Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Enam Tindakan Menavigasi Inflasi pada Bisnis Ritel

23 Juni 2022   14:51 Diperbarui: 23 Juni 2022   14:54 603
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bisnis Ritel menghadapi kemungkinan inflasi yang terus-menerus. Namun, bisnis ritel dapat menghadapi tantangan itu dengan cara merampingkan operasi, mempertahankan pelanggan, dan mendorong pertumbuhan yang menguntungkan.

Para pebisnis ritel di seluruh sektor harus memperhitungkan realitas baru dari rekor inflasi dan mengembangkan solusi untuk mempertahankan bisnis mereka, mempertahankan pelanggan, dan memastikan pertumbuhan jangka panjang. McKinsey telah mengidentifikasi enam area utama di mana para pemimpin industri dapat memfokuskan upaya mereka untuk mengubah periode stres ini menjadi peluang untuk masa depan.

Pebisnis ritel dapat mengambil sejumlah tindakan transformatif untuk mengatasi inflasi dan mendorong kinerja perubahan langkah untuk tahun-tahun mendatang. Dengan mengambil pendekatan komprehensif, pebisnis ritel akan mampu memerangi tekanan inflasi dan mempertahankan pendapatan mereka yang menguntungkan. Enam tindakan menavigasi inflasi pada Bisnis Ritel yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Meninjau kembali strategi kategori bisnis untuk mencerminkan perubahan perilaku pembelian konsumen dan profil margin. Pada saat ini, konsumen menjadi kurang loyal terhadap merek dan beralih ke barang bermerek pribadi untuk mengatasi inflasi. Untuk mengubah ini menjadi keuntungan, pebisnis ritel harus secara teratur memeriksa kembali strategi kategori mereka. Pebisnis yang menang akan menyeimbangkan preferensi konsumen yang berubah cepat karena tekanan inflasi, dengan berpikir secara berbeda tentang campuran merek pribadi dan merek nasional mereka. Pebisnis yang ingin meningkatkan penetrasi merek pribadi dapat mengembangkan merek dengan kesadaran tinggi, advokasi, dan loyalitas yang berdiri sendiri dengan mengadopsi strategi merek yang dipimpin konsumen dan kemampuan manajemen kategori dan desain yang dikenal oleh perusahaan barang kemasan konsumen. Dengan mengetahui kategori produk mana yang menghadapi tekanan inflasi paling tinggi dan mengalami perubahan berarti dalam perilaku konsumen dapat membantu pebisnis ritel membuat keputusan strategi kategori yang tepat.
  2. Mengatasi biaya layanan end-to-end melalui peningkatan visibilitas dan diversifikasi rantai pasokan. Pebisnis ritel dapat mengorientasikan ulang jaringan suplai dan distribusi mereka untuk mengarahkan pengiriman melalui pelabuhan dengan kepadatan rendah dan jalur laut berbiaya lebih rendah, menempatkan pusat distribusi di lokasi optimal yang menyeimbangkan ketersediaan tenaga kerja atau biaya dengan biaya last-mile, dan menggunakan logistik dan pasokan pihak ketiga- penyedia chain-as-a-service untuk mengurangi intensitas aset dan overhead distribusi. Visibilitas yang lebih besar dari inventaris end-to-end, biaya pemenuhan, dan metrik pengalaman pelanggan dapat memungkinkan pebisnis untuk menyeimbangkan biaya dan layanan secara lebih efektif.
  3. Melakukan granularisasi dengan penetapan harga dan promosi, serta sesuaikan penyampaian values kepada konsumen. Menerapkan kenaikan harga pada saat inflasi malah akan mengikis kepercayaan pelanggan. Pebisnis ritel dapat menyesuaikan respons harga inflasi menurut pelanggan dan segmen produk, dengan mempertimbangkan kinerja margin dan kesediaan konsumen untuk membayar. Pebisnis yang mengambil pendekatan bedah lebih mungkin muncul dengan profitabilitas dan hubungan konsumen yang utuh. Selanjutnya, dapat dilakukan evaluasi kembali harga dan bauran promosi selama waktu ini; menarik kembali promosi dapat membantu mengelola kenaikan biaya tanpa menaikkan harga.
  4. Menggunakan alat sumber generasi berikutnya untuk mendorong keunggulan sumber untuk merek pribadi dan barang bermerek. Ketika pebisnis ritel mulai mencari barang bermerek pribadi, banyak yang hanya meniru model sumber barang bermerek mereka. Pebisnis paling maju telah berevolusi secara dramatis sejak awal, menyadari bahwa mereka memiliki kendali penuh atas desain dan spesifikasi produk serta rantai nilai, dan bernegosiasi berdasarkan biaya. Untuk melakukan ini, pebisnis dapat menggunakan alat sumber generasi berikutnya untuk menciptakan visibilitas waktu nyata ke dalam dampak inflasi pada biaya produk akhir dan mengembangkan target biaya produk dari bawah ke atas di seluruh portofolio mereka. Sementara untuk barang bermerek, pebisnis dapat menyelidiki opsi untuk meningkatkan margin di seluruh portofolio mereka. Mereka dapat meningkatkan transparansi untuk memahami margin "all-in" dengan vendor, menggabungkan semua biaya, pendanaan, dan layanan nilai tambah untuk memastikan bahwa merchant sepenuhnya memahami trade-off antara merek dalam portofolio mereka.
  5. Memikirkan kembali operasi toko untuk mengoptimalkan produktivitas. Untuk mengatasi dampak inflasi biaya tenaga kerja, pebisnis ritel dapat mengevaluasi kembali proses di dalam toko mereka dan mencari peluang untuk mengatur ulang model operasi toko dengan menerapkan teknologi dan analitik, mengatur ulang alokasi dan penjadwalan tenaga kerja, dan mengambil pandangan biaya end-to-end.
  6. Menyiapkan "tim lintas fungsi inflasi". Mengelola implikasi inflasi di seluruh lanskap operasional yang luas memerlukan respons lintas fungsi, disiplin, dan tangkas. Struktur lintas fungsi yang fleksibel dengan wewenang untuk mengoordinasikan respons inflasi dapat menetapkan tujuan yang jelas bagi organisasi, menetapkan satu sumber kebenaran, meningkatkan kecepatan pengambilan keputusan, dan memastikan fakta yang sistematis. -pendekatan berbasis pelacakan eksekusi, mendiagnosis menang dan kalah, dan menerapkan pelajaran.

Image: Sebagian besar perusahaan ritel memiliki kemampuan yang dibutuhkan (by Merza Gamal)
Image: Sebagian besar perusahaan ritel memiliki kemampuan yang dibutuhkan (by Merza Gamal)

Kondisi ekonomi ke depan kemungkinan akan tetap menantang untuk beberapa waktu bagi pebisnis ritel. Akan tetapi situasinya juga dapat memberikan peluang bagi mereka yang bergerak dengan tegas dan cepat untuk mengembangkan tanggapan. Sebagian besar perusahaan ritel memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk menghadapi badai dan muncul sebagai pemenang.

Menyadari bahwa inflasi kemungkinan akan bertahan dapat memberikan pebisnis ritel insentif yang kuat untuk bertindak secara holistik di seluruh organisasi perusahaan dan values chain. Pebisnis ritel yang mau membentuk kembali kemampuan mereka dan menumbuhkan ketahanan organisasi mereka akan memiliki masa depan yang cerah.

Sumber bacaan:

MERZA GAMAL 

*           Pengkaji Sosial Ekonomi Islami

*           Author of Change Management & Cultural Transformation

*           Former AVP Corporate Culture at Biggest Bank Syariah

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun