Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Manajer Mikro Bukan Zamannya Lagi

29 Juni 2022   11:16 Diperbarui: 29 Juni 2022   11:35 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: Menjadi manajer mikro sudah bukan zamannya lagi (Photo by Merza Gamal)

Manajemen mikro mendorong insan perusahaan ke arah hasil kinerja yang negatif. Beberapa pemimpin mencoba untuk menghindari menjadi manajer mikro dengan segala cara.  

Seorang manajer mikro seringkali lepas tangan dan membiarkan anggota tim mereka tenggelam atau berenang sendiri. Tampaknya, masih banyak yang bangga menjadi manajer mikro. Mereka ingin terlibat jauh di dalam rumput liar. Mereka melihatnya sebagai tanda pemimpin sejati.

Berikut adalah tes satu pertanyaan untuk mengidentifikasi manajer mikro, lakukan tes dengan satu pertanyaan: "Apakah tim terobsesi dengan pelanggan atau terobsesi dengan bos?"  Jawabannya, dapat dilihat dari tanda-tanda micromanaging dalam tim dan organisasi, sebagai berikut:

  • terobsesi dengan bos daripada terobsesi dengan pelanggan;
  • penerimaan pekerjaan yang kurang baik untuk menjadi panutan kepemimpinan;
  • setiap percakapan dengan bos terasa seperti ulasan kinerja;
  • setiap keputusan harus disetujui oleh manajer;
  • kemacetan proyek yang konstan karena rapat, penjagaan gerbang, dan pemangku kepentingan yang berlebihan;
  • insan perusahaan takut untuk mengungkapkan pendapat mereka;
  • kurangnya pemimpin baru yang naik pangkat;
  • pergantian cepat para ahli berbakat;
  • kreativitas, inovasi, dan kelincahan yang tertahan.

Dengan demikian, tim yang terobsesi dengan bos mudah diidentifikasi. Satu-satunya hal yang penting adalah apa yang bos pikirkan. Bukan misi, bukan pendapatan, bukan pelanggan.

Aspek terpenting dari sebuah proyek, yang dikhawatirkan semua orang, menjadi spesifikasi istimewa (namun tidak relevan dengan kesuksesan) dari bos manajemen mikro. Setiap keputusan harus melaluinya, menghambat kemajuan di setiap belokan. Semua orang takut untuk jujur. Semua orang diam-diam tahu bahwa mereka memberikan produk atau layanan yang lebih rendah. Tidak ada yang merasa mereka melakukan pekerjaan terbaik mereka. Setiap orang merasa selalu dievaluasi. Tidak ada yang mau bertanggung jawab.

Tim yang dikelola mikro dapat memiliki lapisan kebahagiaan dan kepositifan, tetapi hasilnya mencerminkan tim yang tidak bahagia: ketakutan, kelumpuhan, dan ketidakjujuran di dalam; pelanggan yang tidak puas, produk berkualitas rendah dan penawaran yang kurang kompetitif di luar. Dengan kata lain, tim (atau organisasi) yang dikelola mikro adalah bencana yang menunggu untuk terjadi.

Salah satu keluhan paling umum tentang manajer mikro adalah mereka terlalu terlibat. Manajer mikro stereotip mengembara di ruangannya dengan clipboard mereka, secara metaforis memecahkan cambuk untuk memastikan semua orang mencapai target mereka.

Menurut analisis Gallup, mayoritas insan perusahaan mengalami masalah sebaliknya, yakni kurangnya umpan balik dan komunikasi karyawan dengan manajer mereka.

Empat puluh tujuh persen insan perusahan menerima umpan balik dari manajer mereka hanya beberapa kali dalam setahun bahkan hamper tidak pernah. Faktanya, 19% insan perusahaan menerima umpan balik dari manajer mereka setahun sekali atau kurang, dan hanya 7% yang secara harian menerima umpan balik. Dengan demikian, mengingat tidak adanya saran yang diberikan oleh manajer, tidak mengherankan jika hanya 34% insan perusahaan yang sangat setuju bahwa manajer mereka mengetahui proyek atau tugas apa yang sedang mereka kerjakan.

Bahkan, insan perusahaan mengatakan bahwa mereka cenderung menerima umpan balik negatif daripada tidak menerima umpan balik sama sekali. Mereka berharap ketika menerima umpan balik negatif yang terfokus pada kelemahan mereka, mereka cenderung lebih terlibat daripada ketika mereka tidak menerima umpan balik sama sekali.

Jika manajemen mikro hanya mengacu pada frekuensi interaksi, hanya 7% pekerja yang akan mengkhawatirkannya. Namun, di dunia kerja baru yang lebih kompleks, dinamis, dan berorientasi pada tim daripada sebelumnya, manajemen mikro muncul dengan cara yang berbeda. Pekerja jarak jauh dan para insan di tim yang sangat matriks mengalami manajemen mikro yang sangat berbeda dari pekerja garis depan, tetapi efek negatifnya sama.

Manajer mikro saat ini kemungkinan besar adalah seseorang yang menginginkannya dilakukan dengan cara mereka sendiri tetapi memberikan sedikit konteks, dukungan, bantuan, atau saran. Lebih mudah dari sebelumnya bagi seorang manajer untuk masuk ke dalam rantai email atau panggilan konferensi dan membuat tuntutan tanpa memiliki konteks penuh tentang apa yang terjadi.

Hal tersebut sebenarnya cukup menakutkan. Bayangkan apabila Anda adalah seorang insan perusahaan yang sedang mengerjakan presentasi untuk atasan Anda. Mereka mengatakan mereka menginginkannya pada akhir minggu. Untuk siapa? Berapa lama seharusnya? Format apa yang mereka sukai? Apakah gaya itu penting? Anda takut salah, tetapi manajer tidak tersedia dan tidak responsif sampai saat terakhir.

Dengan tergesa-gesa, mereka memeriksa pekerjaan Anda dan mulai membuat daftar semua yang salah dengannya. Tentu saja, Anda dapat menghindari semua ini dengan sedikit komunikasi. Akan tetapi, sekarang Anda sedang terburu-buru untuk memperbaiki "kesalahan Anda". (Atau, kemungkinan besar, presentasi dibatalkan beberapa hari yang lalu, dan Anda tidak pernah diberi tahu, membuang-buang waktu selama seminggu.)

Bos Anda mengatur mikro - memperbaiki kesalahan berdasarkan keinginan dan ego mereka yang aneh. Akan tetapi masalahnya bukan keterlibatan yang berlebihan selama proses. Permasalahannya adalah kurangnya kemitraan yang berkelanjutan. Hal itu menghasilkan ekspektasi yang membingungkan, waktu yang terbuang, stres dan rasa malu yang tidak perlu.

Manajer mikro saat ini kemungkinan besar adalah seseorang yang menginginkan pencapaian target dilakukan dengan cara mereka sendiri, tetapi memberikan sedikit konteks, dukungan, bantuan, atau saran. Dan, perilaku manjer mikro tersebut sudah sangat tidak relevan lagi dengan saat sekarang yang penuh dinamika dalam kompetisi yang semakin tinggi untuk memenangkan persaingan agar perusahaan bisa sustainable competitive advantage.

MERZA GAMAL 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun