menurut Akhmad Afnan Fajarudin. dkk. (2021) dalam jurnal pribadi (Said, 2010) ice breaking adalah permainan atau aksi yang berfungsi untuk mengubah suasana tidak aktif dalam pertemuan. Yang pasti, sebelum suatu gerakan terjadi untuk melonggarkan segalanya menjelang awal perawatan, setidaknya satu memilih pembuka percakapan, yang mungkin tidak dibatasi atau tanpa perencanaan khusus. Tata cara penerapan ice breaking dalam pembelajaran adalah metode pembelajaran yang tidak dibatasi dan strategi yang tersusun dalam proses pembelajaran. https://ejournal.akts.ac.id/index.php/idarotuna/article/view/21Â
Teknik dan langkah ice breakingÂ
Titi Pujiarti (2020) Teknik ice breaking dilaksanakan dengan 7 langkah-langkah pelaksanaan yaitu membentuk kelompok, penjelasan tujuan permainan, mendiskusikan tema, peneliti menyiapkan catatan, siswa mulai bercerita, peneliti mengatur cerita jangan sampai selesai sebelum siswa terakhir memberikan cerita, cerita berakhir apabila semua siswa sudah bercerita minimal satu kata.
adapun langkah-langkah ice breaking yang akan diterapkan yaitu:Â
Siswa diajak membentuk lingkaran besar (dikondisikan sesuai keadaan kelas).Â
Guru menjelaskan tujuan permainan yaitu untuk membangun imajinasi, melatih keberanian berkomunikasi, dan melatih kreativitas berpikir.Â
Guru memberikan kesempatan untuk menentukan tema yang akan dibuat cerita secara bersama sama.
Guru menyiapkan catatan untuk mencatat cerita siswa.
Siswa pertama dipersilahkan bercerita satu kalimat yang sesuai dengan tema yang sedang dibahas kegiatan bercerita di teruskan oleh siswa yang lain di sebelah kanannya.
Guru mengatur agar cerita jangan sampai selesai sebelum siswa terakhir memberikan ceritanya.
Cerita berakhir jika semua siswa sudah bercerita minimal dalam satu kalimat untuk masing masing siswa. http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj/article/view/113Â
menurut achmad fanani (2010) Ada beberapa manfaat melakukan aktivitas ice breaking, diantaranya adalah: Menghilangkan kebosanan, kejemuan, kecemasan, dan kelelahan karena bisa keluar sementara dari rutinitas pelajaran dengan melakukan aktivitas gerak bebas dan ceria
Melatih berpikir secara kreatif dan luas siswa.Â
Mengembangkan dan mengoptimalkan otak dan kreativitas siswa.
Melatih siswa berinteraksi dalam kelompok dan bekerja sama dalam satu tim.
Melatih berpikir sistematis dan kreatif untuk memecahkan masalah.
Meningkatkan rasa percaya diri.
Melatih menentukan strategi secara matang.
Melatih kreativitas dengan bahan yang terbatas.Â
Melatih konsentrasi, berani bertindak dan tidak takut salah.Â
Merekatkan hubungan interpersonal yang renggang.
Melatih untuk menghargai orang lain.
Memantapkan konsep diri.
Melatih jiwa kepemimpinan.
Melatih bersikap ilmiah. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/1080Â
Macam-macam Ice Breaking dalam PembelajaranÂ
menurut Sunarto (2012) Ada beberapa macam ice breaking yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik selama proses pembelajaran di sekolah. Semua ice breaking saat ini harus diciptakan untuk memajukan proses pembelajaran. Dengan mengupgrade proses pembelajaran yang terjadi, diandalkan untuk memberikan hasil yang paling maksimal. Macam-macam contoh ice breaking antara lain:
Jenis game
Menyanyi
Gerak badan
Jenis humor
Jenis tepuk tangan
Cerita/dongeng
Tepuk tangan
Audio visual. https://ejournal.akts.ac.id/index.php/idarotuna/article/view/21Â
Kesimpulan
ice breaking adalah permainan atau aksi yang berfungsi untuk mengubah suasana tidak aktif dalam pertemuan. Tata cara penerapan ice breaking dalam pembelajaran adalah metode pembelajaran yang tidak dibatasi dan strategi yang tersusun dalam proses pembelajaran.Teknik ice breaking dilaksanakan dengan 7 langkah-langkah pelaksanaan yaitu membentuk kelompok, penjelasan tujuan permainan, mendiskusikan tema, peneliti menyiapkan catatan, siswa mulai bercerita, peneliti mengatur cerita jangan sampai selesai sebelum siswa terakhir memberikan cerita, cerita berakhir apabila semua siswa sudah bercerita minimal satu kata.
manfaat melakukan aktivitas ice breaking, diantaranya adalah Menghilangkan kebosanan, kejemuan, kecemasan, dan kelelahan karena bisa keluar sementara dari rutinitas pelajaran dengan melakukan aktivitas gerak bebas dan ceria Melatih berpikir secara kreatif dan luas siswa. Melatih siswa berinteraksi dalam kelompok dan bekerja sama dalam satu tim. Melatih berpikir sistematis dan kreatif untuk memecahkan masalah. Meningkatkan rasa percaya diri. Melatih kreativitas dengan bahan yang terbatas. Memantapkan konsep diri.
Daftar Pustaka
Fajarudin.A.A dkk (2021). TEKNIK ICE BREAKING SEBAGAI PENUNJANG SEMANGAT DAN KONSENTRASI SISWA KELAS 1 MI NURUL ISLAM JATIREJO. https://ejournal.akts.ac.id/index.php/idarotuna/article/view/21Â
Titi Pujiarti (2020). Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj/article/view/113Â
Achmad fanani (2010). ICE BREAKING DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/1080Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI