Mohon tunggu...
Muhammad Ghalih
Muhammad Ghalih Mohon Tunggu... Ilmuwan - Pemuda Pelopor Pendidikan

Muhammad Ghalih adalah seorang mahasiswa PhD pada Jurusan Business and Management di Southern Taiwan University of Science and Technology (STUST). Selain itu, ia juga seorang akademisi dan profesional yang berdedikasi di bidang pendidikan dan berfokus pada penelitian tentang manajemen rantai pasok halal. Ghalih berperan penting sebagai Direktur Afkar Institute dan Pendiri Ghalih Foundation di Indonesia. Dengan pengalaman luas dalam mengajar dan penelitian, Ghalih aktif berkontribusi pada berbagai konferensi internasional, termasuk membahas integrasi manajemen rantai pasok halal dengan ESG dan SDGs.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menginspirasi Generasi Muda: Pengalaman Mengajar Sebagai ELTA di Tainan Municipal HouBi Junior High School

20 Juni 2024   11:42 Diperbarui: 20 Juni 2024   11:59 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pengalaman mengajar sebagai English Language Teaching Assistant (ELTA) di Tainan Municipal HouBi Junior High School merupakan salah satu pengalaman yang sangat berharga dan penuh makna dalam karier saya. Sejak awal bergabung, saya sudah merasa disambut dengan hangat oleh seluruh staf pengajar dan siswa-siswi di sekolah ini. Hal ini menciptakan suasana yang kondusif untuk mengajar dan belajar, sekaligus memberikan rasa kebersamaan yang kuat.

Adaptasi dan Persiapan

Pada awal mengajar, saya menghadapi tantangan dalam beradaptasi dengan kurikulum dan metode pengajaran yang digunakan di Taiwan. Namun, dengan bimbingan dari para guru senior dan dukungan dari sesama ELTA, saya berhasil menyesuaikan diri dengan cepat. Saya juga mempersiapkan materi-materi pengajaran yang menarik dan relevan untuk siswa, dengan memadukan antara metode pengajaran tradisional dan teknologi modern.

Metode Pengajaran yang Inovatif

Sebagai ELTA, saya berusaha untuk selalu kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Salah satu pendekatan yang saya gunakan adalah melalui pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), di mana siswa diajak untuk terlibat dalam proyek-proyek kecil yang mengasah kemampuan berbahasa Inggris mereka sekaligus meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Contohnya, saya mengajak siswa untuk membuat presentasi tentang budaya lokal Taiwan dalam bahasa Inggris. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan berbahasa mereka, tetapi juga memperkaya pemahaman mereka tentang warisan budaya mereka sendiri.

Selain itu, saya juga menggunakan berbagai aplikasi dan platform digital untuk membuat pembelajaran lebih interaktif. Penggunaan teknologi seperti aplikasi kuis online dan platform video konferensi membantu siswa lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar bahasa Inggris. Saya juga mengembangkan modul pembelajaran yang dapat diakses siswa secara online, sehingga mereka bisa belajar kapan saja dan di mana saja.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Pentingnya Komunikasi dan Kolaborasi

Selama mengajar, saya menyadari betapa pentingnya komunikasi yang efektif antara guru dan siswa. Oleh karena itu, saya selalu membuka diri untuk berdialog dengan siswa, mendengarkan masukan mereka, dan berusaha memahami kebutuhan serta kesulitan yang mereka hadapi. Saya juga rutin mengadakan sesi bimbingan di luar jam pelajaran bagi siswa yang membutuhkan bantuan tambahan.

Kolaborasi dengan guru-guru lokal juga sangat penting. Kami sering mengadakan rapat untuk membahas perkembangan siswa dan merencanakan strategi pengajaran yang lebih efektif. Saya merasa sangat beruntung dapat bekerja bersama tim yang kompak dan berdedikasi tinggi.

Pencapaian dan Pembelajaran

Salah satu momen yang paling membanggakan bagi saya adalah ketika melihat perkembangan kemampuan berbahasa Inggris siswa-siswa saya. Banyak di antara mereka yang awalnya kesulitan dalam berbicara atau menulis dalam bahasa Inggris, kini dapat berkomunikasi dengan lebih percaya diri dan lancar. Prestasi mereka dalam ujian bahasa Inggris juga meningkat signifikan, menunjukkan bahwa metode pengajaran yang kami terapkan berhasil.

Pengalaman mengajar di Tainan Municipal HouBi Junior High School juga memberikan banyak pembelajaran bagi saya secara pribadi. Saya belajar untuk menjadi lebih sabar, adaptif, dan inovatif dalam mengajar. Selain itu, interaksi dengan siswa-siswa yang beragam latar belakangnya memperkaya wawasan saya tentang budaya dan nilai-nilai kehidupan di Taiwan.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Kesimpulan

Mengajar sebagai ELTA di Tainan Municipal HouBi Junior High School adalah pengalaman yang sangat berharga dan tak terlupakan. Melalui pengalaman ini, saya tidak hanya bisa berbagi pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris kepada siswa-siswa, tetapi juga belajar banyak hal baru yang memperkaya perjalanan profesional dan pribadi saya. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam dunia pendidikan dan membantu lebih banyak siswa untuk meraih impian mereka melalui pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan dan bermakna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun