Mohon tunggu...
Mia Syafa
Mia Syafa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya sekarang sedang menempuh pendidikan di UIN Sunan Ampel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dari Surau ke Start Up, Inovasi Pesantren di Era Bonus Demografi 2045

22 Oktober 2024   12:17 Diperbarui: 22 Oktober 2024   12:37 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia diperkirakan akan mengalami bonus demografi pada tahun 2045, ketika jumlah penduduk usia produktif akan lebih besar dibandingkan dengan usia tidak produktif.

 Hal ini membuka peluang besar bagi negara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, selama sumber daya manusia (SDM) yang tersedia memiliki kualitas unggul. Dalam konteks ini, pesantren sebagai institusi pendidikan memiliki peran penting dalam menyiapkan generasi yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global. 

Sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, pesantren memiliki tanggung jawab besar untuk melakukan inovasi dalam perencanaan strategis, agar santri tidak hanya terampil dalam ilmu agama, tetapi juga mampu berkontribusi dalam pembangunan nasional di era bonus demografi. Indonesia tengah bertransformasi menuju negara maju dengan visi Indonesia Emas 2045.

Bonus demografi memberikan peluang bagi Indonesia untuk mencapai kemajuan di berbagai sektor seperti ekonomi, teknologi, dan pendidikan. Namun, peluang ini hanya bisa dimanfaatkan jika populasi usia produktif memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai. 

Sebagai lembaga yang mendidik aspek spiritual dan akademik, pesantren memiliki potensi besar dalam membentuk generasi muda. Santri tidak hanya harus memahami ajaran Islam, tetapi juga perlu dibekali keterampilan lain seperti teknologi, ekonomi, dan kepemimpinan.

Di era globalisasi yang semakin kompetitif, pesantren harus mengubah pendekatan mereka. Pengajaran yang hanya fokus pada ilmu agama, tanpa menggabungkannya dengan keterampilan praktis, mungkin tidak cukup untuk menyiapkan santri menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan. Oleh karena itu, inovasi dalam kurikulum dan metode pengajaran sangat diperlukan.

Salah satu tantangan terbesar bagi pesantren adalah menyusun kurikulum yang mampu menyeimbangkan antara ilmu agama dan ilmu umum. Dalam rangka menghadapi bonus demografi, pesantren harus berinovasi dengan memperluas cakupan pendidikan, seperti mengintegrasikan ilmu sains, teknologi, ekonomi, dan keterampilan vokasional. 

Misalnya, pesantren bisa mulai menggunakan metode blended learning, di mana pengajaran agama dilakukan secara langsung, sementara materi umum diajarkan melalui platform digital. Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran akan melatih santri untuk lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi, yang menjadi keterampilan penting di dunia kerja masa depan.

Lebih lanjut, pesantren juga bisa mengembangkan program pelatihan kewirausahaan bagi santri. Keterampilan berwirausaha akan sangat penting dalam menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi di tengah bonus demografi. Pesantren bisa bekerja sama dengan perguruan tinggi atau pemerintah untuk memberikan pelatihan dan akses modal bagi santri yang ingin memulai usaha.

Selain inovasi kurikulum, peningkatan kualitas guru juga menjadi aspek penting dalam memperbaiki pesantren. Guru-guru atau ustadz perlu mendapatkan pelatihan yang relevan agar dapat mengajar materi non-agama dengan baik. Misalnya, mereka dapat dilatih dalam teknologi informasi, manajemen kelas digital, atau metode pengajaran interaktif.

Fasilitas di pesantren juga perlu ditingkatkan. Infrastruktur yang mendukung pembelajaran berbasis teknologi, seperti laboratorium komputer dan akses internet yang memadai, menjadi kebutuhan mendesak. Dengan fasilitas yang lebih baik, proses belajar mengajar akan lebih efektif, dan santri dapat dengan mudah mengakses informasi yang mereka butuhkan.

Bonus demografi hanya akan memberikan dampak positif jika ada kerja sama antara dunia pendidikan dan industri. Pesantren harus mulai terbuka untuk bekerja sama dengan pihak luar, terutama industri dan akademisi. 

Dengan kolaborasi ini, pesantren dapat mengirim santri terbaiknya untuk magang atau bekerja dalam proyek riset bersama. Ini tidak hanya akan memberikan pengalaman praktis bagi santri, tetapi juga memperluas wawasan mereka tentang dunia kerja.

Kerja sama dengan universitas atau lembaga riset juga dapat membuka peluang bagi santri untuk melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. Pesantren bisa mengembangkan program beasiswa atau jalur khusus bagi santri yang ingin belajar di bidang-bidang penting seperti teknologi, sains, atau ekonomi.

Selain inovasi akademik, pesantren juga harus fokus pada pembentukan karakter dan kepemimpinan. Santri perlu dibekali nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja keras, dan kemandirian, yang semuanya akan menjadi modal penting bagi mereka untuk menjadi pemimpin di masa depan. Bonus demografi memberi peluang lebih banyak individu untuk memegang peran penting dalam pembangunan bangsa, dan pesantren dapat menjadi tempat yang tepat untuk membentuk pemimpin masa depan yang berintegritas.

Pesantren memiliki jaringan sosial yang luas dan akar yang kuat di masyarakat. Hal ini menjadikan pesantren sebagai lembaga yang strategis untuk melakukan pemberdayaan masyarakat. Beberapa contoh kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dapat dilakukan oleh pesantren antara lain:

  • Pendidikan nonformal: Menyelenggarakan program pendidikan nonformal untuk masyarakat umum, seperti kursus keterampilan, literasi, dan keagamaan.
  • Klinik kesehatan: Menyediakan layanan kesehatan dasar bagi masyarakat sekitar.
  • Bank sampah: Mengelola sampah secara mandiri dan mendaur ulang sampah organik menjadi pupuk kompos.
  • Koperasi: Membentuk koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Dengan inovasi dalam perencanaan strategi, pesantren dapat bertransformasi menjadi pusat pendidikan yang tidak hanya fokus pada pengajaran agama, tetapi juga pemberdayaan generasi muda yang siap menghadapi masa depan. 

Bonus demografi 2045 adalah peluang besar bagi pesantren untuk berkontribusi lebih dalam menciptakan generasi yang mampu bersaing di tingkat global.  

Salah satu pilar penting dalam mencapai visi tersebut adalah tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Dalam konteks ini, pesantren memiliki peran strategis sebagai institusi pendidikan yang telah lama mengakar di masyarakat Indonesia. Dengan nilai-nilai keagamaan yang kuat dan jaringan sosial yang luas, pesantren dapat menjadi lokomotif dalam mewujudkan SDGs.

SDGs memiliki 17 tujuan yang saling berkaitan, mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari pengentasan kemiskinan, pendidikan berkualitas, hingga perubahan iklim. Pesantren dengan nilai-nilai keagamaan yang menjunjung tinggi keadilan, persamaan, dan keberlangsungan hidup, memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam pencapaian SDGs.

SDGs 1 - Pengentasan Kemiskinan: Pesantren memiliki peran strategis dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar melalui program-program yang fokus pada pelatihan keterampilan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan membekali santri dan komunitas sekitar dengan keterampilan praktis, pesantren dapat membantu menciptakan sumber penghasilan tambahan dan mengurangi kemiskinan.

SDGs 2 - Tanpa Kelaparan: Pesantren dapat berkontribusi dalam ketahanan pangan dan peningkatan gizi dengan mengembangkan program-program yang berkaitan dengan pertanian berkelanjutan. Pesantren dapat memanfaatkan lahan yang ada untuk menanam sayuran dan bahan pangan lain yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi santri serta masyarakat sekitar, sekaligus mengajarkan pentingnya pola makan sehat.

SDGs 3 - Kesehatan dan Kesejahteraan: Pesantren bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan dengan mengadakan program penyuluhan kesehatan yang menyasar santri dan masyarakat di sekitarnya. Selain itu, pesantren juga dapat menyediakan layanan kesehatan seperti klinik atau pos kesehatan pesantren yang dapat diakses oleh santri dan warga sekitar untuk meningkatkan kualitas kesehatan secara menyeluruh.

SDGs 4 - Pendidikan Berkualitas: Pesantren dapat memastikan santri menerima pendidikan yang seimbang antara ilmu agama dan keterampilan umum yang relevan dengan tuntutan zaman. Hal ini termasuk memasukkan materi tentang kewirausahaan, literasi digital, serta pengembangan keterampilan vokasional dalam kurikulum. Pesantren juga bisa mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

SDGs 5 - Kesetaraan Gender: Pesantren dapat mendorong kesetaraan gender dengan memberikan kesempatan yang setara bagi santri laki-laki dan perempuan untuk mendapatkan pendidikan dan mengembangkan potensi diri. Pesantren bisa memastikan bahwa tidak ada diskriminasi dalam akses terhadap pendidikan dan kegiatan pengembangan diri di antara santri.

SDGs 6 - Air Bersih dan Sanitasi: Pesantren memiliki peran penting dalam memastikan akses terhadap air bersih dan sanitasi yang memadai bagi santri dan masyarakat sekitar. Dengan mengelola air bersih secara bijak dan menerapkan sistem sanitasi yang baik, pesantren dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan mendukung kualitas hidup yang lebih baik.

SDGs 7 - Energi Bersih dan Terjangkau: Pesantren dapat menjadi pelopor dalam penggunaan energi terbarukan yang ramah lingkungan, seperti panel surya atau biogas, untuk memenuhi kebutuhan energi. Ini tidak hanya mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil, tetapi juga mengajarkan santri tentang pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan.

SDGs 8 - Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi: Pesantren dapat menciptakan peluang kerja bagi santri dan masyarakat melalui pengembangan koperasi dan program kewirausahaan. Dengan menyediakan pelatihan dan pendampingan dalam memulai usaha, pesantren dapat membantu meningkatkan ekonomi lokal dan menciptakan lapangan kerja yang layak.

SDGs 9 - Industri, Inovasi, dan Infrastruktur: Pesantren bisa mendukung pengembangan industri berbasis inovasi dengan memperkuat infrastruktur pendidikan yang mendukung pengembangan keterampilan santri di era digital. Peningkatan fasilitas seperti laboratorium komputer atau akses internet yang baik akan memungkinkan santri untuk menguasai teknologi modern dan menjadi bagian dari masyarakat yang inovatif.

SDGs 10 - Pengurangan Ketimpangan: Pesantren memiliki kesempatan untuk mengurangi ketimpangan sosial dan ekonomi dengan memberdayakan masyarakat sekitar melalui program pelatihan dan pendidikan. Dengan memberikan akses pendidikan yang setara bagi semua kalangan dan membantu komunitas miskin, pesantren dapat menjadi motor penggerak dalam menciptakan kesetaraan di masyarakat.

SDGs 11 - Kota dan Permukiman Berkelanjutan: Pesantren dapat berperan dalam menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan ramah lingkungan. Dengan menerapkan sistem pengelolaan sampah yang baik, penggunaan lahan yang bijak, serta program-program penghijauan, pesantren bisa menjadi contoh permukiman berkelanjutan yang mendukung kelestarian lingkungan.

SDGs 12 - Konsumsi dan Produksi Bertanggung Jawab: Pesantren dapat mempromosikan pola konsumsi yang bertanggung jawab dengan mengajarkan pentingnya mengurangi limbah dan memanfaatkan sumber daya secara efisien. Hal ini dapat dilakukan melalui pendidikan lingkungan dan penerapan praktik berkelanjutan dalam kegiatan sehari-hari.

SDGs 13 - Penanganan Perubahan Iklim: Pesantren dapat mengambil peran aktif dalam edukasi tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan pengurangan emisi karbon. Dengan mendorong penggunaan energi bersih dan mengajarkan santri tentang perubahan iklim, pesantren dapat membantu memitigasi dampak perubahan iklim di masa depan.

SDGs 14 dan 15 - Kehidupan di Laut dan Kehidupan di Darat: Pesantren bisa meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, baik laut maupun darat, melalui program konservasi lingkungan. Kegiatan seperti penghijauan atau kampanye pelestarian lingkungan dapat menjadi bagian dari pendidikan yang diterapkan di pesantren.

SDGs 16 - Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Kuat: Pesantren dapat menjadi pusat penyebaran nilai-nilai perdamaian, toleransi, dan keadilan. Dengan mengajarkan prinsip-prinsip Islam yang moderat dan inklusif, pesantren dapat membantu menciptakan masyarakat yang lebih harmonis dan adil.

SDGs 17 - Kemitraan untuk Mencapai Tujuan: Pesantren bisa membangun kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan sektor swasta, untuk mendukung pencapaian tujuan SDGs. Kolaborasi ini akan memperkuat peran pesantren dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan mempercepat pencapaian target SDGs.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun