Isu-isu Penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, ekonomi, dan politik.
MULAI DIRI
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Dengan mempertimbangkan topik ini, saya mulai memikirkan tentang kompleksitas masalah yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah, yang dipandang dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Hal ini mengingat bahwa isu-isu dan faktor-faktor tersebut tidak hanya memiliki relevansi, tetapi juga memberikan dampak yang signifikan terhadap dinamika pembelajaran di Indonesia.
EKSPLORASI KONSEP
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Dari pembahasan topik ini, saya memperoleh pemahaman tentang bagaimana pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh berbagai isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Sebagai contoh, ketika saya menjelajahi konsep ini melalui video dokumenter "Indonesia Mengajar" tentang anak-anak Asmat, sangat jelas terlihat bagaimana isu-isu sosial dan budaya memengaruhi pendidikan dan pengajaran di sana. Dapat diamati bahwa kurangnya perhatian dari masyarakat sekitar terhadap pendidikan anak-anak Asmat, kurangnya akulturasi budaya sekolah dengan budaya lokal mereka, serta kondisi daerah yang berada di bawah garis kemiskinan, semuanya menjadi faktor yang menghambat akses pendidikan. Selain itu, kurangnya perhatian dari pemerintah setempat juga menyebabkan banyak anak Asmat tidak memiliki dokumen kependudukan seperti akte kelahiran, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), yang pada gilirannya membuat sulit bagi mereka untuk mengakses jaringan sekolah.
RUANG KOLABORASI
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Dalam ruang kolaborasi, saya telah mengalami pengalaman yang mendalam dalam memperoleh wawasan dari rekan-rekan sejawat tentang beragam isu dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah, yang dipandang dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang memengaruhi proses pendidikan dan pembelajaran secara keseluruhan. Saya dan rekan-rekan saya sepakat bahwa memperhatikan isu-isu tersebut sangatlah penting dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang inklusif dan relevan. Kami menyadari bahwa isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran akan berdampak langsung pada proses belajar-mengajar serta hasil yang dicapai oleh peserta didik. Oleh karena itu, kami meyakini bahwa kerja sama antara berbagai pihak dan persiapan yang matang sangatlah penting untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang optimal dan berpihak pada kepentingan peserta didik.
DEMONTRASI KONTEKSTUAL