Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Pengalaman bersama IndiHome dalam Industri Perhotelan dan Hospitality

6 Juli 2022   20:35 Diperbarui: 6 Juli 2022   20:39 1349
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: Pengalaman Bersama IndiHome & Telkom Solution dalam Industri Perhotelan dan Hospitality (Photo by Merza Gamal)

Dalam industri pariwisata, perhotelan, dan hospitality, Teknologi Informasi telah memainkan peran penting selama dekade terakhir. 

Teknologi telah membantu mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan layanan dan pengalaman pelanggan. Sistem komunikasi, reservasi, dan layanan tamu yang meningkat karena teknolgi informasi menjadi manfaat yang lebih bagi pelanggan maupun bisnis.

Teknologi telah membantu industri pariwisata, perhotelan, dan rumahsakit (sebagai bagian dari jasa hospitality) menggantikan tenaga kerja manusia yang mahal dengan tenaga kerja teknologi. Selain itu, teknologi informasi juga membantu masalah layanan pelanggan.

Internet sebagai bagian penting teknologi informasi memiliki dampak yang sangat kuat pada industri perhotelan, pariwisata, dan hospitality. Pengalaman pertama pelanggan dengan bisnis Anda adalah kunjungan ke situs web Anda. Hal tersebut termasuk melihat gambar dan ulasan dari tamu sebelumnya. 

Sangat penting bagi bisnis untuk secara efektif memanfaatkan iklan online, media sosial, blog, dan pembelian online untuk membantu kenyamanan pelanggan mereka, terutama ketika pesaing Anda melakukan hal yang sama.

Telkom Indonesia merupakan perusahaan penyelenggara bisnis T.I.M.E.S (Telecommunication, Information, Media, Edutainment and Services) milik negara yang terbesar di Indonesia, yaitu sebuah portfolio bisnis yang lebih lengkap mengikuti tren perubahan bisnis global di masa datang. 

Telkom Indonesia tampaknya menyadari bahwa industri hospitality semakin berkembang seiring dengan tumbuhnya kebutuhan akomodasi di pusat pertumbuhan pariwisata dan bisnis.

Telkom Indonesia terlihat terus mengembangkan inovasi untuk meningkatkan value bisnis dari customer sehingga dapat memiliki daya saing yang tinggi. Dalam industri hospitality, ICT (Information & Communication Technology) menjadi salah satu nilai tambah Hotel di tengah pergeseran lifestyle kearah hyperconnected society. 

Solusi digital hotel dapat memberikan value added hotel dimata traveller melalui penyediaan internet kecepatan tinggi, interaktif TV, serta berbagai layanan digital yang menunjang pelayanan dan kegiatan operasional hotel.

Image: Pengalaman Bersama IndiHome & Telkom Solution dalam Layanan Hotel (Photo by Merza Gamal)
Image: Pengalaman Bersama IndiHome & Telkom Solution dalam Layanan Hotel (Photo by Merza Gamal)

Telkom Solution mampu memberikan solusi mulai dari basic layanan ICT untuk hospitality, seperti internet, TV dan telephone, sampai dengan layanan digital room dan property management system yang dapat meningkatkan value added service dari Hotel.

Dalam mendukung digitalisasi di industri perhotelan dan rumah sakit, Telkom menyediakan layanan IndiHome yang dapat dimanfaatkan oleh para pelanggan hotel dan rumah sakit sekaligus dengan penyediaan infrastruktur LAN di lokasi hotel dan rumah sakit yang bekerjasama dengan Telkom Solution.

IndiHome merupakan layanan digital menggunakan teknologi fiber optik yang menawarkan layanan triple play yang terdiri dari internet rumah (fixed broadband internet), telepon rumah (fixed phone) dan TV interaktif. 

Sejak resmi diluncurkan pada tahun 2015, IndiHome terus memberikan pelayanannya ke seluruh kawasan Indonesia menjangkau kota terdepan, terluar dan tertinggal dalam rangka membangun rumah berkonsep digital. 

Hingga saat ini layanan IndiHome sudah dapat menjangkau ke lebih dari 486 kabupaten dan kota  di seluruh indonesia dengan jumlah pelanggan IndiHome mencapai 6,5 juta.

Telkom Solution, termasuk fasilitas IndiHome sangat membantu penulis dalam beberapa bisnis keluarga yang ikut penulis kelola baik pada persiapan pendirian, pra operasional, maupun saat operasional.

Image: Pengalaman bersama IndiHome & Telkom Solution dalam layanan Rumahsakit (Photo by Merza Gamal)
Image: Pengalaman bersama IndiHome & Telkom Solution dalam layanan Rumahsakit (Photo by Merza Gamal)

Pada sebuah bisnis rumah sakit milik keluarga besar, untuk membangun sistem informasi rumah sakit kami bekerjasama dengan Telkom yang mampu meringankan pengelolaan rumah sakit mulai dari pendaftaran pasien hingga pasien selesai meninggalkan rumah sakit dan juga menyimpan dan mengelola data para pasien. 

Di samping itu, masalah operasional rumah sakit dari penyediaan obat-obatan hingga sinkronisasi peralatan kesehatan dapat dikelola dengan baik dengan layanan Telkom Solution yang terpadu dan holistik.

Dan tidak ketinggalan untuk fasilitas pasien selama di rumah sakit, juga tersedia layanan yang didukung oleh IndiHome mulai dari jaringan internet di seluruh ruangan dan kamar, sambungan telepon, hingga TV interaktif.

Demikian pula dengan bisnis perhotelan yang dimiliki oleh keluarga besar saya, IndiHome sangat membantu dengan tersedianya layanan internet berkualitas yang dapat dinikmati oleh para tamu dan pelanggan hotel mulai dari fasilitas wifi, sambungan telepon daei kamar, dan saluran TV interaktif.

Namun sedikit yang masih kami sayangkan dalam mendukung bisnis hospitality yang dimilliki oleh kerabat dan keluarga besar kami, yaitu untuk resort yang ada di kawasan Bunguran Timur, sekitar 10 km dari pusat kota Ranai-Natuna, belum dapat menikmati fasilitas internet dari IndiHome karena jaringan optiknya sampai saat ini belum sampai ke lokasi resort. 

Oleh karena itu dengan rasa terpaksa kami harus memakai provider lain yang tidak secanggih dan seprofesional IndiHome sebagai bagian dari Telkom Solution.

Image: Pengalaman bersama IndiHome & Telkom Solution dalam Layanan Rseort & Pariwisata (Photo by Mera Gamal)
Image: Pengalaman bersama IndiHome & Telkom Solution dalam Layanan Rseort & Pariwisata (Photo by Mera Gamal)

Selain untuk menunjang bisnis hospitality yang dimiliki oleh keluarga besar kami, penulis juga menggunakan fasilitas IndiHome untuk di rumah. 

IndiHome sangat membantu, terutama di masa pandemi, dimana sebagian aktivitas dilakukan secara online, baik bekerja, meeting, pertemuan keluarga online, atau pun menunjang kebutuhan belajar anak-anak saya selama sekolah online.

Sesuai dengan pengalaman kami baik dalam menjalankan bisnis keluarga besar atau pun untuk keperluan di rumah tangga, kami sangat merekomendasikan menggunakan IndiHome dan produk Telkom lainnya. Untuk layanan digital yang menyediakan Internet, Telepon Rumah dan TV Interaktif/IPTV, IndiHome adalah pilihan terbaik. 

Saat ini, jaringan IndiHome sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internet yang lebih baik bagi masyarakat dan ke depan akan mampu menutup semua celah yang belum terjangkau oleh layanan internet IndiHome.

MERZA GAMAL 

  • Pengkaji Sosial Ekonomi Islami
  • Author of Change Management & Cultural Transformation
  • Former AVP Corporate Culture at Biggest Bank Syariah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun