Mohon tunggu...
Meuthia Alifia Kadi
Meuthia Alifia Kadi Mohon Tunggu... Freelancer - Interest in Marketing Field

Undergraduate Business Administration Student at Universitas Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Money

Lesson Learned Gonees.id oleh Meuthia AK

25 Mei 2019   18:50 Diperbarui: 25 Mei 2019   18:54 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Setelah dilakukannya business exhibition (diselenggarakan di Gedung M FIA UI Depok pada 24-25 April 2019) dan Alley Market (diselenggarakan di D'Mall Lantai 3 pada 26-28 April 2019), berikut terdapat lesson learned dari Gonees.id, diawali dengan tahap persiapan, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan. Selain pembahasan mengenai ketiga tahapan tersebut juga ada analisis mengenai kesesuaian antara implementasi dan ekspektasi, serta target dan bukti realisasi penjualan.

  1. Analisis Tahapan

1. Analisis tahap persiapan

- Menyiapkan dan membeli semua bahan produksi, merancang variasi model produk Gonees.id dan memproduksinya di vendor (penjahit)

- Melakukan contact kepada vendor Gonees.id untuk pengambilan produk, setelah itu dilakukan pendistribusian produk dari vendor menuju venue exhibition dan Alley Market

- Salah satu tim Gonees.id melakukan briefing dengan panitia Alley Setelah melakukan briefing, orang tersebut melakukan sounding atas hasil briefing kepada tim Gonees.id dan mulai memberi daftar list terkait dengan apa yang perlu dibutuhkan sebelum Alley. Setelah itu dilakukan pembagian tugas terkait dengan pendistribusian ke venue exhibition dan Alley

- Menyiapkan dan mengecek kelengkapan seluruh faktor pendukung. Setelah mengecek, ternyata terdapat kekurangan barang-barang pendukung sehingga perlu untuk dibeli seperti kebutuhan dekorasi dan lainnya.

- Membeli barang-barang pendukung yang dibutuhkan untuk keperluan exhibition dan Alley Market seperti dalam bidang pemasaran terdiri dari pembuatan x banner beserta brosur dan atau flyer, bidang operasional terdiri dari kebutuhan dekorasi, tiang penggantung pakaian, tikar, stop kontak, taplak meja, ATK, kaca, manekin, gantungan pakaian untuk menggantung produk-produk Gonees.id serta barang lainnya yang menjadi penunjang berjalannya exhibition dan Alley.

- Memilih lokasi exhibition di FIA UI yang strategis, kemudian menata barang barang keperluan dan produk Gonees.id pada saat sebelum pembukaan jam operasional exhibition dan Alley Market

2. Analisis tahap implementasi

  • Meningkatkan promosi penjualan untuk menarik perhatian pengunjung mall dan exhibition dengan membuat brosur tambahan dan mempromosikan Gonees.id melalui tim Gonees.id yang menggunakan produk Gonees.id sebagai brand ambassador, juga untuk menarik atensi pengunjung
  • Menawarkan produk dengan harga yang lebih murah dari harga awal, hal ini dilakukan karena menyesuaikan harga akibat penjualan masih sedikit
  • Mengelola media social untuk mempromosikan kehadiran Gonees.id di exhibition dan Alley Market 2019

3. Analisis tahap pasca implementasi

- Melaksanakan kegiatan after sales seperti memperpanjang dan membangun hubungan kepada pengunjung booth dan pembeli produk serta hubungan di media sosial dan marketplace, selain itu menjaring aspirasi seperti feedback dari pembeli maupun bagi yang tertarik dengan Gonees.id di media sosial

  1. Kesesuaian Implementasi
  1. Permasalahan

- Kurangnya kesiapan dalam segi keuangan, perlu pendalaman lebih mengenai pengelolaan keuangan

- Produk terjual dan pendapatan dari penjualan sedikit, masih jauh dari target realisasi dari penjualan yakni dari 18 produk hanya 8 produk terjual, hal ini akibat promosi yang kurang kuat, lokasi penempatan booth yang kurang strategis dan kurang adil serta segmentasi pasar Gonees.id kurang sesuai di Dmall dan M FIA UI hal ini menyebabkan kurangnya atensi dari pengunjung.

- Kurangnya persiapan

  1. Solusi

- Perlu pendalaman lebih mengenai pengelolaan keuangan

- Perlunya promosi yang kuat dan gencar kepada khalayak FIA UI, terutama pihak-pihak yang sedang berada di FIA UI (Exhibition FIA UI). Untuk Alley Market 2019, juga dibutuhkan penguatan terkait dengan pemasaran, khususnya dalam promosi, Gonees. Id telah membagikan brosur kepada pengunjung mall, namun lebih baik jika brosur diperbanyak dan strategi WOM lebih diperkuat. Selain itu, segmentasi kurang cocok, lebih baik Gonees.id melakukan exhibition di tempat orang-orang yang menyukai produk unik.

- Perlunya persiapan yang lebih matang dalam hal pengadaan barang, pengaturan jadwal (shitft) yang adil bagi penjaga booth agar lebih efektif

  1. Target dan Realisasi penjualan

Target dari Gonees.id pastinya seluruh produk terjual dengan total 18 produk dan dengan harga yang pada awalnya ditawarkan. Namun pada kenyataannya, produk terjual hanya 8 buah dan dengan harga promo (discount) hanya beberapa produk yang terjual dengan harga  pada awalnya yang sebenarnya. Adapun bukti realisasi penjualan sebagai berikut

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun