Banyak pihak meramalkan tahun 2023 akan terjadi depresi ekonomi. Menanggapi ramalan tersebut banyak yang sudah putus asa di awal, padahal tahun 2023 belum datang, dan depresi ekonomi tersebut belum tentu menjadi kenyataan.
Belajar dari banyak perusahaan dengan pertumbuhan tinggi, seperti Hewlett-Packard, Burger King, Hotel Hyatt, Microsoft, dan Airbnb. Mereka didirikan pada saat terjadinya kemerosotan ekonomi. Mereka juga bisa mencapai pertumbuhan yang mengesankan selama masa  penurunan ekonomi. Semua itu terjadi karena pemimpin mereka memilih pertumbuhan dengan mengembangkan pola pikir dan perilaku kepemimpinan yang tepat untuk mendukung pilihan tetap tumbuh meskipun di masa krisis.
Posisi alami mereka sebagai pemimpin adalah mencari peluang di mana pun peluang itu ada. Kebijakan mereka menetapkan strategi pertumbuhan untuk mengatasi semua jalur pertumbuhan yang tersedia memiliki kemungkinan 97 persen lebih besar untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan di kompetitornya.
Pertumbuhan holistik yang terdapat dalam blueprint mereka adalah mengaktifkan tiga jalur, yaitu: memperluas bisnis inti, berinovasi ke pasar baru dan kedekatan, dan dengan sengaja mengejar peluang untuk terobosan pertumbuhan melalui pembangunan bisnis baru atau merger dan akuisisi (M&A).
Pertumbuhan dimulai dari bisnis inti. Para pemimpin pertumbuhan memahami pentingnya mengoptimalkan bisnis inti mereka. Total pertumbuhan pendapatan, rata-rata 80% berasal dari bisnis inti. Untuk itu, mencapai keunggulan dalam operasi saat ini sangatlah penting. Â
Para pemimpin pertumbuhan, terlepas dari jenis industri, Â mendorong bisnis inti mereka melalui perpaduan pergeseran strategis ke kantong pertumbuhan yang lebih tinggi. Misalnya, mengalihkan bauran produk ke segmen dengan nilai pertumbuhan atau premium yang lebih tinggi dan saluran pertumbuhan yang lebih tinggi seperti e-commerce, inovasi produk inti dan layanan, serta peningkatan keunggulan eksekusi dalam kemampuan komersial mereka.
Hal yang sangat penting untuk bisnis inti adalah para pemimpin memiliki mindset berkembang. Pelaku pertumbuhan mengembangkan bisnis inti mereka, baik melalui produk utama, sektor, atau pasar lokal mereka. Pada kenyataannya, mereka dapat meningkatkan lintasan pertumbuhan mereka dengan memenangkan pasar lokal mereka terlebih dahulu. Berdasarkan penelitian McKinsey, kurang dari satu dari lima (<20%) perusahaan yang memiliki tingkat pertumbuhan di bawah rata-rata di wilayah lokal mereka berhasil mengungguli kinerja mereka.
Para pemimpin pertumbuhan memaksimalkan bisnis inti mereka melalui semua cara yang tersedia dengan berbagai strategi dan area fokus yang tepat. Hasilnya, Â mereka dua kali lebih mungkin mengidentifikasi kantong pertumbuhan dalam bisnis mereka yang sudah ada.
Memiliki bisnis inti yang kuat sangat penting. Para pemimpin yang berkinerja unggul membangun lebih dari itu untuk mencapai aspirasi pertumbuhan bisnis mereka. Bisnis yang berekspansi ke industri atau segmen yang berdekatan memiliki kemungkinan 20 persen lebih besar untuk mencapai pertumbuhan yang lebih besar daripada kompetior mereka yang merambah semua bisnis yang terkadang tidak ada kaitan dengan bisnis inti mereka.
Geografi baru dan industri yang berdekatan merupakan tempat yang jelas untuk mencari pertumbuhan. Pemimpin pertumbuhan dapat menyesuaikan penawaran mereka yang ada untuk melayani segmen pelanggan baru pada tempat yang baru dan industri yang berdekatan.