Mohon tunggu...
Muhamad Faliq Ramadan
Muhamad Faliq Ramadan Mohon Tunggu... Konsultan - Railway Business Development - Master in Tourism and Business

Saya hadir untuk terlibat dengan rasionalitas dalam percakapan publik. Sebab kebenaran hadir dengan dipercakapkan, dan ia tidak dilakukan sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Mobility as A Service (MaaS-Layanan Transportasi Berbasis Kebutuhan)

11 Oktober 2022   13:42 Diperbarui: 11 Oktober 2022   13:54 3576
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Model MaaS dari sudut pandang perbandingan dengan model yang lain. Sumber gambar: Muhamad Faliq

Paradigma di balik MaaS adalah menempatkan pengguna pada inti layanan transportasi. Menawarkan solusi mobilitas yang dihadirkan khusus berdasarkan kebutuhan individu. Ini berarti, untuk pertama kalinya, seluruh moda transportasi yang dipilih beserta pembayarannya berada dalam 1 langkah mudah  (bukan beberapa tiket dan operasi pembayaran).


MaaS memadukan berbagai jenis transportasi dan layanan yang terkait transportasi ke dalam satu layanan tunggal, komprehensif, dan sesuai permintaan.

Untuk memenuhi permintaan pelanggan, operator MaaS menyelenggarakan beragam menu pilihan transportasi, termasuk (tetapi tidak terbatas pada) transportasi umum, mode berjalan kaki dan bersepeda, berbagi tumpangan/mobil/sepeda, taksi, dan rental atau sewa mobil, atau kombinasinya.

MaaS bertujuan untuk menyederhanakan cara publik melakukan pergerakan dengan memaksimalkan sumber daya yang ada, sehingga tuntutan kebutuhan masyarakat tidak bertolak belakang dengan keterbatasan lingkungan.

Seperti contoh di Perancis, kita ambil contoh satu Aglomerasi bernama La rochelle, yang berpopulasi 78.537 saat tulisan ini dibuat. Kita akan membayangkan diri kita sebagai sebagai seorang pelancong yang bermasa tinggal 1 minggu atau 1 bulan  atau membayangkan sebagai penduduk asli setempat.


Baik sebagai pelancong atau sebagai penduduk asli, kita akan memiliki pilihan paket MaaS dan mendaftar dengan jangka waktu 1 bulan atau 1 tahun. setelah kita memilih, dalam contoh ini, kita berlangganan selama 1 bulan. Dalam 1 bulan tersebut kita bebas memilih antara sepeda, bus, mobil dan perahu (sejak La Rochelle adalah kota pesisir maka transportasi laut menjadi pilihan).

Sebagai pelancong yang mengawali hari dengan keluar dari tempat menginap untuk berjalan-jalan di pusat kota dengan berjalan kaki, hal ini dimungkinkan sebab radius pusat kota adalah kurang lebih 1-2 kilometer.

Saat akan mencapai tempat yang lebih jauh maka kita berganti dengan sepeda yang terparkir di setiap halte di beberapa titik di kota. Namun selalu ada destinasi yang jaraknya tidak selalu dekat, maka bus menjadi pilihan untuk dapat mengunjunginya.

Namun sebagai pelancong kita biasanya membawa banyak oleh oleh dari sebuah destinasi Pariwisata, tidak jarang pula sebagai seorang backpacker, membeli kebutuhan untuk memasak dari suatu pasar atau swalayan adalah pilihan.

Maka untuk pulang ke tempat kita menginap, kita membutuhkan mobil untuk fleksibilitas, mengingat di depan tempat tinggal kita jauh dari halte bus dan kita membawa banyak barang.

Kita akhirnya menggunakan mobil yang terparkir di dalam kawasan wisata tempat kita berkeliling, menggunakannya untuk pulang dan memarkirkannya kembali di halte tidak jauh dari tempat tinggal.

Semua moda tersebut dapat diakses hanya dengan SATU kartu dan SATU kali pembayaran karena kita memilih paket 1 bulan, sebagai pelancong, tanpa jaminan dan kekhawatiran jika terjadi sesuatu.

Bagi kasus penduduk setempat, boleh jadi agak berlainan sebab mereka berpikir untuk garasi, perawatan, pajak, dan asuransi untuk memiliki sebuah mobil. Maka MaaS menjadi solusi nyata menjawab persoalan mobilitas publik, hanya saja untuk durasi berlangganan biasanya penduduk asli yang bekerja di kota yang sama akan memilih paket yang berdurasi satu tahun, dengan biaya sekitar 7-9 juta / tahun.

Ekosistem MaaS. Sumber gambar: Muhamad Faliq
Ekosistem MaaS. Sumber gambar: Muhamad Faliq

Alih alih membayar angsuran mobil senilai 2-3 juta / bulan, perawatan 2-3 juta / tahun, asuransi sekitar 300 ribu / bulan, maka kita akan mendapati biaya pertahun untuk kepemilikan mobil pribadi sekitar 40 juta rupiah, tentu paket berlangganan dengan harga 7-9 juta seolah-olah seperti hadiah.

Masa depan transportasi adalah MaaS. Populasi rakyat Indonesia dan dunia terus bertumbuh secara eksponensial dalam beberapa dekade ke belakang, dan menunjukan pertumbuhan di masa mendatang, namun planet ini tetap, maka untuk tetap dapat beradaptasi dibutuhkan upaya bertransportasi yang inklusif, berkelanjutan dan egaliter.

Implementasinya di kota-kota besar di Indonesia hanya masalah waktu, Indonesia sedang berbenah. Saat menunggu waktu itu tiba, konsep yang bagaimana yang selaras dengan karakter sosio-kultural di Indonesia ?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun