Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Membangun Bisnis Hijau untuk Menuju Net Zero 2050

30 Agustus 2022   07:46 Diperbarui: 30 Agustus 2022   07:50 540
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: Contoh Bisnis Hijau untuk Tanaman Pangan di Perkotaan 

Sebagaimana telah disampaikan pada tulisan sebelum, bahwa Net Zero adalah konsensus ilmiah internasional untuk mencegah kerusakan iklim terburuk, emisi bersih global karbon dioksida (CO2) yang disebabkan manusia perlu diturunkan hingga sekitar 45 persen dari tingkat tahun 2010 pada tahun 2030, dan mencapai nol bersih pada tahun 2050.

Dalam masa transisi menuju Net Zero 2050, telah muncul berbagai inovasi bisnis hijau di hampir setiap sektor, mulai dari transportasi (misalnya, Einride, Northvolt, Tesla) hingga nutrisi (misalnya, Beyond Meat, Impossible Foods). Beberapa perusahan eksisting juga berjuang untuk membangun bisnis hijau yang sukses. Ada tantangan praktis yang menahan mereka, seperti kesulitan menetaskan usaha baru yang gesit dalam struktur perusahaan yang lebih besar.

Dalam kasus lain, penghalangnya adalah kurangnya ambisi atau adanya keengganan untuk menciptakan bisnis baru yang mungkin menyalip atau mengganggu bisnis lama. Perusahaan eksiting juga dapat merasa sulit untuk memperhitungkan ketidakpastian, di bidang-bidang seperti teknologi, regulasi, dan permintaan, yang dapat mengelilingi pasar negara berkembang untuk penawaran hijau. Untuk alasan ini, mereka dapat kehilangan peluang untuk menciptakan values.

Seharusnya, perusahaan yang sudah mapan menyadari bahwa mereka dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi usaha in-house dibandingkan dengan start up independen. Berdasarkan pengalaman McKinsey,  keadaan tersebut terkait dengan masalah mengeksploitasi tiga sumber daya yang biasanya tidak dimiliki oleh star up, yakni: aset, kemampuan, dan hubungan.

  • Aset. Perusahaan yang sudah mapan dapat menggunakan neraca mereka untuk menyediakan modal usaha hijau. Mereka juga dapat berbagi aset nyata dan intelektual, mengurangi biaya awal usaha baru. Misalnya, Polestar, merek mobil listrik senilai lebih dari $20 miliar, membangun model pertamanya menggunakan platform mobil dan teknologi dari perusahaan induknya, Volvo Cars.
  • Kemampuan. Perusahaan yang sudah mapan memiliki talent, proses, layanan perusahaan, dan teknologi yang sering dibutuhkan oleh usaha baru. Misalnya, Hydro-Qubec, memanfaatkan keahlian teknis utilitas yang ada, pengetahuan mendalam tentang jaringan listrik, dan kemampuan rekayasa modal untuk mengembangkan Sirkuit Listrik, jaringan pengisian mobil listrik terbesar dan paling andal di Quebec.
  • Hubungan. Pemain lama dapat memberikan keunggulan bagi usaha baru dengan memberi mereka akses ke stakeholders penting, terutama pelanggan yang sudah ada. Dalam beberapa kasus, perusahaan induk itu sendiri dapat bertindak sebagai pelanggan untuk usaha baru dengan menyediakan permintaan yang tertahan. Mislanya, Mercedes-Benz Group dan Daimler Truck Holding telah mengumumkan rencana bersama untuk membangun pabrik daur ulang baterai yang akan memproses baterai akhir masa pakai dari mobil listrik yang mereka buat. Banyak perusahaan portofolio di Launchpad, cabang usaha energi bersih, menjual ke perusahaan induk. Hubungan perusahaan eksisting dengan pemasok, investor, mitra, dan regulator juga dapat bermanfaat bagi usaha hijau baru.

Sebagaimana pembahasan di atas, perusahaan dapat mengenakan harga premium untuk barang-barang seperti plastik daur ulang yang banyak diminati karena pelanggan lebih menyukai atribut keberlanjutannya. Beberapa perusahaan yang menjual produk dengan atribut keberlanjutan yang kuat---apakah bahan rendah karbon atau barang yang dibutuhkan untuk ketahanan dan adaptasi iklim---telah melihat penjualan mereka tumbuh 50 persen lebih cepat, atau lebih, daripada pesaing yang menjual penawaran konvensional.

Untuk menangkap peluang tersebut dan mengidentifikasi peluang lain yang mungkin muncul, bisnis harus mengembangkan pandangan tentang pasar untuk produk yang berkelanjutan. Dua pertimbangan menonjol sebagai sangat penting ketika mengukur kesediaan pelanggan untuk membayar premi ramah lingkungan: komitmen mereka untuk menurunkan emisi rantai pasokan dan potensi kewajiban pajak karbon mereka.

Image: Contoh Bisnis Hijau untuk Tanaman Pangan di Perkotaan 
Image: Contoh Bisnis Hijau untuk Tanaman Pangan di Perkotaan 

Untuk membebankan premi hijau, perusahaan juga harus membantu pelanggan memahami atribut hijau dari produk mereka dan nilai yang diberikan oleh atribut tersebut. Pelanggan sering kesulitan membedakan antara produk berkelanjutan dan produk ramah lingkungan, sehingga perusahaan harus menjelaskan atribut keberlanjutan produk mereka dengan istilah yang jelas dan akurat.

Pemimpin memberikan informasi yang transparan dan diverifikasi secara independen kepada pelanggan, termasuk deklarasi produk lingkungan  dan penilaian siklus hidup. Mereka juga berhati-hati untuk mengajari tim pemasaran dan penjualan cara mengomunikasikan informasi teknis dengan cara yang dapat dipahami pelanggan. Pencitraan merek yang cerdas dapat membantu perusahaan menjangkau pelanggan yang berpikiran berkelanjutan.

Beberapa perusahaan telah bergerak ke pasar yang tumbuh lebih cepat dan mengumpulkan premi hijau dengan mendekarbonisasi barang dan jasa mereka yang ada. Selain itu, perusahaan yang mendekarbonisasi operasi mereka dapat menciptakan nilai dengan cara lain juga.

Ketika perusahaan menggunakan disiplin keberlanjutan untuk membuat operasi mereka lebih efisien---baik dalam hal lingkungan dan keuangan---perusahaan dapat mencapai penghematan biaya yang memungkinkan mereka menurunkan harga dan mendapatkan pangsa pasar, meningkatkan keuntungan, atau menghasilkan dana untuk proyek keberlanjutan lainnya.

Image: Skenario Net Zero 2050  dalam Sitem Keuangan (File by Merza Gamal)
Image: Skenario Net Zero 2050  dalam Sitem Keuangan (File by Merza Gamal)

Dekarbonisasi seringkali memang membutuhkan pengeluaran modal di muka. Bisnis terkemuka memprioritaskan investasi dalam dekarbonisasi dan upaya keberlanjutan lainnya seperti yang mereka lakukan pada pengeluaran modal lainnya dengan mencari opsi yang paling ekonomis.

Dalam banyak kasus, perusahaan dapat meningkatkan keberlanjutan produk mereka dengan bekerja sama dengan pemasok. Itu karena energi, material, dan komponen menyumbang sebagian besar jejak Gas Rumah Kaca pada produk umumnya. Bagaimanapun, beralih ke input rendah emisi bisa menjadi rumit karena berbagai alasan. Kelangkaan merupakan salah satunya.

Seperti disebutkan di atas, permintaan plastik daur ulang sudah melebihi pasokan, dan hal yang sama berlaku untuk beberapa bahan rendah emisi lainnya. Misalnya, analisis McKinsey menunjukkan bahwa permintaan baja hijau datar di Eropa dapat melebihi pasokan hingga 50 persen pada tahun 2030. Untuk mengamankan pasokan hijau yang mereka butuhkan, perusahaan harus bergerak sekarang dan menandatangani kontrak jangka panjang. Perusahaan yang mencapai keamanan pasokan tidak hanya dapat memenuhi janji Net Zero mereka, tetapi juga membedakan diri mereka dari pesaing yang mengalami kekurangan dan sebagai akibatnya gagal memberikan penawaran rendah emisi.

Banyak perusahaan akan merasa tidak mungkin untuk melakukan dekarbonisasi sepenuhnyauntuk mencapai net zero tanpa terobosan di masa depan dalam teknologi atau transformasi portfolio produk dan operasi mereka.

Transisi net zero, bagaimanapun juga, adalah sebuah transisi, sebuah proses yang diperkirakan akan berlangsung selama hampir 30 tahun. Kenyataan ini seharusnya tidak menyurutkan perusahaan untuk memulai perubahan yang layak hari ini, karena keuntungan penggerak pertama yang tersedia sekarang terlalu besar untuk dilewatkan.

Komitmen dan tindakan pemerintah, investor, dan pelanggan telah mengalami transisi net zero. Seiring perkembangannya, ekonomi akan berubah, dan pasar baru yang luas untuk penawaran rendah emisi akan terbuka. Perusahaan yang mendekati transisi net-zero hanya sebagai sumber risiko potensial untuk bisnis mereka yang ada menghadapi risiko yang berbeda, yakni risiko gagal memanfaatkan Realokasi Hebat. Sebaliknya, tugas mereka harus mengantisipasi di mana pertumbuhan kemungkinan akan terjadi dan melakukan serangan, membuat langkah berani dalam mengejar peluang besar.

MERZA GAMAL 

  • Pengkaji Sosial Ekonomi Islami
  • Author of Change Management & Cultural Transformation
  • Former AVP Corporate Culture at Biggest Bank Syariah

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun