan tangan dari orang ini. Dari sini saya bisa menarik beberapa kesimpulan.

Seseorang yang sukses biasanya memiliki beberapa kebiasaan atau kepribadian tertentu, yaitu

ramah, bisa bercanda diwaktu yang tepat, bahasa tubuh yang positif, percaya diri, berpengetahuan luas.

Belakangan ini, antah kebetulan, semakin sering saya pula melihat beliau. Saya jadi tertarik untuk mengetahui lebih banyak kesehariannya. Apa saja aktivitas dan kegiatannya setiap hari, saya mulai mentahui pola nya. Bagaimana ia berinteraksi dengan orang lain dan lingkungannya dalam menjalankan perkerjaannya, dan dalam berbagai kesempatan bebeda. Sampai sebegitu seriusnya saya menjalan misi saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun