Halo guyss! Perkenalkan nama saya Milinia Lengkong, ini adalah tulisan  blog kedua dari saya dalam mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi, kelas 7C dosen mata kuliah yaitu Dr. Juliana M. Sumilat, S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Prodi PGSD.
Pada saat ini saya akan membuat implementasi  dalam mengola pembelajaran online  menggunakan Google ClassRoom.
Dengan menggunakan 4 unsur yaitu STAR.
Situasi :
Penggunaan classroom memiliki banyak manfaat dalam situasi pembelajaran, seperti :
**Yang pertama Organisasi :** dengan menggunakan classroom bisa membantu mengatur materi pembelajaran, tugas dan jadwal, sehingga pelajar dan pengajar dapat dengan mudah mengakses informasi yang diperlukan.
**Yang kedua Kolaborasi :** ini memungkinkan pelajar untuk berkolaborasi dalam proyek, berbakai dokumen, dan komunikasi dengan guru  dan semua siswa.
**Yang ketiga Evaluasi :** pengajar dapat menggunakan classroom untuk memberikan pengelola ujian,tugas,dan kuis, serta melacak perkembangan pelajar.
**Yang keempat Ketersediaan :** classroom dapat diakses secara daring,memungkinkan akses pembelajaran dari mana saja dengan koneksi internet, yang semakin penting dalam situasi pembelajaran jarak jauh.
**Yang kelima Pembelajaran yang terukur :** dengan classroom, pengajar dapat mengukur kemajuan pelajar, memberikan umpan balik, dan menyesuaikan metode pengajaran sesuai kebutuhan pelajar.
Ada beberapa kondisi yang menjadi latar belakang masalah yaitu  mengapa penggunaan classroom dalam pendidikan sangat relevan :
Pendidikan jarak jauh, situasi pendidikan COVID 19 telah memaksa banyak lembaga pendidikan untuk beralih ke pembelajaran jarak jauh.
Nah, teman-teman tau classroom bisa membantu mengatasi tantangan ini dengan menyediakan platfrom pembelajaran daring yang efektif. Classroom juga menyediakan alat untuk mengorganisasi dan membagikan materi dengan mudah loh.
Kebutuhan akan keterlibatan pelajar,classroom dapat membantu meningkatkan keterlibatan pelajar melalui fitur-fitur seperti forum diskusi, kolaborasi proyek, dan umpan balik interaktif. Dengan kemajuan teknologi, terutama di bidang komunikasi dan internet, platfrom seperti classrom memberikan cara efisien untuk berkomunikasi,mengajar,dan belajar secara daring.Classroom bisa membantu meningkatkan akses pendidikan dengan menyediakan pembelajaran online,yang dapat diakses oleh pelajar di berbagai wilayah dan latar belakang. Classroom memungkinkan guru untuk melacak perkembangan pelajar secara lebih efektif, memberikan umpan balik, dan mengelola penilaian,yang merupakan tantangan dalam pengajaran konfensional.
Selanjutnya pelajar juga memiliki peran dan tanggung jawab tertentu ketika menggunakan google classroom,yaitu:
**Mengakses materi pembelajaran :** pelajar harus secara teratur masuk ke google classroom umtuk mengakses materi pembelajaran, tugas,bahan bacaan, dan sumber yang disediakan oleh dosen
**Mengikuti instruksi dosen :** mahasiswa harus mematuhi instruksi dari dosen, seperti mengumpulkan tugas tepat waktu,berpartisipasi dalam diskusi,dan mengikuti jadwal kuliah virtual jika ada.
**Berkomunikasi dengan dosen dan rekan sejawat :** google classroom memungkinkan mahasiswa untuk berkomunikasi dengan dosen dan rekan sejawat melalui komentar,surel atau obrolan. Mahasiswa harus menggunakan fitur ini untuk bertanya,berdiskusi,dan berkolaborasi dalam pembelajaran.
**Memantau progres dan evaluasi diri :** Mahasiswa dapat melacak progres akademik mereka, seperti nilai tugas dan ujian, serta mengambil tindakan yang dioerlukan untuk meningkatkan kinerja mereka.
**Menjaga kehormatan akademik :** Mahasiswa harus mengetahui kebijakan kehormatan akademik dan menghindari tindakan penjiplakan atau kecurangan dalam tugas dan ujian.
Jadi guys pentiing bagi kita mahasiswa untuk memahami bahwa google classroom adalah alat yang mendukung pembelajaran online,dn melaksanakan peran dan tanggung jawab ini akan membantu mereka meraih kesuksesan akademik.
Berikutnya adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi :
**Untuk dosen**
Efektifitas pembelajaran : dosen yang memberikan panduan yang jelas,dukungan teknis dan komunukasi terbuka dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran mahasiswa.
Kepuasan mahasiswa : mahasiswa akan merasa lebih puas jika merasa di dukung dan mendapatkan bimbingan dalam pengunaan google classroom.
Peningkatan kolaborasi : mendorong kolaborasi dan komunikasi antara dosen dan mahasiswa serta antar-mahasiswa dapat meningkatkan interaksi dan kolaborasi dalam pembelajaran.
**Untuk mahasiswa**
Menejemen waktu yang lebih baik : mahasiswa yang mengelola waktu dengan bijak dapat menghindari prokrastinasi dan mengatasi beban kerja dengan lebih efisien.
Keterampilan teknolgi yang ditingkatkan : dengan belajar dan meningkatkan keterampilan teknolgi,mahasiswa akan lebih percaya diri dalam mengatasi tantangan teknis.
Kolaborasi yang meningkat : dengan berkomunikasi dan berkolaborasi dengan rekan sejawat,mahasiswa dapat memperoleh prespektif tambahan dan mendukung satu sama lain dalam pembelajaran.
Dengan mengharapkan tindakan yang sesuai,baik dosen maupun mahasiswa dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan mendukung,yang pada gilirannya akan berdampak positif pada pencapaian tujuan akademik dan pengalaman belajar secara keseluruhan.
Respon siswa/mahasiswa terhadap penggunaan google classroom dapat beragam tergantung pada berbagai faktor,termasuk konteks,persiapan,dan preferensi individu. Berikut beberapa alasan mengapa dan bagaimana siswa merespon penggunaan google classroom:
**Mengapa siswa menggunakan google classroom:**
Fleksibilitas : siswa dapat mengakses materi pembelajaran dan tugas kapan saja dan dimana saja,memberikan fleksibilitas dalam jadwal belajar.
Kolaborasi online : siswa dapat berkolaborasi dengan rekan sejawat dan berpartisipasi dalam diskusi online,yang dapat meningkatkan interaksi sosial dan pembelajaran bersama.
Akses mudah : google classroom menyediakan akses mudah kesemua materi dan sumber daya pembelajaran dalam 1 platfrom,mengurangi perumitan dalam mencari informasi.
**Bagaimana siswa merespon penggunaan google classroom :**
Positif : siswa yang merasa nyaman dengan teknologi cenderung merespon positif. Mereka menghargai kemudahan akses dan kolaborasi online.
Netral : beberapa siswa mungkin merespon dengan sikap netral, menerima penggunaan google classroom sebagai bagian dari pembelajaran mereka tanpa terlalu bersemangat atau keberatan.
Tantangan : Â siswa yang kurang berpengalaman dalam teknologi atau yang menghadapi kendala teknis mungkin merasa tertantang dan mengalami stres.
Keberhasilan atau ketidakberhasilan strategi penggunaan goggle classroom dalam prmbrlajaran dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikit beberapa faktor kunci yang dapat mempengaruhi strategi ini :
**faktor keberhasilan: **
Klaritas tujuan pembelajaran : strategi yang berhasil memerlukan tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur, baik untuk dosen maupun mahasiswa.
Panduan yang jelas : memberikan panduan yang jelas kepada mahasiswa tentang penggunaan google classroom, tugas, dan ekspektasi adalah kunci keberhasilan.
Dukungan dosen : Â dukungan aktif dari dosen,termasuk komunikasi yang baik,bimbingan,dan ketersediaan untuk pertanyaan,dapat meningkatkan keberhasilan strategi.
**faktor ketidakberhasilan:**
Keterbatasan teknologi : masalah teknis atau keterbatasan akses internet dapat menghambat keberhasilan penggunaan google classroom.
Kurangnya dukungan atau panduan : kurangnya dukungan dari dosen atau kurangnya panduan yang jelas dapat mengganggu mahasiswa.
Tantangan dalam displin : mahasiswa yang kesulitan menjaga disiplin dan mengelola waktu dengan baik mungkin mengalami ketidakberhasilan.
Untuk meningkatkan peluang keberhasilan,penting untuk mengidentifikasi dan mengatasi faktor-faktor yang mungkin menghambat pelaksanaan strategi. Ini melibatkan komunikasi terbuka,dukungan teknis,pengembangan keterampilan teknologi,dan perencanaan yang cermat dari dosen dan mahasiswa.
Dengan penjelasan dan strategi dari guru, sekolah dan juga bantuan dari orng tua peserta didik mampu menggunakan google classroom ini sehingga yang menjadi tantangan guru bisa di aksikan lewat bantuan orang tua  dan kerja keras siswa sehingga peserta didik mampu mengerjakannya. Peserta didik juga dapat mengajarkan bagaimana menggunakan google classroom dan cara mengaksesnya sehingga semakin banyak yang mengetahuinya.
guys sekian dari refleksi saya tentang penggunaan google classroom. Jika ada kesalahan kata mohon dimaafkan dan jika ada kesalahan penulisan kalimat mohon dimaklumi karena saya juga manusia.
 Sekian dan Terima kasih Godbless you
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H