Penelitian transformasi terbaru McKinsey menunjukkan bahwa bagian terbesar dari kehilangan nilai terjadi selama implementasi. Apa yang bisa dilakukan pemimpin untuk mencegahnya?
Dalam survei global McKinsey terbaru, satu dari tiga responden mengatakan transformasi perusahaan mereka berhasil. Tingkat keberhasilan yang rendah ini tidak bergerak selama lebih dari satu dekade.
Apa yang membedakan transformasi yang berhasil dari yang lain? Analisis McKinsey menegaskan bahwa masih belum ada "peluru perak". Satu-satunya pembeda terbesar adalah jumlah upaya yang dilakukan dalam transformasi diukur dengan jumlah tindakan yang direkomendasikan yang diambil sepanjang siklus hidup transformasi.Â
Perusahaan yang mengambil pendekatan holistik dan menerapkan semua 24 tindakan transformasi memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk berhasil---78 persen dibandingkan dengan 31 persen. (lihat image).
Para eksekutif yang melaporkan transformasi yang berhasil pun, tampaknya tidak puas, dengan menyatakan bahwa mereka menangkap rata-rata hanya 70 persen dari nilai penuh yang dipertaruhkan.
Dengan demikian, bagaimana sebenarnya cara melindungi nilai selama fase penetapan target dan perencanaan awal. Dalam ke fase implementasi transformasi, terjadi kebocoran values, rata-rata 35 persen.
Penelitian McKinsey menunjukkan tiga tindakan yang dapat dilakukan eksekutif perusahaan untuk memaksimalkan values yang diperoleh selama implementasi:
1. Mempercepat waktu untuk berdampak. Beberapa bulan pertama menentukan kecepatan transformasi. Rata-rata transformasi menyadari lebih dari setengah nilainya dalam 18 bulan pertama.Â
Penelitian McKinsey menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan kuartil teratas bergerak lebih cepat dan biasanya menangkap 74 persen dari nilai transformasi mereka dalam 12 bulan pertama. "Kemenangan cepat" ini menghasilkan momentum positif dan menciptakan siklus yang baik di mana nilai dapat diinvestasikan kembali ke inisiatif baru dan ambisi jangka panjang.Â
Misalnya, sebuah perusahaan manufaktur mengubah operasi cabangnya dan mencapai efisiensi operasional yang signifikan dalam enam bulan pertama.Â