Pelatihan SKKNI Arkatama Tingkatkan Expert Marketer Malang Kota sejalan dengan potensi digitalisasi bisnis yang semakin nyata, menggugah para pemilik usaha untuk mengadopsinya. Masyarakat kini terbiasa mengandalkan interaksi dan komunikasi melalui media elektronik. Kesan instan dan hemat tenaga digadang-gadang sebagai alasan mereka.Â
Dalam dunia bisnis, digitalisasi bukan hanya mempermudah proses kerja, namun juga menunjang peningkatan income usaha. Hal ini dikarenakan terjadi korelasi yang erat antara otomatisasi bisnis dengan percepatan layanan. Kepuasan pelanggan akan produk/jasa yang tiba lebih awal, mendorong umpan balik positif dan repeat order.
Kemudahan akses teknologi menambah pekerjaan rumah marketer di seluruh lini. Pasalnya pelanggan dominan lebih memilih merek yang mereka kenali.Â
Optimasi media pada gawai jadi salah satu solusi karena paling lekat dengan target. Perusahaan banyak membutuhkan tenaga pemasar digital yang mampu melejitkan usaha dengan jitu.Â
Oleh karena itu, segala bentuk pelatihan banyak dikerahkan demi menunjang permintaan expert marketer dalam memancing konversi bisnis. Salah satu pelatihan terkait yang diselenggarakan di Malang Kota yakni Pelatihan Digital Marketing Arkatama.Â
Pelatihan yang telah diselenggarakan pada tanggal 7-10 Maret 2022 di Ibis Styles Malang ini, bertujuan menambah jumlah  pakar pemasaran dan mendukung peningkatan digital talents. Keseriusan kontribusi Arkatama dapat dilihat dari pelatihan yang dihadirkan ber-Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dengan pengakuan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).
Pelatihan SKKNI Arkatama tersebut meliputi pembelajaran mengenai:
Riset Digital
Kegiatan riset ini berisi pengumpulan data dan informasi terkait kondisi market secara historis. Riset Digital bertujuan mengetahui tren dan kecenderungan pasar, serta membidik preferensi pelanggan potensial. Data dalam riset juga dapat digunakan sebagai acuan dalam menganalisa perubahan landscape konsumen. Materi terkait ini mampu mengajarkan peserta mengenali ceruk pasar mereka, serta bagaimana memaksimalkan marketing funnel.
Show Up Usaha via Website
Agar mampu merenggut hati pelanggan, pelaku bisnis harus dapat melakukan diversifikasi baik dari segi produk dan layanan. Tentu sebelum melakukan  pengadaan variasi, pebisnis harus mengidentifikasi terlebih dahulu jenis pelanggannya.Â
Pelanggan yang melek teknologi cenderung lebih gemar melakukan pencarian info profil perusahaan terlebih dahulu sebelum membeli. Impulse buying sering terjadi ketika pelanggan melihat bahwa suatu produk dikeluarkan perusahaan tertentu dengan image positif, sehingga melakukan branding terhadap usaha pun penting dilakukan.Â
Menghadirkan perusahaan di tengah masyarakat kini dapat mudah dilakukan dengan menggunakan Website. Website merupakan situs selayaknya letak usaha secara nyata, namun dalam dimensi internet.Â
Para pelaku usaha mampu memajang deskripsi usaha, jenis produk yang ditawarkan, harga, jam operasional, letak lokasi usaha secara offline, hingga dapat mengintegrasikannya dengan contact person pemilik sebagai strategi call to action. Dengan adanya materi cara menghadirkan usaha via website, peserta dimudahkan dalam mendirikan toko di lingkungan kerja internet yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun.
Baca juga:Â Intern Onboarding Arkatama Sukses Gandeng Digital Transformation Squad
Analisa KompetitorÂ
Lahirnya banyak bisnis-bisnis baru yang didukung inovasi terus-menerus, membuat preferensi pelanggan menjadi lebih perfeksionis. Dimana pelanggan akan mempertimbangkan kelebihan produk dengan jumlah uang yang akan mereka bayarkan. Produk dan layanan dengan value added lebih tinggilah yang dipilih.Â
Hal ini mendorong bisnis tidak hanya memikirkan internal perusahaannya sendiri, namun juga dari segi lingkungan luar seperti kompetitor sejenis. Pelatihan Arkatama membantu peserta mengenali kompetitornya dengan lebih akurat, karena analisa dilakukan menggunakan tools terekomendasi.Â
Pembuatan Content Marketing
Setelah peserta mengenali pelanggan, menata toko online, dan menyusun strategi bersaing agar bisa unggul dari kompetitor. Langkah selanjutnya agar lebih optimal yakni dengan menaburi pernak pernik content marketing di dalam media yang digunakan.Â
Content marketing dapat berupa konten grafis, perbaikan struktur caption, penggunaan SEO yang friendly, serta strategi social media organic lainnya. Dengan adanya pelatihan terkait content marketing, peserta mampu mengetahui tips-tips dan rekomendasi konten yang cocok merangkul target pasar yang telah ditentukan.
Materi SKKNI yang disampaikan Arkatama dalam pelatihan digital marketing-nya, dapat diikuti oleh semua masyarakat umum dan profesi. Selain itu, dalam pelatihan peserta juga mendapatkan bonus free lunch dan coffee break.Â
Arkatama Multi Solusindo selaku penyedia Jasa Konsultan IT, telah mengajak kolaborasi para profesional pada pelatihan kali ini, serta berkomitmen mengajarkan ilmu digital marketing dari dasar hingga peserta menjadi ahli.Â
Pelatihan dikemas dengan metode direct instruction, yang mana praktisi dapat langsung memantau para peserta dan penugasan di tempat. Dampak dari adanya pelatihan dengan pendekatan semacam ini, mampu menjadikan ilmu diserap lebih banyak dan dapat diadopsi pada hari itu juga. Pelatihan Digital Marketing Arkatama akan diadakan secara berkelanjutan selama adanya persediaan kuota.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H