Mohon tunggu...
Miftakhul Mukarromatun Nisa
Miftakhul Mukarromatun Nisa Mohon Tunggu... Konsultan - hobby account

curahan hati seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Social Media Marketing, Arkatama Tingkatkan Digital Talent

15 Juli 2022   12:21 Diperbarui: 15 Juli 2022   12:26 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Vika Wahyuni Apriliyanti

Social Media Marketing, Arkatama Tingkatkan Digital Talent

Social Media Marketing - Dominasi masyarakat Indonesia yang menggunakan social media kini banyak menjadi sorotan. Hal ini lantaran perilaku masyarakat saat ini cenderung rela mengorbankan waktu mereka untuk berselancar dengan media sosial, setelah penggunaan internet. Bahkan media sosial menjadi platform bersosialisasi antara satu orang dengan lainnya, layaknya pada kehidupan riil. Dewasa ini bahkan banyak terlahir micro influencer baru, yang menandakan adanya prospek di media sosial. Peluang yang ada ini mampu dijadikan sebagai ajang pemasaran oleh bisnis. Sebuah ilmu praktis untuk mengetahui cara melakukan setting media sosial yang benar yakni melalui optimasi. Optimasi terhadap sosial media kemudian dapat diistilahkan sebagai Social Media Marketing atau SMM. SMM banyak menghadirkan langkah-langkah jitu untuk menakhlukan pasar di sosial media.Pada 4-6 Juli 2022, PT. Arkatama Multi Solusindo menggelar Pelatihan Social Media Marketing guna mendukung peningkatan digital talent. Pelatihan ini digelar secara online, serta berlangsung sesuai dengan standar nasional SKKNI. Pelatihan yang diselenggarakan Arkatama ini mengajarkan teori dan praktik bagi pesertanya, yang dijabarkan sebagai berikut.

  • Social Media Marketing Fundamental

Teori mengenai Social Media Marketing Fundamental merupakan  teori yang mengenalkan peserta, bagaimana cara untuk memahami dasar-dasar dan fitur pemasaran di dunia SMM. Dimana materi terkait ini sangat cocok diberikan oleh pemula agar selain dapat mengetahui fitur, juga dapat memahami peluang SMM lebih luas. Dampak yang diharapkan pada pembelajaran ini adalah agar peserta dapat memahami karakteristik pasar yang terjadi pada social media.

dokpri
dokpri
  • Social Media Strategy

Selain itu Arkatama juga membantu peserta pelatihan, agar dapat melakukan pengoptimalan atas fitur-fitur media sosial yang ada. Pengoptimalan dilakuakn degan memahami bagaimana strategi jitu untuk melakukan promosi melalui social media. Penggunaan strategi yang baik diharapkan dapat membantu mempermudah bisnis untuk diterima pasar.

  • Algoritma Social Media

Social media ternyata juga memiliki algoritma seperti platform Google. Pemahaman akan algoritma dapat membantu peserta untuk dapat diterima oleh social media itu sendiri. Dimana social media sebenarnya tidak dapat membaca mana yang menjadi judul dan isi sebuah postingan. Sehingga secara sistem pemasar juga perlu untuk melakukan pengoptimalan SEO dan membantu social media membaca dengan baik konten yang dibuat.

  • Social Media Bisnis

Social media bisnis mengajarkan para peserta untuk mengetahui bagaimana platform mendorong perkembangan bisnis. Selain fitur apa saja yang ditawarkan, pada tahap ini peserta juga akan mendapat gambaran terkait peluang bisnis seperti apa yang akan didapat jika menggunakan social media.

  • Conteng Planning

Content planning disebut juga sebagai perencanaan suatu postingan. Dimana setelah peserta mengetahui dasar-dasar berbisnis dengan media sosial, peserta bisa langsung membuat sebuah konten penjualan sesuai kondisi bisnis dan kondisi pelanggan potensial. Content planning ini berisi sebuah brief sebagai pedoman pembuatan konten serta design grafis content.

dokpri
dokpri
  • Social Media Analytics

Social media analytics dapat dilakukan sebelum dan sesudah sebuah konten diterbitkan. Sebelum konten terbit, pemasar dapat menggunakan analisis media sosial guna keperluan memakai hastag dan setelah menerbitkan postingan dapat dilakukan dengan menganalisa engagement konten.

  • Social Media & Advertising

Selain dari cara organik diatas, pemasar juga dapat menggunakan jenis iklan berbayar agar pemasaran bisnis dapat menghasilkan pembelian yang berlimpah sesuai target (jika tujuannya untuk meraup konversi). Namun, jika tujuannya yakni untuk meraup brand awareness bisa juga dilakukan dengan menggunakan konten-konten informatif.

Pembelajaran melalui Pelatihan Social Media Marketing Arkatama ini dapat menghasilkan output berupa social media spesialist. Dimana peserta akan mendapat sertifikat BNSP yang merupakan sertifikat profesional dibidang media sosial. Terkait informasi lebih lanjut tentang social media marketing dapat Anda temukan secara lengkap melalui Instagram @amd.academy.

Baca Juga: Jasa Konsultan IT: Arkatama Merayakan Dies Natalis di Kantor II

Penulis: Miftakhul Mukarromatun Nisa' (Content Writer Intern DTS Squad Batch 1)

Design: Vika Wahyuni Apriliyanti (Content Creator Intern DTS Squad Batch 1)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun