Mohon tunggu...
Muhammad GaliehMardiono
Muhammad GaliehMardiono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa UMM , Hobi bermain game .

Selanjutnya

Tutup

Kkn

Inovasi Mahasiswa PMM UMM Digitalisasi Pelayanan Publik di Kelurahan Tunjungsekar

26 Februari 2024   23:59 Diperbarui: 15 Mei 2024   15:00 271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
PMM UMM Kelompok 11 Gelombang 1 di Kelurahan Tunjungsekar , Kota Malang 

MALANG --  Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan Program Kegiatan Pengabdian  Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian dan Kreativitas Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Kelurahan Tunjungsekar ,Jalan Piranha Atas No 206,Tunjungsekar , Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.


Para mahasiswa di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan, yaitu bapak Ilyas Nuryasin, S.Kom., M.Kom. Itu merupakan kelompok 11 gelombang 1 yang beranggotakan lima orang yakni Dafa Cahya Adi Pratama, Mochamad Rahina Bintang Pambayun, Muhammad Galieh Mardiono, Deddy Setiawan, Riza Herdiansyah Aryo Wibisono.

Kelurahan Tunjungsekar , sebagai tempat pelayanan pemerintahan menghadapi kendala dalam pelayanan publik, terutama terkait alur pembuatan dan persyaratan untuk membuat dokumen pencatatan sipil . Website Kelurahan yang masih belum memiliki beberapa fitur pelayanan untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan dan syarat dokumen pencatatan sipil .Proses manual yang memakan waktu dan antrian panjang menjadi keluhan warga.

Melihat permasalahan tersebut , kelompok PMM 11 membuat program kerja berupa pengembangan fitur website pencatatan sipil yang terintegrasi dan mudah diakses sebagai solusi inovatif. Website ini memuat informasi lengkap terkait alur dan persyaratan pembuatan dokumen.

Fitur Website ini menawarkan berbagai manfaat bagi warga, antara lain yaitu efisiensi dan transparasi . Untuk mempercepat proses pembuatan dokumen dan meningkatkan transparasi informasi. Kemudian kemudahan akses layanan bagi warga dimana saja dan kapan saja .  Mengurangi waktu dan biaya yang dihabiskan untuk mengurus dokumen karena untuk fitur ini dapat diakses secara gratis.

Fitur website ini diimplementasikan dan disosialisasikan kepada warga Kelurahan Tunjungsekar. Warga menyambut baik program ini dan bisa merasakan manfaatnya secara langsung. Proses pembuatan dokumen jadi lebih cepat dan mudah, dan merasa tidak perlu mengantri lama lagi di kantor kelurahan , karena sudah tau apa saja persyaratan dan bagaimana alur pembuatan dokumen yang dibutuhkan.

Website ini dirancang untuk memudahkan proses pembuatan dan pengurusan dokumen-dokumen penting seperti:

1.  Pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk)

2. Pembuatan Kartu Keluarga

3. Kartu Identitas Anak

4. Pindah Datang dan Keluar

5. Akta Kelahiran

6. Akta Kematian

7. Pengurusan Surat Nikah dan Akta Perkawinan

8. Akta Perceraian

9. Izin Usaha Mikro dan Kecil

10. Pengajuan Surat Keterangan Domisili Usaha PT/CV/UD

11. Pengajuan Domisili Yayasan atau LSM

12. Pengurusan Surat Pernyataan Ahli Waris

13. Pengajuan Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu


14. Pengajuan Domisili Usaha Mikro IUMK

Sosialisai kepada salah satu warga oleh Mahasiswa PMM UMM tentang cara memakai fitur website pelayanan pencatatan sipil. 
Sosialisai kepada salah satu warga oleh Mahasiswa PMM UMM tentang cara memakai fitur website pelayanan pencatatan sipil. 
Dengan adanya website ini, masyarakat kelurahan Tunjungsekar dapat mengetahui alur dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat untuk setiap jenis dokumen yang dibutuhkan.

Inisiatif ini menunjukkan komitmen mahasiswa PMM UMM dalam mengimplementasikan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pelayanan publik.Melalui proyek ini, mahasiswa berharap dapat membantu masyarakat dalam mengurangi beban administratif dan meningkatkan akses terhadap layanan pemerintahan.

Melalui pengalaman ini, mahasiswa PMM UMM tidak hanya mendapatkan pengetahuan praktis dalam bidang teknologi informasi, tetapi juga kesadaran sosial dan tanggung jawab bersama terhadap masyarakat. Ini menunjukkan bagaimana pendidikan tinggi dapat menghubungkan teori dengan praktik, serta bagaimana mahasiswa dapat berkontribusi langsung terhadap masyarakat melalui solusi digital.

Artikel ini mencerminkan pentingnya partisipasi mahasiswa dalam transformasi digital dan bagaimana ini dapat membawa manfaat nyata bagi masyarakat. Dengan terus mengembangkan proyek-proyek ini, diharapkan kelurahan Tunjungsekar dapat terus maju dalam penyediaan layanan publik yang berkualitas dan efisien.

Diharapkan program ini dapat direplikasi di kelurahan lain dan menginspirasi berbagai pihak untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Indonesia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kkn Selengkapnya
Lihat Kkn Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun