Jurnal Refleksi Minggu ke -- 23
Pengelolaan program yang berpihak pada murid
Minggu ini adalah minggu ke dua puluh tiga pendidikan guru penggerak . Menulis jurnal refleksi merupakan metode yang digunakan dalam pembelajaran ini dengan tujuan agar CGP mampu merefleksikan diri mengenai apa yang dipelajari, baik hambatan yang dialami dan harapan dari CGP sendiri mengenai apa yang ingin dilakukan dengan pemahaman yang sudah diperoleh selama pembelajaran satu minggu ini.
Conection
Minggu sudah masuk dalam bagian eksplorasi konsep dan unggah tugas pengelolaan program yang berpihak pada murid dalam langkah awal eksplorasi konsep, kegiatan dimulai dengan sebuah pemahaman yang berdasar pada filosofi KHD bahwa Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).Â
Konsep inilah yang mengahantarkan saya pada satu pemikiran awal bahwa sesungguhnya pengajaran dan pendidikan harus benar-benar memerdekakan siswa oleh karena itu langkah awal dari semua program yang perlu diperhatikan adalah hal keberpihakan pada murid. Ruang diskusi  merupakan sarana untuk saling memberi dan menerima konsep dalam memahami  materi pengelolaan program yang berpihak pada murid.Â
Bahwa dalam  merancang sebuah program kegiatan pembelajaran di sekolah penting adanya pertimbangan bahwa program tersebut dapat mengakomodir voice, choice dan ownership murid dengan mendorong munculnya raca percaya diri dan kemandirian siswa.
Chalenge
Selama mengikuti pembelajaran mengenai pengelolaan program yang berpihak pada murid ada pemehaman baru yang saya dapatkan bahwa dalam menyusun pdan merencakan program kegiatan di sekolah saya belum mengikuti langkah-langkah seharusnya yakni :
- Menganalisis aset apa yang dapat dimanfaatkan dalam perencanaan program
- Merencanakan program yang berdampak pada murid dengan tahapan BAGJA
- Menerapkan menejeman resiko dan monitoring serta evaluasi program
Sehingga melalui pembahasan materi ini saya mendapatkan pemahaman yang baru bahwa aset sekolah menjadi bagian penting dalam perencanaan dan penyusunan program yang berpihak pada murid.
Concept
Materi pengelolaan program yang berpihak pada murid sangat penting bagi guru sebagai pemimpin pembelajaran.Â
Karena dengan mengidentifikasi aset yang dimilki sekolah, serta memanfaatkan aset tersebut dalam penyusunan dan perencanaan program  setidaknya guru mendapatkan dukungan sehingga mempermudah dalam melaksanakn program terutama dalam menentukan prioritas program sesuai kebutuhan dan kondisi sekolah.Â
Selain itu jika program disusun sesuai kebutuhan dan kondisi sekolah maka akan mempermudah dalam tahap evaluasi dan monitoring serta rencana tindak lanjut program.
Change
Setelah mempelajari materi ini maka hal yang segera dilakukan adalah perencanaan dan penyusunan program berdasarkan assesment kebutuhan. Sehingga apa yang diprogramkan tepat sasaran dan berdampak langsung pada perubahan sekolah karena selama ini masih banyak program yang hanya disusun  berdasarkan kepentingan tertentu.Â
Secara khusus dalam pelaksanaan Bimbingan Konseling saya akan mulai  dengan konsentrasi dalam memaksimalkan diri dalam melakukan assesment kebutuhan siswa sehingga saya dapat maksimal dan tepat sasaran dalam meberikan layanan.
Terimakasih
#TergerakBergerakMenggerakkan#
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H