Masa Depan Pemasaran business to Business (B2B)Â
(The Future of Business to Business Marketing)
Â
Oleh: Mhd. Rizky Perdana Putra, SKM., C.DMP
Latar Belakang
Â
 Latar Belakang
Pemasaran (marketing) adalah kegiatan, serangkaian lembaga, dan proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat. Menurut definisi ada empat kegiatan utama dalam marketing yaitu menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan dan bertukar penawaran. Pemasaran B2B, selalu berubah, dan selalu mengungkap pola dan warna baru.
Dunia pemasaran B2B ibarat kanvas seorang seniman, yang terus diisi dengan ide, teknik, dan warna baru. Kita akan melihat tren yang menentukan karya kita dan membentuk masa depan industri kita. Di bidang pemasaran B2B personalisasi menjadi penting untuk membuat kampanye khusus yang sesuai dengan kebutuhan setiap instansi, memberikan konten relevan yang mendorong keterlibatan para instansi untuk berkolaborasi bersama. Di dunia yang saling terhubung saat ini, konsistensi adalah rajanya. Bisnis harus menjalin narasi yang mulus di berbagai saluran pemasaran, agar berhasil menjangkau klien potensial di setiap kesempatan mulai dari media sosial dan kampanye email hingga pameran produk dan webinar, sehingga menciptakan suatu ekosistem bisnis.
Pemasaran B2B menjadi sesuatu yang dinamis dan berkembang, mencerminkan kebutuhan dan keinginan pelanggan yang selalu berubah. Di era baru yang menarik ini, perusahaan yang beradaptasi dan berinovasi akan menjadi seniman yang menentukan masa depan industrinya. Kepercayaan adalah mata uang yang paling berharga. Namun dengan kekuatan yang besar, datang pula tanggung jawab yang besar. Dunia usaha harus transparan dan autentik dalam upaya pemasarannya, serta siap menghadapi potensi badai dengan anggun dan rendah hati. Ini tentang membangun landasan kepercayaan yang kokoh yang dapat mengatasi tantangan terberat sekalipun.
Dunia teknologi yang terus berubah bisa terasa seperti kejar-kejaran berkecepatan tinggi, membuat kita kehabisan tenaga saat berusaha mengikutinya. Agar tetap kompetitif, kita harus terus belajar, beradaptasi, dan berinvestasi dalam pelatihan dan pengembangan. Memanfaatkan alat dan platform pemasaran baru sama halnya dengan menemukan permata tersembunyi, menawarkan cara baru untuk terhubung dengan audiens dan mencapai tujuan perusahaan menjadi penting dalam pemasaran B2B.
Seiring dengan kemajuan dalam pemasaran B2B, bayang-bayang pesaing kita semakin besar. Membedakan diri dan menemukan peluang pertumbuhan baru menjadi tugas yang sangat berat. Kita harus merangkul kekuatan unik kita, menyempurnakan proposisi nilai kita, dan mencari pasar baru, tanpa meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat dalam upaya kita mencapai kesuksesan. Menghadapi tantangan tersebut secara langsung adalah bagian penting dari petualangan pemasaran B2B. Mereka mengingatkan bahwa selalu ada ruang untuk pertumbuhan, perbaikan, dan kerendahan hati yang sehat. Dengan memanfaatkan hambatan-hambatan ini sebagai peluang untuk belajar dan berkembang, kita dapat terus berkreasi, berinovasi, dan berkembang di dunia yang menakjubkan ini.
Kolaborasi dapat menjadi sebuah terobosan. Dengan menjalin kemitraan dengan bisnis yang saling melengkapi, kita dapat menciptakan kampanye pemasaran bersama yang saling menguntungkan dan mengangkat derajat kedua belah pihak. Sebuah perusahaan perangkat lunak bergabung dengan produsen perangkat keras, menawarkan solusi gabungan yang membuka pintu baru dan menjangkau audiens yang belum tersentuh. Ini adalah situasi win-win yang mendorong semua orang untuk maju. Seiring perjalanan kita menuju masa depan, seruan terhadap praktik bisnis berkelanjutan dan tanggung jawab sosial semakin kuat. Dengan menerapkan inisiatif ramah lingkungan dan memperjuangkan tujuan sosial, bisnis dapat menonjol dan selaras dengan klien yang berbasis nilai. Hal ini seperti secercah harapan, yang memandu pelanggan menuju bisnis yang mempunyai visi yang sama untuk dunia yang lebih baik.
Pembahasan
Pemasaran B2B berubah dengan cepat, dan penjualan melalui digitial muncul sebagai alat yang ampuh bagi bisnis yang ingin tumbuh dan sukses di lingkungannya. Penjualan melalui digital adalah penggunaan platform media sosial untuk berinteraksi dengan prospek dan pelanggan, membangun hubungan, dan pada akhirnya mendorong penjualan. Di dunia digital saat ini, pembeli menjadi lebih terinformasi dan berdaya dibandingkan sebelumnya. Mereka memiliki akses ke banyak informasi dan sumber daya di ujung jari mereka, dan mereka menggunakan alat ini untuk meneliti informasi produk dan layanan, dan jauh sebelum mereka berinteraksi dengan tenaga penjualan. Akibatnya, taktik penjualan B2B tradisional menjadi kurang efektif. Panggilan dingin, ledakan email, dan bentuk penjangkauan tradisional lainnya sering kali diabaikan atau ditolak mentah-mentah oleh pembeli yang mencari interaksi yang lebih personal dan menarik. Di sinilah penjualan melalui digital berperan. Dengan memanfaatkan platform media sosial seperti LinkedIn, Twitter, dan Facebook, Instagram, Marketplace, profesional penjualan dapat menjadikan diri mereka sebagai pemimpin dalam membangun kepercayaan dengan prospek dan pelanggan.
Berikut beberapa alasan mengapa penjualan melalui digital adalah masa depan B2B:
- Penjualan melalui digital memungkinkan profesional penjualan membangun hubungan yang bermakna dengan prospek dan pelanggan.
- Di dunia B2B, hubungan adalah segalanya. Pembeli ingin bekerja sama dengan perusahaan yang memahami kebutuhan mereka, berbagi nilai-nilai mereka dan berkomitmen untuk membantu mereka sukses. Penjualan melalui digital memungkinkan profesional penjualan untuk terhubung dengan prospek dan pelanggan secara pribadi, membangun kepercayaan dan hubungan baik yang pada akhirnya dapat menghasilkan penjualan.
- Penjualan melalui digital memungkinkan para profesional penjualan untuk selalu diingat oleh prospek dan pelanggan.
- Di pasar yang ramai saat ini, pedagang mudah tersesat dalam kebisingan. Penjualan melalui digital memungkinkan para profesional penjualan untuk selalu diingat oleh prospek dan pelanggan dengan berbagi konten yang relevan dan berharga, terlibat dalam percakapan, dan memberikan wawasan dan perspektif yang menunjukkan keahlian dan nilai mereka.
- Penjualan melalui digital memungkinkan para profesional penjualan memanfaatkan kekuatan jaringan sosial.
- Jejaring sosial seperti LinkedIn dan Twitter, Facebook, Instagram, Tiktok adalah alat yang ampuh untuk terhubung dengan prospek dan pelanggan, membangun hubungan, dan mendorong penjualan. Dengan memanfaatkan platform ini, para profesional penjualan dapat memanfaatkan jaringan luas koneksi dan hubungan yang ada dalam target pasar mereka, memperluas jangkauan mereka dan mendorong lebih banyak penjualan.
Dalam menangkap masa depan peluang B2B, Berikut 7 strategi Penjualan B2B di masa Depan:
- Hubungan pelanggan hybrid, Mempercepat pertumbuhan dengan memadukan keterlibatan virtual dan fisik. Keterlibatan pelanggan tidak hanya terbatas pada peran penjual saja. Seringkali pemasaran adalah interaksi pertama yang dilakukan calon pelanggan dengan sebuah perusahaan. Pemasar dapat memainkan peran kunci dalam bisnis adaptif, dengan memikirkan kembali komunikasi statis dan berfokus pada memberikan pengalaman virtual yang lebih menarik, seperti konten yang sangat dipersonalisasi dan demonstrasi berdasarkan pengalaman. Mereka juga dapat berperan sebagai mitra strategis bagi bisnis dengan memberikan wawasan tingkat akun mengenai penjualan, produk, dan organisasi lainnya. Namun seiring dengan perubahan kebutuhan dan minat pembeli, konten dan pengalaman juga harus berubah. Pemasaran harus terus berupaya untuk mengetahui bagaimana pembeli ingin terlibat, dan harus siap serta mau beradaptasi.
- Jaringan mitra yang dinamis, Membangun ekosistem mitra dinamis yang dapat fleksibel dan beradaptasi untuk mengaktifkan struktur kemitraan yang tepat pada waktu yang tepat.
- Bentuk rute yang fleksibel ke pasar, Ketika kebutuhan dan preferensi pelanggan berubah selama pandemi, para pemimpin bisnis terpaksa segera mengevaluasi kembali saluran distribusi mereka untuk menghadapi lingkungan baru. Namun apakah beradaptasi dengan kondisi baru selalu berarti penderitaan akibat perubahan? Sebaliknya, bagaimana Anda bisa terus menjangkau pembeli dengan cara baru? menyesuaikan rute mana yang aktif pada waktu yang tepat.
- Teknologi generasi berikutnya, Terapkan teknologi generasi berikutnya untuk menciptakan pengalaman baru yang khas. Integrasikan manusia dan mesin. Inovasi seperti AI dan pembelajaran mesin harus melengkapi kecerdikan dan kreativitas manusia. Kemudian periksa bagaimana karyawan Anda dapat meningkatkan pengalaman pelanggan jika mereka memiliki kekuatan teknologi berikut: mereka dapat memprediksi kebutuhan klien dengan lebih baik, dengan cepat menyarankan layanan pelengkap, dan mereka dapat mengantisipasi kemungkinan permintaan. Ekspektasi pembeli B2B semakin dipengaruhi oleh pengalaman mereka sebagai konsumen.
- Integrasikan keberlanjutan dan tujuan bisnis, Bisakah Anda memimpin pasar dalam hal keberlanjutan sambil mendorong pertumbuhan berkelanjutan? Keberlanjutan perusahaan dan pertumbuhan ekonomi tidak boleh berdiri sendiri-sendiri. Yang satu tidak meniadakan yang lain, namun transformasi bisnis yang berkelanjutan akan mengubah garis besarnya.
- Dengarkan orang-orang Anda, Apakah Anda secara aktif mendengarkan dan menanggapi beragam kebutuhan populasi karyawan Anda? Keberagaman dan Inklusi merupakan indikasi apakah suatu bisnis berjalan baik bagi masyarakat, atau tidak, dan karena pembeli dan karyawan memandang nilai-nilai yang berbeda ketika memilih suatu bisnis, bagaimana bisnis tersebut menghargai dan mendorong kesejahteraan karyawan menjadi pertimbangan yang semakin penting. Kesejahteraan karyawan, produktivitas, dan pengalaman pelanggan saling terkait erat, dan keberagaman serta inklusi harus didukung dan dipupuk untuk mengubah DNA perusahaan. Bisnis yang adaptif harus menciptakan sistem untuk terus mendengarkan suara karyawannya dan menunjukkan bahwa mereka telah didengar – mengubah nilai-nilai mereka dan nilai-nilai perusahaan menjadi aktivitas keterlibatan yang bermakna, memotivasi mereka untuk mewujudkan kepentingan mereka dan memungkinkan perubahan positif.
- Menerapkan pendekatan bisnis adaptif, Tantangan dan perubahan yang dipicu oleh pandemi ini telah membuka pintu bagi sumber pertumbuhan dan evolusi bisnis baru. Tidak ada solusi yang bisa diterapkan untuk semua hal, namun strategi yang diidentifikasi dan diuraikan di atas menghadirkan peluang dan percepatan yang dapat diakses oleh dunia usaha untuk diadopsi dan diterapkan guna memulai perjalanan mereka menuju bisnis yang adaptif.
Kesimpulan
Saat kita mencapai akhir perjalanan kita melalui dunia pemasaran B2B yang menawan, penting untuk diingat bahwa masa depan bukanlah tujuan yang jauh dan tidak dapat dicapai. Sebaliknya, ini adalah cerita yang berkesinambungan dan terbuka yang kita semua tulis bersama, dengan setiap keputusan, setiap tantangan, dan setiap peluang yang kita temui. Dalam pemasaran B2B yang dinamis ini, kemampuan beradaptasi dan inovasi adalah kompas dan sekstan yang memandu jalan kita. Dengan tetap mengetahui tren yang sedang berkembang, menerima tantangan, dan memanfaatkan peluang, kita dapat dengan percaya diri menavigasi masa depan dan berkembang di bidang yang terus berkembang ini.
Tulisan ini sebagai peta harta karun, yang membawa Anda ke permata tersembunyi masa depan pemasaran B2B. Baik itu mempersonalisasi upaya pemasaran Anda, memanfaatkan analisis data, atau berkolaborasi dengan mitra yang berpikiran sama, jalur ke depannya penuh dengan berbagai kemungkinan. Jadi, kumpulkan keberanian Anda, rangkul semangat petualangan, dan mari terus bereksplorasi, belajar, dan tumbuh bersama di bidang pemasaran B2B yang menakjubkan.
Saran
Saran yang dapat diambil dari kesimpulan tersebut, agar dapat terus mengekspolarasi perubahan-perubahan bisnis dan dapat mendorong bisnis yang adaptif melalui:
- Membangun hubungan dan kepercayaan melalui hubungan pelanggan hybrid.
- Mengembangkan ekosistem jaringan yang sesuai untuk pertumbuhan berkelanjutan: dari jalur tradisional menuju pasar, hingga kemitraan langsung ke konsumen, serta ecommerce.
- Menciptakan interaksi pelanggan yang lebih bermakna dan merintis inovasi besar melalui norma baru teknologi.
- Memperjuangkan perubahan sosial dan lingkungan melalui tindakan-tindakan yang aktif dan berpengaruh terhadap masyarakat secara luas.
Daftar Pustaka
Ferraa, Emma. 2023. Social Selling: The Future of B2B, diakses tanggal 15 Januari 2023, https://www.linkedin.com/pulse/social-selling-future-b2b-emma-ferrara
Lombardi, Michael & Warner. 2023. Alex. The Future of B2B, diakses tanggal 15 Januari 2023, https://www.wpp.com/en/wpp-iq/2022/11/the-future-of-b2b
Lombari, Michael. 2023. The Future of B2B: The Adaptive Business, diakses tanggal 15 Januari 2023, https://www.ogilvy.com/ideas/future-b2b-adaptive-business
Lange, Charles. 2023. The Future of B2B Marketing: Trends, Challenges, and Opportunities, diakses tanggal 15 Januari 2023, https://www.linkedin.com/pulse/future-b2b-marketing-trends-challenges-opportunities
Muljono, Ryan Kristo. (2018). Digital Marketing Concept. Penggunaan Konsep Dasar Digital Marketing untuk membuat Perubahan Besar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H