Mohon tunggu...
Mh. Taufiq Hidayahtulloh
Mh. Taufiq Hidayahtulloh Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya selaku mahasiswa dari Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sejarah Tokoh dan Konsep Mutu Dari Joseph Juran

25 Maret 2024   23:41 Diperbarui: 25 Maret 2024   23:43 359
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam artikel ini, kita akan melihat biografi singkat seorang tokoh Joseph Juran di bidang manajemen kualitas, dan pengertian dari kualitas atau mutu menurut beliau. Teori dan tekniknya telah disaring hingga menjadi pekerjaan Peningkatan Kualitas (QI) saat ini. Terutama Trilogi Juran dan Peningkatan kualitasnya.

  • Biografi Singkat Joseph Juran

Nama Joseph M. Juran layak disejajarkan dengan nama-nama tokoh manajemen kualitas dunia lainnya seperti W. Edward Deming yang terkenal dengan Deming's 14 point, Philip B Crosby dengan Quality is free-nya, A.V. Feigenbaum yang mencetuskan konsep Three steps to quality Walter A Shewart, Kaoru Ishikawa dan Genichi Taguchi, serta sederet nama populer dan para tokoh pionir manajemen kualitas yang dikenal dunia.

Joseph lahir pada 24 Desember tahun 1904 di Braila-Moldova, Dr. Joseph M. Juran mengemukakan kerisauannya akan perkembangan manajemen kualitas dunia saat itu dengan pernyataannya bahwa "telah terjadi krisis kualitas". Anak dari Jakob (seorang pembuat sepatu desa ini), mempunyai pemahaman bahwa cara tradisional tidak akan mampu lagi menghadapi krisis kualitas yang terjadi.

Pendapat ini tentu bisa diterima mengingat pada saat itu dunia industri masih banyak yang memakai sistem manajemen kualitas konvensional dan kondisi ini sangat mengusik pengalaman industri dan intelektualitas seorang Dr. Joseph M. Juran.

Juran mengunjungi Jepang pada tahun 1945. Di Jepang Juran membantu pimpinan Jepang di dalam menstrukturisasi industri sehingga mampu mengekspor produk ke pasar dunia. Ia membantu Jepang untuk mempraktekkan konsep mutu dan alat-alat yang dirancang untuk pabrik ke dalam suatu seri konsep yang menjadi dasar bagi suatu "management process" yang terpadu. Informasi ini dirilis oleh Miftah19

  • Pengertian Mutu Menurut Joseph Juran

Menurut Jhosep Juran, Mutu ialah kecocokan penggunaan produk (fitness for use) untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Kecocokan pengguna produk tersebut didasarkan atas lima ciri utama yaitu (1) teknologi; yaitu kekuatan; (2) psikologis, yaitu rasa atau status; (3) waktu, yaitu kehandalan; (4) kontraktual, yaitu ada jaminan; (5) etika, yaitu sopan santun. Informasi ini dirilis oleh Syamsudin Serero

  • Trilogi Juran (Trilogi Kualitas)

Juran memperkenalkan Trilogi Juran -- atau Trilogi Kualitas -- pada akhir 1980an. Ini adalah cara berpikir baru tentang kualitas, dan juga cara mengelola kualitas. Dan sekarang menjadi dasar bagi banyak pekerjaan manajemen mutu

Sumber:juran.com 
Sumber:juran.com 

Inilah tiga komponen Trilogi Juran:

Perencanaan Kualitas -- atau Kualitas berdasarkan Desain

Ini adalah metode terstruktur yang berkaitan dengan proses pengembangan produk atau layanan dan digunakan untuk menciptakan fitur-fitur baru yang benar-benar dibutuhkan pelanggan. Anda mungkin juga mengenalnya sebagai 'Desain untuk Six Sigma'.

Peningkatan Kualitas -- atau Lean Six Sigma

Ini adalah fokus pada perbaikan 'terobosan', bukan perbaikan sehari-hari. 'Dengan mencapai beberapa terobosan penting dari tahun ke tahun (Prinsip Pareto), organisasi dapat mengungguli pesaingnya dan memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan.'

Kontrol Kualitas - Kontrol & Regulasi Proses

'Saat ini, istilah "pengendalian kualitas" sering kali berarti pengendalian kualitas dan kepatuhan. Tujuannya adalah untuk mematuhi standar internasional.'

Meskipun Trilogi Juran telah berkembang selama bertahun-tahun, Trilogi Juran 'terus menjadi sarana untuk menghadirkan manajemen kualitas total kepada seluruh karyawan yang mencari cara untuk membuatnya tetap sederhana. Informasi ini dirilis oleh Sizue Creighton

  • Peningkatan Kualitas Menurut Joseph Juran

Juran juga menciptakan, merancang dan menganjurkan proses sepuluh langkah untuk program peningkatan kualitas :

Membangun kesadaran akan perlunya perbaikan dan peluang untuk perbaikan.

Tetapkan tujuan untuk perbaikan.

Berorganisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Berikan pelatihan.

Melaksanakan proyek yang bertujuan untuk memecahkan masalah.

Laporkan kemajuan.

Berikan pengakuan.

Komunikasikan hasilnya.

Pertahankan skor.

Pertahankan momentum dengan melakukan perbaikan pada sistem reguler perusahaan.

Anda juga dapat membaca lebih lanjut tentang setiap langkah dalam artikel 'Langkah-langkah Juran untuk Peningkatan Kualitas' . Hal ini menjelaskan rincian lebih lanjut untuk setiap langkah program.

Anda akan menyadari bahwa langkah-langkah perbaikan ini -- dan detail terkait -- dari QI berhasil saat ini.

"Tanpa standar tidak ada dasar logis untuk mengambil keputusan atau mengambil tindakan."

- Joseph Juran

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun