A. Pemetaan Aset / Sumber Daya Sekolah
Nama CGP Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : Â Â Meyliza Hermiyati, S.Pd.SD.,Gr.
Nama Sekolah          :   SD Negeri 1 Kotaguring
Nama Kepala Sekolah  :   Sugiyanto, MM.Pd.
1. Modal Manusia
- Sekolah terakreditasi A
- Pengawas Sekolah kualifikasi S2
- Kepala Sekolah kualifikasi S2
- Tenaga Pendidik sejumlah 11 guru dengan kualifikasi S1 dan 1 guru kualifikasi S2
- Terdapat staf TU sejumlah 1 orang dengan kualifikasi SI
- Komite serta penjaga sekolah sejumlah 1 orang yang mendukung kemajuan sekolah
- Kepala desa, aparat Pemerintahan dan masyarakat sekitar
- Orang tua/wali murid
- Murid dari 10 kelas (rombel) sejumlah 232 peserta didik
2. Modal Sosial
- Peraturan Sekolah/Tata Tertib Sekolah
- Kelompok Kerja Guru (KKG)
- Komunitas Praktisi Sekolah (Spentig Cerdas)
- Paguyuban Wali Murid
3. Modal Fisik
- Bangunan :
- Gedung sekolah yang permanen, Ruang Kepala Sekolah, ruang guru, ruang kelas, musholla, perpustakaan, toilet guru, toilet siswa, halaman, lapangan upacara/olahraga, taman sekolah dan tempat parkir.
- Infrastruktur :
- Air bersih, kipas angin, alat peraga, meja - kursi, rak buku, laptop, proyektor, lemari penyimpanan berkas (locker), printer, jaringan listrik dan sound system.
4. Â Modal Lingkungan/Alam
SD Negeri 1 Kotaguring yang berada di kaki gunung Rajabasa dan daerah pesisir pantai yang memiliki banyak tempat wisata dimana hasil alam (batu koral) bisa dimanfaatkan untuk keindahan taman sekolah.
- Perkebunan dan pertanian
- Pesisir pantai sebagai tempat wisata dan sumber meta pencaharian nelayan
- Halaman  dan taman sekolah
5. Modal Finansial
- Dana Bos
- Program PIP bagi murid yang kurang mampu
- Infaq dari peserta didik yang mampu mendirikan mushalla dan perlengkapan alat shalat
6. Modal Politik
Modal politik adalah ukuran keterlibatan sosial. Semua lapisan atau kelompok memiliki peluang atau kesempatan yang sama dalam kepemimpinan, serta memiliki suara dalam masalah umum yang terjadi dalam komunitas, yaitu:
- Rapat rutin yang diadakan sekali dalam sebulan
- Dinas setempat yang proaktif terhadap sekolah
- kegiatan kesehatan bagi peserta didik dan vaksinasi oleh Puskesmas setempat.
7. Modal Agama dan  Budaya
- Sholat Dhuha berjama'ah di musholla sekolah (sholat dzuhur jika normal)
- Merayakan hari besar agama dengan pawai keliling kampung jika kondisi normal
- Budaya berbagi sumbangan sukarela untuk teman yang sakit atau membutuhkan
- TPA dan TPQ yang lokasinya dekat dengan sekolah
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H