Mohon tunggu...
Miftakhur Rohmah
Miftakhur Rohmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAD

Penyuka kuliner street food dan suka sekali dengan apapun yang berhubungan dengan peninggalan kebudayaan Hindia-Belanda di Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Apa Itu Komunikasi Hybird di Era Pandemi Covid-19

23 Desember 2021   03:10 Diperbarui: 23 Desember 2021   03:18 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

23 Desember 2021 oleh Miftakhur Rohmah

 

Konsep Hybird mengusung tentang keterampilan non-teknis dan keterampilan teknis untuk mengembangkan kebutuhan sebuah teknologi, informasi, dan komunikasi di era digital saat ini. 

Konsep Hybird ini diharapakan akan semakin populer karena menekankan sebuah kebebasan yang hadir dalam melakukan berbagai aktivitas baik dari kantor maupun rumah. Komunikasi menjadi titik pusat konsep Hybird ini karena komunikasi dibutuhkan untuk membangun kekuatan dalam hubungan antara karyawan dan para murid. 

Penerapan teknologi suara dapat mendukung implementasi hybrid ini tetapi komunikasi yang menggunakan teknologi dan pertemuan tatap muka berbeda. Banyak orang mengalami miss-communication dan hubungan yang buruk dengan sesama individu karena karna konsep ini.

Ketika mengembangkan gaya komunikasi yang dianggap sebagai cara terbaik untuk berkomunikasi yaitu itu tatap muka, tetapi karena pandemi terjadi di seluruh dunia, teknologi merekayasa dan mengemas ulang bentuk komunikasi dengan melakukan melalui cara jarak jauh untuk bekerja dan belajar dari rumah saja untuk menjaga dan melindungi dari virus Covid-19 serta memberi kenyamanan menggunakan aplikasi komunikasi seperti gmeet dan zoom. 

Pertamakali ketika menggunakan cara ini memang susah untuk beradaptasi namun karena tidak ada pilihan lagi lama-kelamaan para karyawan, pengusaha, murid sudah bisa beradaptasi pada perkembangan era teknologi ini. 

Karena jika mereka menginginkan untuk melindungi dan mempertahankan mereka para era pandemi, mereka harus menyetujui bahwa remote modality adalah cara dan pilihan terbaik untuk berkomunikasi dengan sesama pengusaha. 

Cara ini sukses untuk mengejar sebuah berita atau pengetahuan yang terjadi di sekolahan, perusahaan, atau di mana saja. Menggabungkan dua praktik ini di perusahaan bisa menjadi rangkaian yang ideal, didukung oleh contoh yang diikuti, salah satu yang dilakukan oleh  sebuah manajemen sumber daya manusia di sebuah perusahaan di US menemukan bahwa 51% dari 1.000 karyawan AS akan baik-baik saja melakukan mobilitas jarak jauh 100%, sementara 35% akan setuju untuk membayar potongan jika mereka masih bisa bekerja dari rumah.

 

  • Dampak Hybird pada Komunikasi dan Pekerjaan

 

Komunikasi Hybird adalah untuk menghubungkan dua jenis pekerja yang sangat berbeda di kantor melalui rumah atau tempat yang berbeda. 

Komunikasi Evolusi Hybird dilakukan dengan cepat untuk menemukan sebuah kebutuhan komunikasi ketika pandemi Covid-19 menyebar di seluruh dunia. Komunikasi baru ini memungkinkan karyawan untuk memilih mereka kerja dari mana saja yang kemungkinan bekerja dari rumah selain ada beberapa hari mereka harus bekerja di kantor. 

Komunikasi Hybird memiliki 5 model pembeda: Pertama, Hibrida Statis terjadi ketika setiap rekan tim memiliki lokasi kerja tetap seperti kantor atau rumah. 

Kedua, Dynamic Hybird terjadi ketika karyawan telah menentukan bagaimana dan di mana tempat mereka akan bekerja, di kantor atau melakukan mobilitas jarak jauh. Ketiga, Sychronized Hybird terjadi ketika karyawan bekerja secara remote, namun mereka juga akan datang ke kantor pada saat itu juga. 

Keempat, Default Hybird (Remote First Model) terjadi ketika karyawan dapat memilih darimana saja dapat bekerja tanpa ada ekspetasi apapun, dan terakhir, Fully Distributed dimaksud ketika karyawan sungguh-sungguh bekerja secara remote. 

Model-model Hybird communication ini terjadi berdasarkan peraturan perusahaan masing-masing karyawan bekerja karena setiap perusahaan tidak memiliki tujuan dan komponen yang sama dalam menjalankan sebuah perusahaan sehingga peraturan di sebuah perusahaan juga berbeda-beda.

Mayoritas komunikasi dalam pengaturan kantor yang khas adalah Sinkron karena terjadi pada saat itu juga dan menyediakan tanggapan segera. Contoh dari Synchronous communication adalah percakapan face-to-face, telponan, video call dan instant messages. 

Cara ini juga membantu tim jarak jauh dan hybird yang jarang bertemu secara langsung untuk membangun sebuah kepercayaan saat sering dilakukan. 

Model Hybird ini membantu dalam menciptakan rasa memiliki yang membuat karyawan merasa bahwa mereka terhubung dengan karyawan lain, sedangkan Asynchronous tidak ada pada saat itu juga karena adanya waktu yang diperlukan dalam penyampaian sebuah informasi. 

Email, fax, chat apps, dokumen, dan pesan video merupakan contoh Asynchronous. Model ini membantu karyawan menghilangkan rasa penat dan stres akibat tugas yang menumpuk karena memiliki tenggat waktu yang cukup untuk menyelesaikannya sehingga hasil kerja para karyawan menjadi lebih efektif dan produktif.

 

  • Keuntungan dari Komunikasi Hybird

 

1. Sifat Produktif Meningkat

Pekerjaan jarak jauh memungkinkan karyawan untuk lebih fokus dan mengurangi rasa stres. Berangkat pagi dan menggunakan pakaian tergesa-gesa sudah tidak menjadi perhatian lagi bagi para karyawan ketika pekerjaan jarak jauh dijalankan di sebuah perusahaan.

2. Lebih Banyak Fleksibilitas

Mengizinkan para karyawan untuk menyusun pekerjaan secara fleksibel merupakan salah satu hal yang sangat membuat peningkatan moral terjadi. 

Ketika berbagai macam alat dan aplikasi komunikasi tersedia untuk karyawan, mereka dapat bekerja dengan tenang dan tetap berhubungan dengan orang-orang yang peduli bahkan ketika bekerja dari rumah saja.

3. Kepercayaan Diantara Karyawan

Kurangnya kepercayaan dan miskomunikasi yang terjadi pada para karyawan merupakan masalah serius yang sering terjadi di perusahaan-perusahaan. 

Membangun sebuah hubungan dalam komunikasi menjadi bermanfaat ketika komunikasi antar sesama karyawan. Kolaborasi dan percakapan merupakan cara tercepat untuk mendapatkan sebuah kepercayaan seorang karyawan agar ketika bekerja kita akan memiliki support system di sebuah perusahaan.

4. Peningkatan Kolaborasi

Komunikasi internal mempengaruhi efisiensi tim saat mengerjakan sebuah proyek. Bahkan ketika para anggota belum pernah bertemu dengan satu sama lain, mereka akan tetap nyaman untuk berkolaborasi dalam proyek. Tim yang tersebar memikul tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan karena komunikasi hibrida memastikan kolaborasi tepat waktu.

5. Komitmen Para Karyawan

Karyawan akan merasa nyaman bekerja dengan sesamanya ketika tidak ada tekanan yang terjadi di antara karyawandi dengan karyawan lainnya. Mereka akan merasa memiliki komitmen yang lebih besar ketika ada sebuah kepercayaan dan kolaborasi (komunikasi) yang terjadi kepada para karyawan.

6. Peningkatan Kinerja Karyawan

Kinerja karyawan berkembang pesat ketika saluran komunikasi terbuka. Ini memberdayakan ketika Anda merasa Anda adalah bagian dari tim yang hebat. Ini mengarah pada upaya untuk mencapai kesempurnaan dalam kehidupan kerja. Kinerja karyawan dipengaruhi oleh kesejahteraan dan keterlibatan yang nyata.

 

  • 5 Elemen Penting dari Kesejahteraan

 

1. Tujuan – Menyukai apa yang Anda lakukan setiap hari dan termotivasi untuk mencapai tujuan Anda.

2. Sosial – Memiliki hubungan dan cinta yang mendukung dalam hidup Anda.

3. Keuangan – Mengelola kehidupan ekonomi Anda untuk mengurangi stres dan meningkatkan keamanan.

4. Komunikasi – Menyukai tempat tinggal Anda ketika Anda merasa aman dan bangga dengan hidup dan komunitas Anda.

5. Fisik – Memiliki kesehatan dan energi yang cukup untuk mendapatkan dan menghasilkan sesuatu setiap hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun