Cara Mengelola Keuangan BisnisÂ
PENTINGNYA PENGELOLAAN ANGGARAN BISNIS: LANGKAH MENUJU KESUKSESAN BERKELANJUTAN
Pengelolaan keuangan bisnis merupakan fondasi kesuksesan bisnis. Di sini, Cari tahu cara mengelola keuangan perusahaan dengan baik!Pengelolaan keuangan perusahaan merupakan landasan terpenting dalam menjaga stabilitas keuangan dan kelangsungan usaha. Apakah pengelolaan keuangan itu penting? Tentu saja!Pasalnya, manajemen keuangan mengatur kegiatan yang berkaitan dengan sumber keuangan internal dan eksternal perusahaan.Untuk lebih memahami topik ini, simak penjelasan mengenai pengertian manajemen keuangan perusahaan, peran pengelolaan keuangan perusahaan, cara kerja konsep pengelolaan keuangan, dan tips mengoptimalkan pengelolaan biaya perusahaan berikut ini.Pengertian manajemen keuangan perusahaan manajemen keuangan perusahaan adalah proses pengelolaan sumber daya keuangan perusahaan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan bisnis.Manajemen keuangan terdiri dari apa? Manajemen Ini mencakup perencanaan, pengendalian, pengorganisasian dan pengarahan semua kegiatan yang berkaitan dengan aspek keuangan perusahaan.Pengelolaan keuangan perusahaan sangat penting karena perusahaan dapat memperoleh data untuk membangun pengetahuannya, mengambil keputusan investasi dan mendapatkan wawasan tentang aktivitas investasi, mengelola likuiditas, kas, dan lainnya.Dalam praktiknya, manajemen keuangan menggabungkan beberapa fungsi dan alat keuangan, seperti akuntansi, pengelolaan aset tetap, dan pemrosesan pembayaran.Dengan integrasi komponen yang baik, perusahaan dapat mencapai stabilitas keuangan untuk operasional sehari-hari.Fungsi pengelolaan Keuangan Tugas utama pengelolaan keuangan perusahaan adalah untuk menunjang pertumbuhan dan kelangsungan usaha. Lebih spesifiknya, fungsi pengelolaan keuangan perusahaan adalah:
Perencanaan (sekeliling) pengelolaan anggaran, meliputi prakiraan pendapatan dan pengeluaran, prakiraan jangka panjang, arus kas, serta program laba rugi.
Verifikasi setelah membagikan dana, perusahaan harus memverifikasinya. Dalam hal ini fungsi pengendalian berguna untuk mengendalikan aliran dan sumber uang serta melihat kekurangan dalam pengelolaannya. AuditAudit atas aset perusahaan dapat dilakukan bersamaan dengan laporan keuangan, biasanya triwulanan atau setahun sekali.
Penganggaran (Budgeting)Perusahaan dapat secara akurat dan mudah mengalokasikan dana untuk produksi dan promosi penjualan.PelaporanPengelolaan keuangan perusahaan juga berfungsi sebagai laporan dalam memeriksa status keuangan perusahaan.Komponen pengelolaan keuangan Perusahaan Pengelolaan keuangan perusahaan mencakup beberapa komponen utama, misalnya:
1. Perencanaan Anggaran Anggaran adalah tentang pengalokasian dana untuk berbagai hal tujuan, kegiatan untuk investasi. Komponen ini menjadi dasar pengambilan keputusan keuangan yang tepat.
2. Mencatat Mencatat setiap pengeluaran, sekecil apa pun, merupakan langkah penting. Komponen ini membantu bisnis mengendalikan arus kas dan memastikan pengeluaran sesuai jadwal.
3. Laporan Keuangan Laporan keuangan terstruktur memberikan gambaran yang jelas mengenai posisi keuangan perusahaan.Komponen ini berisi informasi tentang pendapatan, pengeluaran dan perubahan perekonomian.
4. Pengendalian Internal Pengendalian internal adalah tahap mengidentifikasi, mencegah dan memperbaiki risiko yang terkendali dan tidak terkendali.Komponen ini mencakup verifikasi laporan keuangan, batasan pengeluaran, dan audit internal yang ketat.Akibat Buruk Jika Tidak Mengelola Pengelolaan Keuangan Dengan BaikPengelolaan keuangan suatu perusahaan yang buruk dapat berakibat buruk, misalnya perusahaan dapat merugi karena tidak mengikuti arus kas.Bisnis juga dapat menderita karena pengeluaran yang tidak terkendali. Tanpa pengelolaan keuangan, keputusan investasi yang buruk dapat mengakibatkan kerugian finansial.Bisnis yang tidak dapat mengelola keuangan secara efektif juga dapat menghambat pertumbuhan bisnis. Dalam kasus terburuk, perusahaan akan bangkrut.Kelebihan Pengelolaan Keuangan yang Baik Pengelolaan keuangan yang efektif membawa beberapa keuntungan penting, berikut penjelasannya
Kemakmuran Finansial Pengelolaan keuangan yang baik menciptakan kekayaan dengan mengatasi permasalahan keuangan. Perencanaan masa depan membantu menghindari hutang untuk memenuhi kebutuhan masa depan.
1. Anggaran yang Tempat Pengelolaan keuangan yang baik dan data yang bersih dapat membuat perhitungan anggaran bulanan menjadi lebih teratur dan menghindari pengeluaran yang mahal.
2. Efisiensi Pengeluaran Pengelolaan keuangan membantu memilah pengeluaran besar dari pengeluaran kecil dan menggunakan dana yang tersedia secara maksimal tanpa merasa defisit untuk mencapai efisiensi biaya operasional.
3. Struktur keuangan yang Baik Manajemen yang baik menciptakan struktur keuangan yang sehat dengan memastikan bahwa pengeluaran tidak melebihi pendapatan dan tidak bergantung pada hutang.Pentingnya Pengelolaan Keuangan Perusahaan Ketahui dulu apa yang dimaksud dengan strategi keuangan. Pada dasarnya strategi pengelolaan keuangan adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk melakukan perencanaan strategis, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian usaha keuangan suatu organisasi atau perusahaan
Tujuan pengelolaan keuangan adalah untuk menjaga pendapatan tunai, menggunakan dana secara optimal dan efisien serta menciptakan kondisi yang aman. investasi. Peluang Oleh karena itu, minimal peran CFO Anda adalah menghitung modal bisnis yang diperlukan, menentukan investasi untuk meningkatkan keuntungan, mengarahkan keuntungan untuk kemajuan bisnis dan menjalankan fungsi pengendalian keuangan.Dengan cara ini, penerapan manajemen keuangan membantu perusahaan dalam merencanakan dan memperoleh uang, penggunaan dan distribusi dana yang diterima secara efektif, pengambilan keputusan keuangan yang penting, meningkatkan profitabilitas organisasi dan menjaga stabilitas keuangan perusahaan.
4 cara Mengelola Keuangan Bisnis Mengetahui pentingnya mengelola keuangan bisnis, berikut beberapa contoh strategi keuangan bisnis yang perlu Anda ketahui.
1. Jadikan perencanaan keuangan sebagai Prioritas Penganggaran, akuntansi, perencanaan perpajakan dan manajemen risiko merupakan aspek penting dalam mengelola keuangan perusahaan sebagai bagian dari rencana keuangan yang Komprehensif Perencanaan keuangan berguna untuk menganalisis keuangan perencanaan laporan dan laporan keuangan untuk mendapatkan gambaran tentang kegiatan usaha.Selain itu, rencana tersebut memungkinkan Anda menetapkan sasaran keuangan yang sesuai, seperti menginvestasikan lebih banyak uang dalam bisnis Anda untuk ekspansi, mempekerjakan karyawan, membuat inventaris baru, atau menabung untuk masa pensiun.Selain itu, membuat rencana anggaran adalah cara terbaik untuk menghindari tekanan musim pajak dan menghindari kesalahan pajak umum dengan pencatatan yang terorganisir.
2. Kelola Arus KasSetiap bisnis yang sukses pasti memiliki arus kas yang baik. Itu sebabnya Anda memerlukan manajemen arus kas yang efektif.Mulailah dengan melihat semua pengeluaran bisnis Anda, baik langsung maupun tidak langsung, serta biaya overhead atau operasional. Setelah itu, periksalah secara rutin.Kemudian periksa laporan keuangan terkait penjualan dan margin serta fungsi keuangan perusahaan. Juga menilai kebutuhan pembelian, kewajiban dan hutang.Lakukan aktivitas ini secara rutin untuk membantu Anda menyiapkan perkiraan modal terperinci untuk kebutuhan pemeliharaan atau investasi staf, renovasi kantor, dan membuat kampanye pemasaran baru
3. Memitigasi Risiko Rantai PasokanMemantau kondisi ekonomi saat ini berguna untuk mengidentifikasi gangguan pada rantai pasokan, terutama yang umum terjadi di sektor ritel, restoran, dan layanan kesehatan.Anda dapat melakukan ini dengan bekerja sama dengan pemasok untuk memastikan ketersediaan guna mengurangi risiko ketersediaan produk dan memastikan pengalaman pelanggan Anda tetap dapat diandalkan dan positif.Mengetahui keadaan rantai pasokan, menyesuaikan strategi rantai pasokan, memantau kontrak dan pesanan yang ada. Coba juga untuk mendapatkan pemasok cadangan untuk menghindari gangguan terhadap penjualan dan pendapatan Anda.Â
4. Mengelola invoiceCara mengelola keuangan perusahaan Anda selanjutnya adalah dengan mengelola invoice atau faktur. Hal ini penting karena uang yang masih dalam bentuk invoice dapat dengan mudah membuat perusahaan bangkrut cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan menetapkan syarat, tenggat waktu, dan ketentuan yang jelas sebelum mengeluarkan barang atau jasa kepada siapa pun.Pastikan setiap pelanggan menandatangani Perjanjian Ketentuan Penggunaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H