Mohon tunggu...
Pendidikan

Mengapa Pembelajaran yang Dipersonalisasi Harus Masuk ke Perkuliahan

8 Mei 2019   22:59 Diperbarui: 8 Mei 2019   23:44 1024
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Personalisasi Pembelajaran mengacu pada pembelajaran instruksional yang lebih berfokus pada kebutuhan setiap siswa daripada tingkat kelas mereka. Berbeda dengan model tradisional yang berpusat pada guru di mana seorang pendidik tunggal mengajar semua siswa dengan cara yang sama dalam satu kelas yang ketat.

Sebaliknya, pembelajaran yang dipersonalisasi membangun strategi dan pendekatan terbaik dan efektif untuk keterampilan dan pemahaman unik setiap siswa terhadap arah pembelajaran. Dengan demikian dibutuhkan ulasan mendalam tentang minat setiap siswa dan cara belajar yang mereka sukai sebelum menyelam lebih dalam untuk membimbing mereka.

Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk memaksimalkan kompetensi diri siswa dalam jalur pembelajaran mereka sendiri; ini, bagaimanapun, tidak dimaksudkan sebagai tujuan akhir tetapi lebih sebagai sarana untuk mengantarkan siswa ke kehidupan yang lebih baik baik dalam kehidupan akademis atau setelah sekolah.

Banyak institusi pendidikan telah menerapkan metode ini di setiap ruang kelas dan membuktikan keefektifannya, sementara beberapa yang lain masih berjuang untuk menghadapi berbagai masalah dalam menerapkan metode ini.

Namun, sebagian besar sekolah menganggap pembelajaran yang dipersonalisasi sebagai terobosan sistem pendidikan dan telah menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kinerja dan prestasi siswa baik selama kelas atau setelah lulus. Selain itu, muncul pertanyaan lain "apakah pembelajaran yang dipersonalisasi cocok untuk pendidikan tinggi seperti perguruan tinggi?" Ada beberapa alasan mengapa belajar dipersonalisasi juga harus pindah ke tingkat universitas.

gstatic.com
gstatic.com
1. Personalisasi Pembelajaran melayani berbagai gaya belajar

Setiap siswa memiliki cara unik yang berbeda untuk memahami materi yang diajarkan kepada mereka, beberapa lebih suka pendekatan visual, beberapa memahami lebih baik melalui pendengaran, beberapa lebih suka menganalisis dan membaca. Metode lama, bagaimanapun, melayani mereka dengan gaya belajar tunggal yang mencakup semua dalam satu kelas besar, beberapa siswa mungkin mengikuti dan beberapa lainnya mungkin tidak. Sebagai gantinya, pembelajaran yang dipersonalisasi menawarkan berbagai gaya untuk siswa dan memungkinkan mereka untuk memilih salah satu yang paling cocok untuk mereka.

2. Belajar Mandiri

Dalam metode tradisional, dosen memutuskan kecepatan pembelajaran yang harus ditindaklanjuti oleh siswa. Mereka harus berjuang untuk mengikuti kelas satu hingga ujian akhir dengan waktu terbatas yang ditentukan oleh silabus dan kurikulum. Hanya jika mereka lambat, mereka akan tertinggal. Namun, Pembelajaran yang Dipersonalisasi membantu mereka mengatur kecepatan terbaik untuk menguasai materi yang tidak dapat mereka ikuti.

3. Menilai pendekatan pribadi siswa

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada perbedaan dalam minat dan kebutuhan belajar siswa. Menilai dan meninjau perbedaan-perbedaan tersebut adalah salah satu poin utama pembelajaran yang dipersonalisasi. Dibutuhkan pendidik profesional untuk membantu siswa memperoleh pengetahuan mendasar agar dapat lebih memahami materi yang tidak mereka tangkap dan berpikir kritis tentang apa yang ingin mereka capai dengan gaya yang mereka sukai.

https://civitas.uns.ac.id
https://civitas.uns.ac.id
4. Teknologi Pendidikan yang Dapat Diakses Secara Luas

Dengan teknologi, setiap siswa dapat mengakses materi yang mereka butuhkan. Personalisasi Pembelajaran liar menggunakan teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran yang dapat mencakup genggaman setiap siswa.

5. Nilai dan Kesetaraan Moral adalah prinsip Pembelajaran yang Dipersonalisasi

Meskipun pembelajaran yang dipersonalisasi menunjukkan pada individu, itu tidak berarti bahwa pembelajaran yang dipersonalisasi tidak termasuk nilai moral di masyarakat dan masyarakat. Pembelajaran yang dipersonalisasi juga mendorong siswa untuk berkelompok dalam tim kecil dengan siswa lain untuk memecahkan masalah, sehingga siswa dapat memperoleh nilai moral dalam kelompok kecil itu dan kemudian di masyarakat ketika mereka berurusan dengan berbagai orang.

Kita dapat menemukan model ini di UIN MAULANA MALIK IBRAHIM Malang di mana nilai moral adalah prioritas utama ketika siswa melakukan tugas baik secara individu maupun dalam kelompok, menghadapi dosen dan rekan dengan orang lain dan bagaimana mereka memperlakukan mereka.

Kesetaraan juga merupakan prinsip utama pembelajaran yang dipersonalisasi. Model konvensional berfokus pada satu kurikulum ketat yang cocok untuk semua siswa tanpa memandang perbedaan latar belakang pengetahuan dan kemampuan siswa, sebagai gantinya, pembelajaran yang dipersonalisasi berusaha untuk memahami latar belakang unik mereka dalam belajar dan membantu mereka memaksimalkan kinerja mereka, dan dengan demikian menghilangkan kesenjangan antara mereka yang berkinerja baik dan mereka yang tertinggal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun