Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Tetap Semangat Membangun Pertumbuhan Bisnis di Tahun 2023

21 Desember 2022   08:32 Diperbarui: 21 Desember 2022   08:40 607
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: Distribusi pertumbuhan bisnis inti terhadap industri (File by Merza Gamal)

Banyak pihak meramalkan tahun 2023 akan terjadi depresi ekonomi. Menanggapi ramalan tersebut banyak yang sudah putus asa di awal, padahal tahun 2023 belum datang, dan depresi ekonomi tersebut belum tentu menjadi kenyataan.

Belajar dari banyak perusahaan dengan pertumbuhan tinggi, seperti Hewlett-Packard, Burger King, Hotel Hyatt, Microsoft, dan Airbnb. Mereka didirikan pada saat terjadinya kemerosotan ekonomi. Mereka juga bisa mencapai pertumbuhan yang mengesankan selama masa  penurunan ekonomi. Semua itu terjadi karena pemimpin mereka memilih pertumbuhan dengan mengembangkan pola pikir dan perilaku kepemimpinan yang tepat untuk mendukung pilihan tetap tumbuh meskipun di masa krisis.

Posisi alami mereka sebagai pemimpin adalah mencari peluang di mana pun peluang itu ada. Kebijakan mereka menetapkan strategi pertumbuhan untuk mengatasi semua jalur pertumbuhan yang tersedia memiliki kemungkinan 97 persen lebih besar untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan di kompetitornya.

Pertumbuhan holistik yang terdapat dalam blueprint mereka adalah mengaktifkan tiga jalur, yaitu: memperluas bisnis inti, berinovasi ke pasar baru dan kedekatan, dan dengan sengaja mengejar peluang untuk terobosan pertumbuhan melalui pembangunan bisnis baru atau merger dan akuisisi (M&A).

Pertumbuhan dimulai dari bisnis inti. Para pemimpin pertumbuhan memahami pentingnya mengoptimalkan bisnis inti mereka. Total pertumbuhan pendapatan, rata-rata 80% berasal dari bisnis inti. Untuk itu, mencapai keunggulan dalam operasi saat ini sangatlah penting.  

Para pemimpin pertumbuhan, terlepas dari jenis industri,  mendorong bisnis inti mereka melalui perpaduan pergeseran strategis ke kantong pertumbuhan yang lebih tinggi. Misalnya, mengalihkan bauran produk ke segmen dengan nilai pertumbuhan atau premium yang lebih tinggi dan saluran pertumbuhan yang lebih tinggi seperti e-commerce, inovasi produk inti dan layanan, serta peningkatan keunggulan eksekusi dalam kemampuan komersial mereka.

Hal yang sangat penting untuk bisnis inti adalah para pemimpin memiliki mindset berkembang. Pelaku pertumbuhan mengembangkan bisnis inti mereka, baik melalui produk utama, sektor, atau pasar lokal mereka. Pada kenyataannya, mereka dapat meningkatkan lintasan pertumbuhan mereka dengan memenangkan pasar lokal mereka terlebih dahulu. Berdasarkan penelitian McKinsey, kurang dari satu dari lima (<20%) perusahaan yang memiliki tingkat pertumbuhan di bawah rata-rata di wilayah lokal mereka berhasil mengungguli kinerja mereka.

Para pemimpin pertumbuhan memaksimalkan bisnis inti mereka melalui semua cara yang tersedia dengan berbagai strategi dan area fokus yang tepat. Hasilnya,  mereka dua kali lebih mungkin mengidentifikasi kantong pertumbuhan dalam bisnis mereka yang sudah ada.

Memiliki bisnis inti yang kuat sangat penting. Para pemimpin yang berkinerja unggul membangun lebih dari itu untuk mencapai aspirasi pertumbuhan bisnis mereka. Bisnis yang berekspansi ke industri atau segmen yang berdekatan memiliki kemungkinan 20 persen lebih besar untuk mencapai pertumbuhan yang lebih besar daripada kompetior mereka yang merambah semua bisnis yang terkadang tidak ada kaitan dengan bisnis inti mereka.

Geografi baru dan industri yang berdekatan merupakan tempat yang jelas untuk mencari pertumbuhan. Pemimpin pertumbuhan dapat menyesuaikan penawaran mereka yang ada untuk melayani segmen pelanggan baru pada tempat yang baru dan industri yang berdekatan.

Membuka gelombang pertumbuhan berikutnya melalui ekspansi di luar inti merupakan kebutuhan pemimpin pertumbuhan. Namun, memilih adjacencies (kedekatan dengan bisnis inti) terbaik sangat penting. Pemimpin pertumbuhan semakin memanfaatkan analitik lanjutan untuk mengidentifikasi peluang yang menjanjikan atau yang sebelumnya terlewatkan. Peluang tersebut dapat meningkatkan kompetensi inti dan memberikan peluang bagus untuk membangun posisi kepemimpinan yang kuat. Riset McKinsey menunjukkan bahwa bisnis yang memperluas adjacencies dengan kesamaan yang tinggi dengan inti mereka dan mengeksploitasi keunggulan kompetitif mereka yang unik lebih mungkin mengungguli pertumbuhan kompetitor secara menguntungkan.

Pemimpin yang berkinerja unggul menggunakan cetak biru (blueprint) pertumbuhan penuh untuk unggul dalam adjacencies. Mereka tetap fokus khusus pada strategi yang membangun kompetensi inti. Pemimpin unggul senantiasa menggunakan dan menyegarkan peta pertumbuhan untuk secara konsisten memunculkan peluang, untuk memahami mana yang paling dapat dicapai, dan menetapkan strategi pertumbuhan untuk menangkapnya. Mereka memilih di antara jalan yang berbeda untuk tumbuh secara berdampingan, seperti M&A atau pembangunan bisnis, dan mereka mengembangkan model operasi mereka untuk mendukung pilihan pertumbuhan bisnis.

Membangun ekosistem di sekitar kapabilitas dan aset inti mereka dan menyebarkan penawaran baru ke dalam produk atau pasar yang berdekatan dilakukan oleh pemimpin pertumbuhan saat ini. Tencent, misalnya, telah menjadi raksasa teknologi Asia dengan nilai sekitar $500 miliar melalui platform daringnya yang mencakup perpesanan, game, pembayaran, e-commerce, dan periklanan---selain mengembangkan aplikasi perpesanan sosial WeChat menjadi "aplikasi super" ekstensif. Penawaran ekosistem lengkap Tencent mencakup fintech, hiburan dan media, memanggil taksi, berbagi lokasi, dan banyak lagi, mendorong tingkat pertumbuhan tahunan gabungan pendapatan sebesar 28 persen selama dekade 2011 hingga 2021.

Tahun 2023 sudah di depan mata, dan ramalan banyak pakar bahwa akan terjadi depresi ekonomi 2023 apakah menjadi kenyataan? Menjadi nyata atau tidak jadi nyata, depresi ekonomi bukan alasan kita untuk mundur, tetapi tetaplah bertumbuh. Bisnis-bisnis yang sukses justru menunjukkan pertumbuhan mereka yang signifikan pada saat terjadi penurunan ekonomi, resesi, ataupun depresi. 

Seorang pelaut yang tangguh bukan orang-orang yang bermain perahu di telaga yang tenang, tetapi mereka berani mengarungi samudera yang penuh ombak dan gelombang serta memiliki strategi dalam menghadapi segala topan dan badai yang menggangu pelayaran mereka.

Terus Semangat!!!

Tetap Semangat...

Untuk mencapai kesuksesan dalam pertumbuhan yang gemilang...!!!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun