Mohon tunggu...
Lyfe

Cara Mudah Ketahui Teknik Penulisan Konten Digital Berbasis SEO

27 Februari 2018   11:30 Diperbarui: 28 Februari 2018   08:57 666
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teknik penulisan Search Engine Optimization (SEO) perlu dpelajari agar konten tulisan penulis bisa mendatangkan lebih banyak pembaca darimana pun dan kapan pun.

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas mengenai Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO. Pada penasaran apakah itu SEO? Berikut penjelasan singkat terkait SEO.

Mungkin bagi beberapa orang yang bukan berasal dari kalangan perkuliahan dan pekerjaan masih sangat asing akan SEO ini sendiri. SEO adalah sebuah teknik untuk membuat website, artikel, atau blog yang dimiliki oleh seseorang atau perusahaan menjadi nomor satu atau berada di halaman pertama dalam sebuah mesin pencarian seperti Google, Bing,dan Yahoo.

Apabila seorang penulis konten digital telah menerapkan teknik yang terdapat di dalam search engine optimization , tentunya hal ini bisa mendatangkan keuntungan. Mulai dari banyaknya pengunjung yang mengunjungi situs Web yang kita miliki dan bisa meningkatkan penjualan bagi Website yang melakukan transaksi jual beli secara online seperti perusahaan start-up, yaitu Lazada, Tokopedia, dan lain-lain. Selain itu, meningkatnya daya saing pun tidak terelakkan. Semakin tinggi pengunjung, semakin meningkat pula daya saing sebuah Website.

Oleh karena itu, pada tulisan kali ini, penulis akan membahas mengenai "bagaimana sih menulis konten digital sesuai dengan prinsip SEO?". Berikut uraian teknik penulisan konten digital berdasarkan SEO :

Basic URL Best Practices Are Still King

Pada teknik pertama ini, penulis konten yang akan menerapkan SEO dalam tulisan ataupun Website-nya harus memastikan bahwa websitenya bisa dirayapi atau dijangkau secara mudah oleh siapapun. Caranya yaitu dengan menggunakan kata kunci di URL saat pemberian nama halaman. Kata kunci adalah hal mendasar yang harus dipikirkan agar pengunjung atau pencari informasi di mesin pencari bisa menemukan Website Anda secara mudah.

High Quality, Validated HTML, and CSS Coding

Kualitas tinggi, kode HTML dan CSS coding yang divalidasi harus selalu menjadi hasil akhir dari pengembangan situs Anda. Jika situs pesaing Anda dalam analisis pesaing tidak memiliki validasi atau pengkodean berkualitas tinggi dalam kerangka kerja mereka, maka Anda memiliki atribut yang dapat Anda gunakan untuk melawannya. Pastikan pengkodean dan kecepatan halaman Anda jauh lebih baik daripada semuanya di semua bidang: kode yang dioptimalkan bisa mempermudah pencarian dan mempersingkat waktu pencarian.

Locally-Optimized Title Tags, Meta Descriptions, And Urls

tangkapan layar google
tangkapan layar google
Pada bagian ini dijelaskan, bahwa penting setiap situs yang dioptimalkan secara lokal harus memuat title tags, meta descriptiomdan URL yang terfokus secara lokal. Apa arti fokus lokal? Ini berarti, jika Anda mencoba untuk mengoptimalkan frasa kata kunci seperti "3 Mobil terlibat kecelakaan di Tol Jagorawi", Anda harus menggunakan nama kota ini dalam kata kunci target Anda. Contohnya pada gambar di atas, bisa dilihat judulnya merangkum kata kunci bahwa terjadi kecelakaan dan deskripsi singkat (kecelakaan beruntun yang...) pada bagian bawah mengenai berita yang akan dibahas, kemudian dilengkapi dengan nama tempat (Bogor) dimana kejadian tersebut terjadi. Tidak lupa diikuti dengan URL dari berita tersebut agar bisa ditemukan secara cepat, tepat dan mudah. 

Start With Locally Focused Versions Of Keywords Your Clients Are Actually Looking For

Kata kunci dan relevansi antara topik dan konten adalah faktor penting untuk memastikan optimasi on-page Anda tepat sasaran dan sepenuhnya optimal. Ketika Anda melakukan penelitian kata kunci, Anda mencari kata kunci yang memiliki volume pencarian yang baik (di atas 70% atau lebih pencarian rata-rata per bulan adalah jumlah yang baik), persaingan yang lebih rendah, dan kata kunci yang bertarget. Salah satu contohnya seperti pada gambar pada pembahasan sebelumnya, tidak mungkin pembuat konten hanya akan menuliskan "3 Mobil Kecelakaan", namun penulis pasti akan menambahkan fokus lokal pada berita yang ditulis, agar lebih mudah untuk dicari dan spesifik, yaitu menjadi "3 Mobil Kecelakaan di Tol Jagorawi, Satu Orang Tewas".

Create Content That Will Entice Searches and Bring Traffic To Your Site

Setelah memastikan bahwa kata kunci yang dipilih merupakan kata kunci yang memiliki volume pencarian terbesar, Anda mulai memiliki ide dan rencana topik dengan sasaran yang telah ditetapkan untuk membuat artikel. Anda dapat mulai benar-benar mendorong kinerja SEO lokal melalui jenis frasa kata kunci ini, artinya Anda harus bisa benar-benar membuat konten yang sesuai dengan pemilihan kata kunci, agar lebih banyak lagi pengunjung situs dan mempercayai tulisan di dalam Website Anda. Akhirnya hal ini pun akan berpengaruh pada peningkatan peringkat pencarian terhadap Website yang Anda miliki. 

Avoid Wikipedia Type-Content

Pada prinsip yang satu ini, Anda diingatkan untuk tidak membuat konten tulisan di Website Anda dengan hanya sekedar istilahnya "mencomot" tulisan orang lain, kemudian diterapkan pada tulisan dan hanya mengubah sedikit dari kata-kata yang ada. Apabila Website atau Blog melakukan hal ini, maka hal ini hanya akan membuat konten Anda menjadi tidak kredibel dan terkesan hanya menjiplak tulisan orang lain. Walaupun memang saat ini, Wikipedia selalu menempati posisi teratas dalam mesin pencarian, namun kredibilitas pun tetap perlu dipertanggungjawabkan. Kuncinya adalah menyesuaikan konten Anda dengan fokus lokal dan topikal yang tepat dan ciptakan pengalaman berkualitas tinggi bagi pengguna yang mencari topik ini.

Create Unique Content Per Page, and Per Site

Sangat mudah terjerumus dalam membuat konten yang sama per halaman, dan konten yang sama dari satu situs ke situs lainnya. Saat membuat konten, penting untuk diketahui, bahwa konten dari halaman ke halaman haruslah berbeda dan memberikan nilai unik. Jangan hanya membuat konten yang hambar dan tidak menarik dimana satu-satunya hal yang Anda ubah dari satu halaman ke halaman adalah frase kata kunci lokal. Itu tidak lagi akan bekerja sebagai strategi konten yang bagus.

Nah, kira-kira begitu beberapa prinsip penulisan konten digital berbasis SEO yang saya pilih karena penting untuk diperhatikan dari Search Engine Journal. Semoga artikel ini bisa semakin memudahkan Anda yang hendak membuat Website ataupun tulisan lainnya. Selamat menerapkan dan semoga beruntung.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun