Mohon tunggu...
M. Fauzan Zannurrain
M. Fauzan Zannurrain Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menyukai hal-hal yang berbau infomatif

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

3M (Menjadikan Matematika Menyenangkan) dengan Melampaui Angka & Rumus: Inovasi Kurikulum Pendidikan

6 Juli 2023   02:22 Diperbarui: 6 Juli 2023   02:56 344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://pixabay.com/id/illustrations/tanda-tanya-pemberitahuan-pria-460868/

TEKS OPINI

Oleh M. Fauzan Zannurrain

Matematika sering dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan oleh sebagian besar siswa, kebanyakan dari mereka juga merasa terintimidasi oleh angka dan rumus yang rumit dan kompleks, serta kehilangan minat dan motivasi untuk belajar matematika, matematika juga sering dipandang sebagai mata pelajaran yang kaku dan terbatas hanya pada angka dan rumus. Namun, perlu bagi kita untuk melampaui pandangan ini dan mengembangkan kreativitas dalam belajar matematika, melalui inovasi dalam kurikulum pendidikan, kita bisa menciptakan ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi sisi kreatif matematika.

Salah satu inovasi penting dalam kurikulum matematika adalah memperkenalkan pendekatan yang mendorong siswa untuk berpikir "out of the box" dan mencari solusi inovatif, matematika sebenarnya adalah mata pelajaran yang memungkinkan untuk berpikir kreatif, di luar angka dan rumus ada ruang untuk eksplorasi, pemodelan, dan penemuan. Dengan mengajarkan siswa untuk melihat matematika sebagai alat yang kuat untuk menciptakan dan mengeksplorasi ide-ide baru, kita dapat membantu mereka mengembangkan kreativitas yang berharga dalam memecahkan masalah matematika.

Selain itu, penggunaan media dan alat peraga maupun visual dalam pembelajaran matematika dapat menjadi inovasi yang mendorong kreativitas. Misalnya, menggunakan grafik, diagram, dan gambar visual lainnya dapat membantu siswa memvisualisasikan konsep matematika dengan lebih jelas. Penggunaan manipulatif matematika, seperti blok bangun atau manipulatif geometri, juga dapat memungkinkan siswa untuk menjelajahi konsep matematika secara kinestetik, yang dapat membangkitkan rasa ingin tahu (curiosity) dan kreativitas mereka.

Selain itu, mendukung siswa untuk menemukan berbagai pendekatan yang berbeda dalam memecahkan masalah matematika adalah inovasi penting, mengajarkan kepada mereka bahwa tidak hanya ada satu cara "benar" untuk menyelesaikan masalah matematika, bisa mendorong mereka untuk berpikir secara kreatif dan eksploratif. Mendorong untuk melakukan diskusi kelompok, kolaborasi, dan berbagi strategi pemecahan masalah dapat membuka pintu bagi ide-ide baru dan pendekatan yang inovatif. 

Dalam melaksanakan inovasi ini, peran guru sangatlah penting, guru harus bisa menjadi fasilitator dalam mendorong siswa berpikir kreatif, mengeksplorasi konsep matematika, dan menemukan solusi inovatif. Dengan dukungan guru dan umpan balik yang positif bisa meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menggunakan kreativitas mereka dalam belajar matematika.

Dengan melakukan inovasi pada kurikulum matematika kita bisa mengubah cara pandang siswa terhadap matematika menjadi lebih dinamis dan kreatif, memperkenalkan unsur kreatif ke dalam pelajaran matematika akan membantu siswa melihat keindahan dan kompleksitas mata pelajaran matematika, siswa akan merasa bahwa matematika bukan hanya aturan dan rumus yang harus diikuti, tetapi merupakan sebuah eksplorasi yang mendorong kreativitas dan imajinasi. Dengan mengembangkan keterampilan kreatif dalam matematika, siswa menjadi pemikir yang lebih inovatif, mampu melihat hubungan yang kompleks dan menemukan solusi unik untuk situasi yang berbeda.

Selain itu, mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran matematika akan bermanfaat bagi siswa dalam jangka panjang, kemampuan berpikir kreatif dan menemukan solusi baru untuk masalah matematika juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan di banyak bidang lainnya. Kreativitas adalah keterampilan yang berharga dalam dunia yang selalu berkembang dan menantang.

https://pixabay.com/id/illustrations/dewasa-tanda-panah-cantik-tubuh-1426379/
https://pixabay.com/id/illustrations/dewasa-tanda-panah-cantik-tubuh-1426379/

Mengubah persepsi siswa terhadap matematika dan menjadikannya subjek yang menyenangkan bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan inovasi dalam kurikulum pendidikan matematika hal ini menjadi mungkin, dengan memperkenalkan inovasi dalam kurikulum pendidikan matematika yang mengedepankan kreativitas, kita dapat memperluas pandangan siswa tentang matematika dan mengubah persepsi mereka menjadi matematika menyenangkan. 

Matematika bukanlah batasan, tetapi sebuah petualangan intelektual yang penuh dengan keindahan dan tantangan. Dengan membawa kreativitas ke dalam pembelajaran matematika, kita membuka pintu bagi potensi tak terbatas serta menanamkan siswa untuk menjelajahi dunia matematika dengan cara yang baru dan menarik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun