Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Konsumsi Gen Z dan Implikasinya bagi Dunia Bisnis

21 Juni 2022   08:43 Diperbarui: 21 Juni 2022   14:30 2989
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Gen Z merupakan generasi konsumen yang lebih pragmatis dan realistis. Mereka mengakses dan mengevaluasi berbagai informasi sebelum membeli. Gen Z tidak hanya menganalisis apa yang mereka beli tetapi juga tindakan mengonsumsinya.

Studi McKinsey mengungkapkan empat perilaku inti Gen Z, semuanya berlabuh dalam satu elemen, yaitu pencarian kebenaran. Gen Z menghargai ekspresi individu dan menghindari label. Mereka memobilisasi diri untuk berbagai tujuan. 

Mereka sangat percaya pada kemanjuran dialog untuk menyelesaikan konflik dan memperbaiki dunia. Akhirnya, mereka membuat keputusan dan berhubungan dengan institusi dengan cara yang sangat analitis dan pragmatis.

Perilaku Gen Z tersebut mempengaruhi cara memandang konsumsi dan hubungan mereka dengan merek. Pengusaha harus menyesuaikan diri dalam mengembangkan bisnis dengan tiga implikasi untuk generasi ini, yaitu: konsumsi sebagai akses daripada kepemilikan, konsumsi sebagai ekspresi identitas individu, dan konsumsi sebagai masalah etika. 

Ditambah dengan kemajuan teknologi, pergeseran Gen Z mengubah lanskap konsumen dengan cara yang melintasi semua kelompok sosial ekonomi dan melampaui Gen Z, menembus seluruh piramida demografis.

Image: Karakteristik yang mempengaruhi perilaku Gen Z (File by Merza Gamal)
Image: Karakteristik yang mempengaruhi perilaku Gen Z (File by Merza Gamal)

Bagi Gen Z, konsumsi berarti memiliki akses ke produk atau layanan, tidak harus memilikinya. Ketika akses menjadi bentuk konsumsi baru, akses tak terbatas ke barang dan jasa (seperti layanan naik mobil, streaming video, dan langganan), tetapi menciptakan nilai. Produk menjadi layanan, dan layanan menghubungkan konsumen.

Ketika konsumsi kolaboratif memperoleh daya tarik, berbagai pihak juga mulai melihatnya sebagai cara untuk menghasilkan pendapatan tambahan dalam "ekonomi pertunjukan." 

Aspek lain dari ekonomi pertunjukan melibatkan konsumen yang memanfaatkan hubungan mereka yang ada dengan perusahaan untuk menghasilkan pendapatan tambahan dengan bekerja sementara untuk mereka. Beberapa perusahaan sudah merangkul implikasinya.

Pabrikan mobil, misalnya, menyewakan kendaraan langsung ke konsumen, bukan menjual 1.000 mobil, melainkan perusahaan dapat menjual satu mobil 1.000 kali. Peran bisnis barang olahraga, juga, telah bergeser untuk membantu orang menjadi atlet yang lebih baik dengan menyediakan akses ke peralatan, teknologi, pelatihan, dan komunitas konsumen yang berpikiran sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun