Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah pesaing peringkat kata kunci jasa SEO dan keywords Ads Google telah meningkat secara signifikan. Alasan utamanya adalah dampak dari wabah COVID-19. Banyak orang tiba-tiba harus dikarantina, bekerja di rumah, dan membeli kebutuhan sehari-hari. secara online. Ada juga banyak industri yang terpaksa harus gulung tikar karena tidak bisa melanjutkan bisnis.Â
Namun, perusahaan-perusahaan yang sudah memasuki online market melalui strategi digital marketing, seperti SEO, keywords ads, dan Facebook ads, tampaknya memiliki situasi yang berbeda. Akibatnya, cara berbisnis yang tadinya dilakukan secara tradisional diubah secara digitalisasi, dan anggaran iklan digital marketing pun meningkat dengan pesat.Â
Tapi tahukah Anda berapa biaya yang diperlukan untuk pasang keywords Ads atau jasa SEO di Google search engines? Berapa biaya yang worth it dikeluarkan untuk pasang iklan kata kunci di search engines per bulannya? Berapa biaya anggaran digital marketing yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan hasil yang efektif?
Cara perhitungan biaya keywords Ads dan jasa SEO
Meskipun tampaknya pengoptimalan SEO dan Google keywords ads terlihat sama persis, karena keduanya sama-sama mengekspos website lewat search engines, tetapi metode pembayarannya sama sekali berbeda.
Metode penghitungan Google keywords ads
Keywords ads juga bisa disebut sebagai iklan PPC, karena aturan pembayarannya adalah hanya akan dikenakan biaya ketika search engines user benar-benar mengklik iklan tersebut. Anda dapat menggunakan Google Keywords Tool untuk memeriksa apakah biaya per klik tawaran kata kunci berada dalam kisaran harga yang sesuai dengan budget Anda.
Misalnya, Anda menggunakan biaya iklan kata kunci sebesar Rp. 1000:
Rp. 1000 (biaya iklan kata kunci per klik) x 100 orang (jumlah klik) = Rp. 100,000, Anda perlu membayar Rp. 100,000 untuk biaya iklan kata kunci Google. Sederhana ya? Namun bagaimana dengan metode penghitungan biaya jasa peoptimalan search engines SEO?Â
Metode penghitungan biaya layanan pengoptimalan SEO
Metode penghitungan jasa pengoptimalan SEO sama sekali berbeda dari keywords ads. Sebagian besar pakar SEO atau perusahaan digital marketing akan memeriksa dan mengevaluasi keadaan website Anda sebelum memberi tahu biayanya. Berikut beberapa poin penting yang dilakukan:
1. Analisa website, dilihat dari kecepatan loading atau biasa disebut dengan bounce rate, struktur website dan lainnya.
2. Tingkat persaingan dan popularitas keywords, dibagi menjadi empat dengan tingkat kesulitan yang berbeda (Tingkat kesulitannya tergantung dari macam jenis binis dan akan mempengaruhi perkiraan biaya):
1. Kata kunci level sederhana
2. Kata kunci level sedang
3. Kata kunci level tinggi
4. Kata kunci level sangat tinggi (paling kompetitif)
3. Tautan internal dan eksternal (Inbound and Outbound Links)
Selain itu, peningkatan peringkat kata kunci website lewat strategi SEO biasanya digunakan untuk jangka panjang, sehingga rata-rata kontrak pengoptimalan search engine SEO ini pasti lebih dari satu tahun. Tidak hanya itu, bedanya waktu walaupun hanya jangka pendek seperti satu sampai dua bulan akan ada perbedaan yang signifikan terhadap biaya iklan keywords yang harus dibayar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H