Pada beberapa postingan sebelumnya, saya pernah menulis tentang cara-cara membangun merk yang bernilai tinggi serta rahasia untuk membesarkan merk tersebut. Nah sekarang, apa sebenarnya pengaruh merk yang kuat itu terhadap bisnis anda sendiri?
Pengaruhnya sudah jelas, dapat mempercepat pertumbuhan usaha serta memperoleh kesuksesan. Sejatinya proses membangun merk bukan hanya dimaksudkan untuk usaha yang sudah besar atau mapan saja, namun proses ini juga tidak kalah penting bagi para pemilik usaha kecil yang sedang berusaha membangun bisnis mereka.
Maka, sudah sewajarnyalah jika para pelaku usaha kecil menginvestasikan sumber daya mereka untuk membangun merk yang bernilai tinggi. Karena bagaimanapun juga, merk anda merupakan ciri unik bisnis anda.
Lalu, apa pengaruhnya mempunyai merk yang kuat bagi bisnis? Mengapa merk merupakan hal yang begitu penting untuk dimiliki? Berikut ini adalah beberapa diantaranya:
1. Membuat bisnis menjadi unik dan lebih cepat dikenal
Bagi sebuah bisnis kecil yang mungkin tidak mempunyai anggaran pemasaran yang cukup besar, memiliki merk yang kuat mampu membuat bisnis tersebut menjadi terlihat unik dan menonjol dibandingkan dengan bisnis sejenis yang ada dipasaran.
Contohnya seperti yang dilakukan oleh keripik singkong pedas Maicih dari kota Bandung. Saat awal membangun usaha, sudah tentu Maicih tidak mempunyai anggaran promosi yang besar untuk memperkenalkan keripiknya ke calon pelanggan. Namun, dengan cerdik Maicih menggunakan social media Twitter untuk melakukan kegiatan promosinya.
Karena promosinya yang terbilang unik dan ditambah dengan produk yang juga terbilang unik, dalam waktu satu tahun Maicih sukses membangun merknya sebagai produsen keripik pedas yang digandrungi anak muda seantero Bandung.
Intinya, merk yang kuat akan membuat nilai yang anda tawarkan menjadi terlihat lebih jelas dan berbeda dari pesaing anda.
2. Membangun kepercayaan pelanggan
Pernahkah anda berpikir mengapa kira-kira pelanggan anda mau membeli produk atau jasa yang anda tawarkan? Apa karena kualitas produk anda yang tinggi? Atau karena layanan pelanggan anda yang nyaris tanpa cela? Atau karena bisnis anda yang memang unik?