Mohon tunggu...
Miftahul Jannah
Miftahul Jannah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya adalah salah satu mahasiswi jurusan tadris bahasa inggris di uin khas jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Aksi Nyata Topik 4 - Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan

10 Mei 2024   07:51 Diperbarui: 10 Mei 2024   07:51 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Aksi Nyata Topik 4 Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan

by Dewi

Miftahul Jannah

260211105421

 

AKSI NYATA TOPIK 4

 

PERSPEKTIF SOSIO-KULTURAL DALAM PENDIDIKAN

 

1. Apa yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

 

Jawaban:

 

Sebelum pembelajaran, saya sudah memahami topik ini berkaitan dengan perkembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya. Gaya belajar, kemampuan belajar, dan perkembangan peserta didik saling berkaitan erat.

 

2. Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari dalam topik ini?

 

Jawaban:

 

Saya mempelajari bahwa ZPD itu merupakan zona, jarak atau batasan yang di dalamnya terdapat 2 tingkat perkembangan peserta didik yaitu tingkat perkembangan aktual dan potensial yang mana tingkatan ini menjadi batas bawah dan batas atas dalam melakukan tugas dibawah bimbingan orang dewasa, orang yang lebih ahli ataupun bantuan teman sebayanya dalam memecahkan soal-soal atau permasalahan yang rumit.

 

3. Apa yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan anda dalam ruang kolaborasi?

 

Jawaban:

 

Pada ruang kolaborasi ini, saya bersama rekan-rekan kelompok berdiskusi dan mempelajari mengenai bagaimana pengaruh ZPD dalam dunia pendidikan, persiapan yang perlu dilakukan sebelum menerapkan pembelajaran ZPD, dan cara menerapkan ZPD dalam pembelajaran.

 

4. Apa hal yang anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

 

Jawaban:

 

Saya mempelajari bahwa ZPD itu berperan sangat penting dalam pendidikan, artinya bahwa sebagai seorang guru itu kita harus memiliki sikap yang mengarahkan dan menuntun peserta didik, seperti memberikan bantuan dan bimbingan kepada peserta didik sesuai dengan tingkatan perkembangannya.

 

5. Sejauh ini, apa yang sudah anda pahami tentang topik ini?

 

Apa hal baru yang anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

 

Apa yang ingin anda pelajari lebih lanjut?

 

Jawaban:

 

Saya semakin memahami bahwa ZPD tidak hanya berpengaruh kepada hasil belajar peserta didik saja, akan tetapi berhubungan erat juga dengan kinerja dan kompetensi guru yang harus selalu siap memiliki solusi yang berbeda dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada.

 

Sebelum pembelajaran dimulai saya belum menyadari bahwa proses perkembangan kognitif seseorang itu bisa dipengaruhi oleh lingkungan sosial budayanya sehingga yang saya ingin pelajari lagi lebih lanjut adalah mengenai bagaimana mempersiapkan pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tingkatan kognitif peserta didik yang berbeda-beda dalam satu kelas.

 

6. Apa yang anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

 

Jawaban:

 

Saya mempelajari bahwa peserta didik itu memiliki beragam latar belakang, karakteristik, gaya belajar yang berbeda-beda, dan ternyata perbedaan itu sangat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif peserta didik di dalam kelas. Sehingga apabila dihubungkan dengan filosofi pendidikan, Ki Hadjar Dewantara pun berkata bahwa guru harus menerapkan pendidikan yang menuntun segala kodrat yang ada pada peserta didik. Artinya guru perlu menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didiknya.

 

7. Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

 

Jawaban:

 

Manfaat yang saya dapatkan dari topik ini adalah saya semakin paham mengenai strategi dalam menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkatan perkembangan peserta didik. Kesiapan saya adalah 7,5 dari 10, karena saya masih membutuhkan ilmu dan teori yang lebih banyak agar bisa merancang pembelajaran dan asesmen yang sesuai dengantingkat kemampuan dan pemahaman peserta didik. Hal yang perlu saya siapkan adalah dengan terus berusaha dan belajar, menambah wawasan saya mengenai bermacam-macam teori yang mendukung terciptanya pembelajaran yang efektif.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun