Mohon tunggu...
Michelle Najani
Michelle Najani Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswi

Nama : Michelle Najani NIM : 43121120078 Dosen : Prof. Dr,Apollo, M.Si.Ak Mata Kuliah : Kewirausahaan I Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Mercu Buana -Learning by doing-

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Diskursus Cost-Volume-Profi Analysis

25 Oktober 2023   21:11 Diperbarui: 16 November 2023   01:06 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diskursus Cost-Volume-Profi Analysis pada My salad by Chelle

Analisis Cost-Volume-Profit (CVP) merupakan alat yang berguna dalam merencanakan keuangan dan pengambilan keputusan untuk bisnis, termasuk bisnis My salad by chelle. Pada hasil perhitungan CVP akan membantu pengambilan keputusan yang tepat dan akurat dalam memberikan pengaruh yang cukup besar dalam operasional dan perkembangan bisnis. Analisis CVP mendeskripsikan hubungan antara unit yang dijual, biaya, harga jual, dan profit, yang dapat menjelaskan beberapa isu penting dalam pengambilan keputusan manajemen seperti dampak pengurangan biaya tetap total terhadap profit, dampak kebijakan kenaikan harga jual produk terhadap profit, dan lain-lain.

Dan yang akan di analisis adalah Usaha salad buah yaitu My salad by chelle adalah usaha rumahan yang memproduksi salad buah yang di jamin kehigenisannya serta buah-buahan yang di olah di dapat dari supplier terpecaya. My Salad by chelle adalah salah satu brand salad buah dengan bahan-bahan yang fresh dan berkualitas tinggi berbasis online yang tersedia di e-commerec dan platform pesan antar makanan online dan akan melakukan penjualan offline disekitar tempat usaha dan event.Terdapat beberapa tujuan dari melakukan analisi CVP ini, antara lain : Penyesuaian harga juga telah dipertimbangkan dengan biaya tetap, biaya variabel, dan volume penjualan yang diharapkan agar dapat mencapai target laba yang optimal dan sebagai acuan evaluasi kinerja perusahaan dengan membandingkan hasil aktual dengan proyeksi analisis CVP untuk menemukan area yang perlu diimprovisasi atau ditingkatkan.

Analisis Cost-Volume-Profit (CVP)

Harga jual per unit Salad Buah: Rp 35,000

Biaya variabel per Unit: Rp 20,000

Biaya tetap bulanan: Rp 2,000,000

Volume penjualan bulanan:  200 Pcs

Margin Kontribusi (Contribution Margin)

Margin Kontribusi = Harga jual per pcs - Biaya variabel per pcs

Margin Kontribusi = Rp 35,000 - Rp 20,000 = Rp 15,000

Margin Kontribusi Ratio

Margin Kontribusi Ratio = (Margin Kontribusi per pcs/ Harga jual perpcs) * 100

Margin Kontribusi Ratio = (Rp 15,000 / Rp 35,000) * 100 = 42,8% (Dibulatkan menjadi 43%)

Break-Even Point


Dalam usaha salad buah My salad by chelle, titik impas adalah jumlah porsi salad buah yang perlu dijual dalam satu bulan untuk menutupi semua biaya tetap bulanan. Pada penjualan salad buah lebih dari titik impas ini, maka usaha my salad by chelle akan mencapai keuntungan.

Titik Impas dalam Unit = Biaya Tetap / Margin Kontribusi per botol

Titik Impas dalam Unit = Rp 2,000,000 / Rp 15,000 = 133.33 botol (Dibulatkan menjadi 134 Unit)

Titik Impas dalam Nominal

Titik Impas dalam Nominal = Biaya Tetap / Margin Kontribusi Ratio

Titik Impas dalam Nominal = Rp 2,000,000 / 43% = Rp 4,651.127,7

Analisis Sensitivitas (Sensitivity Analysis)

Disini perlu mempertimbangkan bagaimana perubahan dalam harga jual per porsi, biaya variabel per porsi, atau biaya tetap bulanan dapat memengaruhi kinerja keuangan bisnis Anda. Ini bisa membantu my salad by chelle dalam merencanakan respons terhadap perubahan dalam lingkungan bisnis.

Dapat di lihat bagaimana perubahan dalam harga jual per Pcs dan biaya variabel per Pcs akan sangat memengaruhi keuntungan yang akan di dapatkan oleh My Salad by chelle dalam penjualannya.

Untuk saaat ini, harga jual per Pcs Salad  adalah Rp 35,000, dan biaya variabel per botol adalah Rp 15,000, dengan Margin Kontribusi Ratio sebesar 43% dari apa yang telah di perhtiungkan. Dan akan di hitung dalam anlisis sensitif ini dengan dua perbandiangan Harga jual dan biaya variabel nya sebagai beikut:

a. Apabila harga jual per Pcs salad buah naik menjadi Rp 37,000:

 Margin Kontribusi per Pcs = Rp 37,000 -- Rp 15,000 = Rp 22,000

 Margin Kontribusi Ratio = (Rp 22,000 / Rp 37,000) * 100 = 59.45%

 Titik Impas dalam Nominal = Rp 2,000,000 / 59.45% = Rp 3,364,171

 Profit saat ini (volume penjualan 200 Pcs salad buah) = (Rp 35,000*200 Unit) -- Rp 2,000,000 = Rp 5,000,000

 Profit jika harga naik = (Rp 37,000 * 200 Pcs Salad buah) - Rp 2,000,000 = Rp 5,400,0000

Maka di dapatkan angka di atas untuk analisis sesitif pada usaha MY Salad by chelle

b. Jika biaya variabel per pcs salad buah naik menjadi Rp 25,000:

 Margin Kontribusi per Pcs = Rp 35,000 - Rp 25,000 = Rp 10,000

 Margin Kontribusi Ratio = (Rp 10,000  / Rp 35,000) * 100 = 28.5%

 Titik Impas dalam dolar = Rp 2,000,000 / 28.5% = Rp 7,017.543

 Profit jika biaya variabel naik = (Rp 10,000 * 200) - Rp 2,000,000 = Rp 0

Margin Keamanan (Margin of Safety):

Margin keamanan adalah selisih antara volume penjualan saat ini dan titik impas dalam Pcs salad buah. selisih antara volume penjualan yang diharapkan dan titik impas. Margin keamanan ini menunjukkan sejauh mana bisnis my salad by chelle akan pada titik aman dari kerugian. Semakin besar margin keamanan, semakin kuat posisi bisnis my salad by chelle.

Margin keamanan dalam per pcs salad  buah = Volume penjualan saat ini - Titik Impas dalam Unit

Margin keamanan dalam botol = 200 pcs salad buah - 133.33 botol = 66.67 botol

Analisis Target Keuntungan (Target Profit)

Analisis CVP ini akan membantu untuk menentukan volume penjualan yang diperlukan untuk mencapai target keuntungan tertentu. Ini membantu my salad by chelle mengatur tujuan keuangan dan membuat rencana untuk mencapainya.

Asumsikan bahwa My salad by chelle ingin mencapai keuntungan sebesar Rp 2,000,000

Rumus Target Sales (dalam nomial) = (Biaya Tetap + Target Keuntungan) / Margin Kontribusi Ratio

Target Sales (dalam nominal) = (Rp 2,000,000 + Rp 2,000,000) / 43% = Rp 9,302,325

Volume penjualan yang diperlukan untuk mencapai keuntungan ini:

Volume penjualan = Target Sales (dalam Nominal) / Harga jual per pcs salad buah

Volume penjualan = Rp 9,302,325/ Rp 35,000 = 265,7 Pcs Salad Buah

Tentunya Dalam bisnis salad buah ini,sangat penting untuk memahami berapa banyak porsi yang perlu dijual untuk mencapai profitabilitas usaha yang optimal dan maksimal. Dalam hal ini  juga perlu memantau biaya variabel salad buah dan mencari cara untuk menguranginya atau meningkatkan harga jual jika memang sangat di perlukan. Analisis CVP adalah alat yang akan dapat membantu membuat keputusan finansial yang lebih baik dan mengoptimalkan kinerja bisnis My salad by chelle. Dan dalam hal ini My salad by chelle dalam anlisi CVP ini ada pada titik aman dari kerugian dan sesuai dengan target yang telah di tentukan pada proposal bisnis yang telah di buat sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun