Mohon tunggu...
Rahmah Chemist
Rahmah Chemist Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger - Product Photographer

Simple, challenge, suka nulis and fun. Temui saya di dunia maya... Blog: http://chemistrahmah.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Tentang Rindu Kampung Halaman

25 April 2023   23:18 Diperbarui: 25 April 2023   23:20 856
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Pri made by Canva

Kampung halaman memang selalu jadi tempat untuk pulang. Kerinduan yang sudah memuncak biasanya susah untuk hilang. Kemudian pelan-pelan tenang lalu kemudian gejolak kembali datang. Selalu ada momen yang membuatnya tak bisa menolak peluang. 

Ya, kampung halaman memang rumah untuk kembali meski bukan keabadian. Namun, di dalamnya selalu ada pelukan cinta dan kasih sayang setelah lama tak ada pertemuan. 

Rindu Kampung Halaman Karena...

Hmm... berikut beberapa hal yang membuat selalu rindu kampung halaman:

1. Masih ada ibu kandung

Setelah 2010 bapak berpulang ke penciptaNya, saya dan adik-adik berharap mama selalu mendapatkan hiburan. Meski saya yakin tidak ada yang mampu menghilangkan ingatan bahwa suami sudah tiada. Untuk itu, kami anak-anaknya yang dirantau selalu berupaya untuk pulang, khususnya di hari raya. Itu pun asalkan tidak memaksakan diri apalagi harus sampai berhutang sana sini. 

Jika tak pulang karena kondisi, maka video call menjadi sesuatu yang penting untuk kami diskusikan bersama. Setidaknya sudah bisa saling bertukar gambar diri yang mengobati rindu kampung halaman.

2. Makam Mendiang Bapak

Saya selalu mau pulang karena ingin ke makam bapak. Di sana bisa bebas cerita tanpa ada feedback yang tidak saya sukai bahkan menyisakan sakit hati yang teramat sangat. 

Di makam bapak, saya biasanya menceritakan tentang kondisi saya dan segala hal yang sudah terjadi. Mulai dari kondisi psikis hingga yang selalu saya gunakan dengan fisik. Padahal kebiasaan ini justru ada positifnya karena keluhan anak-anak sebayanya seringkali merasa tersakiti dengan polah diri sendiri.

3. Makanan Tradisional

Apa saja kalau lidah cocok dan menekan budget membeli-beli bahan makanan pastinya akan nikmat. Saya sendiri jika di Maros maka kebiasaan akan daging dan ayam selalu ada dan mulai sepi setelah Lebaran tiba. Makanan tradisional biasanya hanya kue-kue jajanan khas karena satu tempat akan terbuang jika diseruduk dalam kondisi keroyokan.

Makanan tradisional pun biasanya tidak hilang karena semua orang suka jajanan demikian daripada harus ke pasar untuk sekadar di-saring ke rumah sehingga perlu tambah daya.

4. Masa Kecil yang Tak Terulang

Meski saat ini saya sudah tidak ada bapak tetapi kenangan masa kecil bersama beliau selalu hidup. Berbagai perabot rumah yang masih bertahan sampai sekarang selalu memberikan semangat untuk hidup lebih baik dan mencintai orang tua. Sebab mereka hingga saya bisa seperti sekarang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun