Mohon tunggu...
Mohamad Fikri Fakhriyan
Mohamad Fikri Fakhriyan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

life long learning

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Media Pembelajaran Online sebagai Solusi Belajar di TAAM Happy Kids

23 September 2021   20:30 Diperbarui: 23 September 2021   20:35 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemic Covid-19 memberikan banyak sekali dampak terhadap seluruh sektor kehidupan manusia mulai dari sosial, ekonomi, budaya dan pendidikan. Pada tanggal 18 Maret 2020 Pemerintah mengeluarkan surat edaran mengenai segala kegiatan didalam maupun diluar ruangan dari berbagai sektor sementara waktu ditunda guna mengurangi penyebaran virus corona terutama pada bidang pendidikan yang sangat memungkinkan untuk terjadinya penyebaran bahkan menghasilkan cluster baru mengenai Covid-19 ini. 

Dilanjutkan pada tanggal 24 Maret 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID, dalam Surat Edaran tersebut dijelaskan bahwa proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring atau jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa.

Terdapat dampak yang langsung dirasakan oleh siswa yaitu perlu adanya kesadaran dari para orang tua untuk dapat membimbing buah hatinya dalam mengikuti pelajaran secara daring dan siswa pun perlu beradaptasi dengan baik dengan kondisi yang terjadi saat ini. Dengan adanya kondisi tersebut siswa menghadapi kegiatan dan kebiasaan baru yang tentu saja memberikan dampak pada keberhasilan belajar siswa dirumah. 

Tidak hanya berdampak pada siswa, pandemic ini memberikan dampak kepada pendidik yang mengharuskan untuk dapat menggunakan media digital dalam memberikan materi pembelajaran dengan maksimal agar tujuan belajar dapat tercapai dengan baik, khususnya pada jenjang PAUD dimana Sebagian besar siswanya sulit fokus dan mudah terdistract ketika menggunakan gawai dalam belajar.

Pembelajaran daring merupakan pemanfaatan jaringan internet dalam proses pembelajaran, dengna adanya pembelajaran daring ini siswa memiliki keleluasaan belajar yang fleksibel, keleluasaan waktu belajar seperti dapat belajar kapanpun dan dimanapun.  

Pembelajaran daring ini merupakan suatu inovasi dalam pendidikan yang menjadi solusi atas permasalahan pendidikan saat ini dan sekaligus memberikan sumber belajar yang dapat diakses kapanpun. 

Pembelajaran dalam jaringan dapat menggunakan teknologi digital seperti menggunakan video pembelajaran, google classroom, zoom, google meet, video conference, whatsapp, line dan media lainnya tentu saja dalam pelaksanaannya pembelajaran daring harus disesuaikan dengan kesiapan dan kemampuan masing-masing Lembaga.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Pembelajaran yang dilaksanakan pada jenjang PAUD pun menggunakan pembelajaran jarak jauh yang disebut dengan BDR atau belajar dari rumah dimana pada proses BDR ini para guru harus membuat video pembelajaran yang harus disesuaikan dengan silabus, ketika kami berdiskusi bersama guru ternyata didapatkan berbagai permasalahan yang terjadi seperti sulitnya menggunakan aplikasi video editing ataupun sulitnya mengkonversi silabus yang dirancang untuk melaksanakan pembelajaran offline menjadi pembelajaran online, keterbatasan perangkat yang digunakan dan lain sebagainya.

Kondisi seperti ini mengharuskan seluruh stakeholders untuk dapat berkolaborasi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, peran orang tua pun disini sangat penting untuk mengarahkan, mendampingi dan memberikan instruksi yang jelas bagi anak agar tercapai tujuan-tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. 

Sejauh ini dari video pembelajaran yang sudah dibuat, feedback yang diberikan siswa cukup positif karena orang tua diwajibkan untuk memberikan bukti bahwa anak sudah menonton video yang telah dibuat oleh para guru.

Para pendidik di TAAM Happy Kids pun mulai terbiasa akan pembuatan video pembelajaran dan memberikan dampak pada kompetensi guru dalam pembuatan media pembelajaran yang interaktif. Pembelajaran daring dengan menggunakan media pembelajaran berbentuk video ini memberikan dampak yang baik, karena siswa tidak mudah bosan dan jenuh ketika menonton video pembelajaran karena didalamnya terdapat animasi yang menarik dan mudah diterima oleh anak.

Program KKN Tematik UPI yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat berkontribusi dalam mengabdi kepada Lembaga pendidikan untuk dapat membantu mengatasi permasalahan dan memberikan inovasi dalam pembelajaran, kehadiran mahasiswa pun dirasa sangat membantu khususnya pada metode dan model pembelajaran yang baru serta proses pembuatan media pembelajaran interakif dengan bentuk Video Pembelajaran yang disesuaikan dengan silabus atau program tahunan dari TAAM Happy Kids, hasil dari pembuatan video pembelajaran diupload pada laman YouTube agar video dapat diakses kapanpun dan dimanapun.  

Pada kondisi saat ini khususnya di Era Pandemic Covid-19, penggunaan video pembelajaran menjadi Langkah konkrit dalam mengatasi permasalahan dalam belajar jarak jauh atau pembelajaran daring.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun