Teknik penulisan Search Engine Optimization (SEO) perlu dpelajari agar konten tulisan penulis bisa mendatangkan lebih banyak pembaca darimana pun dan kapan pun.
Pada tulisan kali ini, saya akan membahas mengenai Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO. Pada penasaran apakah itu SEO? Berikut penjelasan singkat terkait SEO.
Mungkin bagi beberapa orang yang bukan berasal dari kalangan perkuliahan dan pekerjaan masih sangat asing akan SEO ini sendiri. SEO adalah sebuah teknik untuk membuat website, artikel, atau blog yang dimiliki oleh seseorang atau perusahaan menjadi nomor satu atau berada di halaman pertama dalam sebuah mesin pencarian seperti Google, Bing,dan Yahoo.
Apabila seorang penulis konten digital telah menerapkan teknik yang terdapat di dalam search engine optimization , tentunya hal ini bisa mendatangkan keuntungan. Mulai dari banyaknya pengunjung yang mengunjungi situs Web yang kita miliki dan bisa meningkatkan penjualan bagi Website yang melakukan transaksi jual beli secara online seperti perusahaan start-up, yaitu Lazada, Tokopedia, dan lain-lain. Selain itu, meningkatnya daya saing pun tidak terelakkan. Semakin tinggi pengunjung, semakin meningkat pula daya saing sebuah Website.
Oleh karena itu, pada tulisan kali ini, penulis akan membahas mengenai "bagaimana sih menulis konten digital sesuai dengan prinsip SEO?". Berikut uraian teknik penulisan konten digital berdasarkan SEO :
Basic URL Best Practices Are Still King
Pada teknik pertama ini, penulis konten yang akan menerapkan SEO dalam tulisan ataupun Website-nya harus memastikan bahwa websitenya bisa dirayapi atau dijangkau secara mudah oleh siapapun. Caranya yaitu dengan menggunakan kata kunci di URL saat pemberian nama halaman. Kata kunci adalah hal mendasar yang harus dipikirkan agar pengunjung atau pencari informasi di mesin pencari bisa menemukan Website Anda secara mudah.
High Quality, Validated HTML, and CSS Coding
Kualitas tinggi, kode HTML dan CSS coding yang divalidasi harus selalu menjadi hasil akhir dari pengembangan situs Anda. Jika situs pesaing Anda dalam analisis pesaing tidak memiliki validasi atau pengkodean berkualitas tinggi dalam kerangka kerja mereka, maka Anda memiliki atribut yang dapat Anda gunakan untuk melawannya. Pastikan pengkodean dan kecepatan halaman Anda jauh lebih baik daripada semuanya di semua bidang: kode yang dioptimalkan bisa mempermudah pencarian dan mempersingkat waktu pencarian.
Locally-Optimized Title Tags, Meta Descriptions, And Urls