Mohon tunggu...
milisa patriani
milisa patriani Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Surat Kabar dan Perkembangan Teknologi

30 November 2023   14:37 Diperbarui: 30 November 2023   14:41 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Surat  kabar menjadi  salah  satu media  massa  yang  memiliki sejarah  cukup  panjang  dalam  sejarah umat manusia.  Sejak ditemukannya  mesin  cetak  oleh  Gutenberg,  perkembangan  teknologi  sangat  memengaruhi “kehidupan” surat kabar, mulai  dari  sisi  teknik  produksi,  distribusi,  hingga  cara  khalayak  mengonsumsi  informasi  yang  diberikan  oleh  surat kabar.  Surat  kabar  adalah  salah  satu  media  komunikasi  massa  yang  masih  cukup  menarik  untuk  dikaji,  terutama  di tengah terjadinya revolusi digital dan kehadiran internet sejak awal milenium baru.
Dahulu  koran  atau surat  kabar  menjadi salah satu primadona yang paling berpengaruh  dalam  penyebaran  informasi  di seluruh  dunia.  Namun,  saat  ini  seiring  telah masuknya   era   revolusi   industri   4.0   maka digitalisasi    media    telah    melanda    seluruh dunia.  Bahkan  beragam  surat  kabar  memilih beralih   dan   mengembangkan   sayapnya   ke media   digital.Era   digitalisasi   media   yang menyebar   secara   global   memang   menaruh sebuah  perubahan  besar  dan  suramnya  masa depan  media  konvensional.  Bahkan  menurut boss  media Jawa  Pos,  Dahlan  Iskan,  nasib media   konvensional,   dalam   hal   ini   media cetak, hampir selesai(Prasetya, 2018).Sejak  tahun  1960-an  dan  1970-an  setiap survai menunjukkan bahwa kebanyakan orang Amerika mendapat berita pertama dari televisi dan radio mobil. Media siaran mengambil alih fungsi   halaman   muka   surat   kabar,   kecuali berita-berita  yang  dikembangkan  sendiri  oleh surat   kabar,   yang   tidak   didapat   di   radio maupun  televisi,  seperti  berita  analisis,  berita latar  belakang  atau  komentar.

Menurut Agee (et. Al), secara kontemporer  surat  kabar  memiliki  tiga  fungsi utama   dan   fungsi   sekunder.   Fungsi   utama media adalah: (1) to inform(menginformasikan   kepada   pembaca   secara objektif  tentang  apa  yang  terjadi  pada  suatu komunitas, negara dan dunia); (2) to comment(mengomentari  berita  yang  disampaikan  dan mengembangkannya  ke  dalam  fokus  berita); (3) to    provide(menyediakan    keperluan informasi  bagi  pembaca  yang  membutuhkan barang  dan  jasa  melalui  pemasangan  iklan  di media).   Sedangkan   fungsi   sekunder   media adalah:  (1)  untuk kampanye  proyek-proyek yang   bersifat  kemasyarakatan,   yang   sangat diperlukan  untuk  membantu  kondisi-kondisi  tertentu;   (2)   memberikan   hiburan   kepada pembaca;   (3)   melayani   pembaca   sebagai konselor yang ramah, menjadi agen  informasi dan  memperjuangkan  hak (Ardianto  et  al., 2007).  Di  Indonesia  sendiri,  keberadaan  surat kabar   ditandai   dengan   perjalanan   panjang melalui  lima  periode,  yakni  masa  penjajahan Belanda    (diantaranya Selompret    Melayu), penjajahan  Jepang,  menjelang  kemerdekaan dan   awal   kemerdekaan   (Berita   Indonesia), serta  zaman  orde  lama  (Soerabaja  Post)  dan orde baru (Pikiran Rakyat).Surat   kabar   merupakan   media   massa tertua   dibandingkan   dengan   media   massa lainnya.  Sejarah  telah  mencatat  keberadaan surat  kabar  sejak  ditemukannya  mesin  cetak oleh Johannes Gutenberg di Jerman. Prototipe surat  kabar  pertama  diterbitkan  di  Bremen, Jerman  pada  tahun  1609.  Bentuk  surat  kabar sesungguhnya   terbit   di   Frankfurt,   Berlin, Hamburg,  Vienna,  Amsterdam  dan  Antwerp pada   tahun   1620.   Sedangkan   surat   kabar pertama   yang   terbit   secara   teratur   adalah Oxford  Gazetteyang  terbit  di  Oxford  pada tahun  1665.

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI 

Istilah mainstream    media (terkadang disingkat  MSM),  diciptakan  untuk  membantu memetakan     lanskap     media     yang     terus berubah.Walaupun  istilah  ini  agak  elastis,  ia biasanya  dipakai  untuk  membedakan  bentuk media  tradisional  dengan  media  yang  baru. Dari   segi   kepemilikan,   perusahaan   media besar    (misalnya    Time    Warner,    Viacom, Disney,  dan  sejenisnya)  adalah  MSM.  Istilah “MSM” juga membedakan  platform  berbasis teknologi. Sedangkan new mediaberawal dari inovasi.  Sekarang,  inovasi  di  luar  mainstream mencakup kategori yang luas, terkadang tidak jelas,    seperti    media    alternatif/cybermedia(media yang menggunakan teknologi internet, ataupunteknologi digital untuk operasionalnya (Solihat, 2015)), media bawah tanah   (undeground),   dan   media   teknologi tinggi (high-tech) (Vivian, 2015).Marshall    McLuhan    (dalam Morissan, 2014))    memandang    penemuan    teknologi sebagai  hal  yang  sangat  vital  karena  menjadi kepanjangan    atau    ekstensi    dari    kekuatan pengetahuan  (kognitif)  dan  persepsi  pikiran manusia.    Dalam    sepuluh    tahun    terakhir, konvergensi    antara    teknologi    kehidupan perkotaan   dengan new   mediatelah   terjadi secara     luar     biasa.     Konvergensi     secara prakteknya   dilakukan   dengan   penggunaan berbagai  platform  media  untuk  satu  tujuan tertentu (Vebrynda   et   al.,   2017).   Dalam dekade  terakhir  dari  abad  ke-20  kemunculan teknologi  interaktif  global,  yang  dicontohkan oleh  internet,  dalam  lingkungan  sehari-hari dari negara-negara kapitalis  maju telah secara dramatis  mengubah  sifat  dan  ruang  lingkup medium-medium   komunikasi.

MEDIA  PANAS  (HOT  MEDIA)  DAN  MEDIA DINGIN (COOL MEDIA)

Marshall McLuhan    membagi    media menjadi dua jenis, yaitu “media panas” (hot media)  dan  “media  dingin”  (cool   media). Media    panas    adalah    media    yang    tidak menuntut   perhatian   besar   dari   pendengar, pembaca,   atau   penonton   (audiens)   media bersangkutan.    Menurut    McLuhan    (dalam(Morissan,  2014)),  media  panas  merupakan komunikasi   definisi   tinggi   (high-definition communication)    yang    menyediakan    data sensoris  lengkap  yang  dapat  diterima  indera manusia;    dalam    menggunakan    media    ini audiens   tidak   dituntut   untuk   menggunakan daya   imajinasinya,   atau   dengan   kata   lain sangat   sedikit   sekali   daya   imajinasi   yang dibutuhkan.    Dengan    demikian,    partisipasi audiens  dalam  media  panas  sangatlah  rendah karena  makna  dari  informasi  yang  diterima audiens sudah sangat lengkap dan jelas.Media  dingin  merupakan  media  definisi rendah yang membutuhkan partisipasi audiens yang  cukup  besar,  dengan  kata  lain  media dingin  merupakan komunikasi definisi rendah yang menuntut partisipasi aktif dari penonton, pendengar, atau pembaca.Tidak  banyak  yang dapat    diberikan    media    jenis    ini    kepada audiens,  dan  audiens  harus  memenuhi  sendiri hal-hal  yang  tidak  disediakan  media  dingin.

SURAT   KABAR   DAN   PERKEMBANGAN TEKNOLOGI: SURAT KABAR DARING

Surat   Kabar Daring Surat  kabar  daring  dikenal  juga  sebagai surat  kabar dalam-jaringan  adalah  sebentuk surat    kabar    yang    berbasis internet,    dan termasuk  ke  dalam  salah  satu  jenis  media online.    Media online merupakan    produk jurnalistik online atau cyber journalisme yang didefinisikan  sebagai  “pelaporan  fakta  atau peristiwa  yang  diproduksi  dan  didistribusikan melalui  internet” (Wibowo  &  Lubis,  2013). Media online di  internet  banyak  menawarkan berbagai  fasilitas  untuk  mencari  dan  berbagi informasi  dalam  pola  laku  manusia  terkait dengan keterlibatan  informasi (Destrian et al., 2018). Ekspansi ke dunia dalam-jaringan (daring)   atau   yang   lebih   dikenal   dengan istilah online,  membukakan  banyak  peluang bagi   surat   kabar   untuk   bersaing   dengan jurnalisme  siar dalam  menyediakan  layanan beritayang  fleksibel  terhadap  waktu.  Hal  ini dimungkinkan     dengan kemudahan     yang diberikan  dunia online terutama  dalam  hal pengolahan  dan distribusi berita. Detik.commisalnya,  untuk  mengunggah  sebuah  berita hanya  membutuhkan  waktu  tidak  lebih  dari sepuluh menit. Waktu tersebut mencakup saat pelaporan    berita    dari reporter,    penulisan berita, pengecekan, dan pengunggahan.Tingkat  kepercayaan  pembaca  terhadap kualitas   dan   merek   dari   suatu   surat   kabar ternama,   berikut   kemampuannya   menjaring pengiklan,     dapat     pula     disaksikan     dari kemampuan     surat     kabar     ini     bertahan. Pengalihan    bentuk   dari   cetak   ke   daring maupun  penambahan  bentuk  dari  cetak  saja menjadi   cetak   dan   daring,   akan   mampu meningkatkan efisiensibiaya     produksi. Seperti  halnya  versi  cetak,  surat  kabar  daring dituntut  untuk  tunduk  pada etika  jurnalisme, dan  perangkat  aturan  lain  terkait hak  cipta, privasi, dan sejenisnya.

JENIS SURAT KABAR DARING

Semenjak kemunculan  internet—dan kini internet  telah  lumrah  dan  biasa  bagi  banyak orang,   terutama   generasi   muda (Walther, 2015)—surat kabar daring dibedakan  menjadi dua  jenis  utama.  Yakni,  hanya  surat  kabar daring  dan  surat  kabar  hibrid.  Versi  pertama merujuk  pada  eksistensi  surat  kabar onlineyang   terpisah   dengan   surat   kabar   cetak. Terpisah  artinya  konten maupun  keberadaan surat  kabar  daring  ini  tidak  menyertai  versi cetaknya, seperti detik.com, okezone.com, dan vivanews.com.   Sedangkan    yang   dimaksud surat  kabar  hibrid  adalah  di  samping  berbasis jaringan,  surat  kabar  daring  ini  menyediakan versi cetak pula. Contohnya kompas.comyang berhibrid dengan Kompascetak dan tempointeraktif.comdengan   versi   cetaknya pada Koran Tempodan Majalah Tempo.Hal  ini  sejalan  dengan  pernyataan  bahwa munculnya internet, blog, dan platform media sosial  tidak  hanya  mengubah  lanskap  media, tetapi    juga    cara    penyebaran    berita    dan informasi di antara masyarakat (Cummings & Gottshall,  2014).  Masih  merujuk  pada  hasil riset  Cummings  &  Gotshall  (2014)  di  AS, disebutkan  bahwa  selama  paruh  kedua  abad ke-20   orang   beralih   ke   surat   kabar   atau jaringan siaran "tiga besar" –ABC (American Broadcasting   Corporation),   NBC   (National Broadcasting Coorporation), dan CBS (Columbia    Broadcasting    System)-untuk berita mereka. Selain itu, khalayak mengkonsumsi   berita   mereka   pada   waktu yang ditetapkan di sore hari dan larut malam.

KELEMAHAN SURAT KABAR

Daring Kecepatan atau  aktualitas  pemberitaan di satu  sisi  merupakan  keunggulan  utama  berita daring. Namun, acap kali mengabaikan prinsip-prinsip  jurnalisme  yang  lain  seperti akurasi,   faktualitas,   objektivitas   dan   etika jurnalistik.  Hal  ini  disebabkan  oleh  banyak hal,   diantaranya   persaingan   antar   media online sehingga   setiap   media   selalu   ingin menjadi  media  pertama  yang  memberitakan peristiwa, karena itulah prinsip-prinsip jurnalisme seringkali terabaikan. Dalam   konteks   domestik,   kemudahan untuk  mengakses  surat  kabar  daring  masih terbatas   bagi   sebagian   kalangan,   terutama kalangan    menengah    atas,    perkotaan,    dan mahasiswa.   Kondisi   sosial,   ekonomi,   dan demografi Indonesia   belum   memungkinkan seluruh   lapisan   masyarakat   memiliki   akses yang setara terhadap berita daring. Belum lagi jika tingkat literasi media dan internet masyarakat masih rendah, surat kabar daring   ini   dapat   dengan   mudah   dijadikan corong  dan   medium  propaganda  dari  sang pemilik    untuk    memfasilitasi    kepentingan-kepentingan  pribadinya,  misalnya  menggiring opini   publik   khalayak   saat   sedang   masa kampanye politik untuk memilih dia/golongannya,    atau    dengan    melakukan pembohongan  publik  dan  meyebarkan  data-data   yang   manipulatif   untuk   melemahkan lawan/kubu rival (Slamet, 2016).Lebih    jauh    mengenai    literasi    media secara   umum,   jika   melihat   dalam   konteks Indonesia, perkembangan industri media tidak serta   merta   sejalan   dengan   perkembangan infrastrukturmedia dan perkembangan literasi/melek    media    pada    warga    negara.

DAMPAK    MUNCULNYA    SURAT    KABAR DARING   DAN   KONTEN   BERITA   DARING TERHADAP SURAT KABAR CETAK

Kita   hidup   dalam   masa   transformasi budaya,    yang    dicirikan    oleh    berlalunya hegemoni  buku  cetak  yang  teralihkan  media audiovisual,  transisi  kertas  ke  televisi  atau layar  komputer,  dan  keadaan  teks  cetak  ke interaktivitas  komputer (Camassola  &  Notari, 2017).  Hal  ini  juga  terjadi  dalam  dunia  surat kabar.  Keunggulan  utama  dari  surat  kabar daring  yaitu  beritanya selalu  aktualdan  tidak pernah  basi.  Kalau  kita  membaca  surat  kabar cetak  biasa,  maka  beritanya  statis  dan  tidak dapat  berubah.  Hanya  harian Kompas yang agak  cerdik  dengan  ide  orisinilnya  tentang Kompas    Seribu    Rupiah.    Selain    itu,    ada Kompas  Soreyang  merupakan Kompas  Pagiyang  diganti  kulit  luarnya  saja  dengan  berita terbaru.  Hal  ini  merupakan  cara  cerdas  untuk meminimalisasi  jumlah koran  yang tidak  lakuterjual. Selain itu, membaca dan berpartisipasi dalam surat kabar daring cukup praktis; hanya membutuhkan  akses  internet,  nama  pengguna situs   yang   dipersonalisasi   (biasanya   nama panggilan),  dan  perjanjian  untuk  mematuhi aturan     posting     situs.    

Forum     komentar pembaca     memperluas     pemahaman     para pembaca  tentang  konten  berita  yang  mereka baca   saat   mereka   mengekspresikan   pikiran mereka (Adelakun, 2018).Keunggulan  lainnya  ialah  reporter  dapat mengirim    artikel    berapa    pun    banyaknya dalam  sehari.  Tentu  tidak  semua  artikel  akan diterima   karena   itu   sepenuhnya   wewenang redaksi.  Sayangnya,  kebanyakan  berita  yang masuk   masih   berasal   dari   dalam   negeri. Sedangkan   berita   dari   luar   negeri   sifatnya bersumber    dari    kantor-kantor    berita    luar negeri   seperti   Radio   Nederlands,   Deutsche Welle,     AFP,     dan     sebagainya.     Dengan kedatangan  dan  penyebaran  luas World  Wide Web,  porsi   interaksi   yang  terus  meningkat melalui komputer dilakukan dengan mengakses  isi  di  internet. Perubahan  kebijakan  dari  Pulitzer dilakukan  di  tengah  muramnya  wajah  media cetak   Amerika   Serikat. Begitu   pun   dalam pemberian     penghargaan     foto     jurnalistik tingkat   dunia   yang   dilakukan   oleh   World Photojournalism  Foundations  sekarang  sudah menyertakan citizen journalismatau jurnalisme    warga    dalam    ajang    bergengsi tersebut,  sesuatu  yang  tidak  pernah  terjadi sebelum era onlineberlangsung.Tribune  Comenjadi  konglomerat  media cetak  pertama yang berusia  lebih  dari  100 tahundan menyatakan diri bangkrut. Gannett, penerbit  koran  terbesar  di  Amerika  Serikat dan   perusahaan    induk   dari USA   Today, memecat  lebih  dari  600  karyawannya.  Bisa dikatakan,  ini  merupakan  pemecatan  terbesar di   bidang   industri   media. The   New   York Times,  malahan  sudah  melakukan  pemecatan jauh   sebelum   ini,   yaitu   sejak   tahun   2008 (McQuail, 2011).Lebih  dari  itu,  surat  kabar Seattle  Post-Intelligencer(Seattle  P-I) yang  sudah  berusia 146  tahun,  tepat  hari  Selasa,  17  Maret  2009 terpaksa  dihentikan  edisi  cetaknya.Hal  ini dikarenakan   semakin   turunnya   pemasukan iklan,     beban     sirkulasi,     dan     pindahnya pembaca  media  cetak  ke portal  berita  yang gratis   di    internet.   Didirikan   tahun   1863 sebagai Seattle    Gazette,    beberapa    tahun terakhir Seattle   P-Imemiliki   ratusan   ribu pelanggan,  namun  sejak  tahun  2000  media cetak   tersebut   mengalami   kerugian   besar-besaran. Tahun  2008  saja  tercatat kerugian sampai  14  juta  dollar  AS  atau  Rp  167  miliar (Biagi,  2016).Kasus -kasus  ini  merupakan sebagian dari banyak dampak yang ditimbulkan oleh kemunculan media informasi online di Amerika.Sebetulnya, fenomena ini dapat melahirkan  sebuah  model  bisnis  surat  kabar yang   baru.   Perusahaan   surat   kabar   perlu membangun   hubungan   yang   realistis   dan menguntungkan   dengan   situs   berita   portal. Jika  perusahaan  surat  kabar  memilih  untuk berkolaborasi    dengansitus    portal    berita, model bisnis yang bersifat simbiosis mutualisme  untuk  hubungan  jangka  panjang besar kemungkinan akan tercipta, karena situs portal  berita  mendatangkan  ”pengunjung” (dalam  hal  ini  khalayak  pengakses  situs)  dan situs  surat  kabar  menghasilkan  konten (Yang & Chyi, 2011).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun