Pada masa pandemi covid-19 sekarang ini beberapa sektor pemerintahan mengalami dampak yang sangat berarti, sektor pendidikan juga tak lepas dari dampak pandemi tersebut. Beberapa dampak dalam sektor pendidikan seperti misalnya, pembelajaran yang mendadak dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh.
Pembelajaran jarak jauh atau biasa dikenal dengan Daring merupakan salah satu cara alternatif atau solusi pembelajaran yang dilakukan untuk mengurangi mobilitas kegiatan yang dilakukan di Sekolah. Manfaat dari pembelajaran jarak jauh ini adalah mengurangi resiko penyebaran virus covid-19 dalam lingkungan sekolah.
Salah satu upaya pemerintah untuk tetap mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh yaitu dengan memberikan suatu wadah bagi mahasiswa, untuk ikut andil dalam mensukeskan jalannya pendidikan melalui program kampus mengajar. Program kampus mengajar bertujuan untuk menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi dan juga membantu pembelajaran di masa pandemi, terutama untuk SD yang berakreditas C dan SD di daerah 3T.
Pada program kampus mengajar angkatan 1 ini saya Mentari Putri Chaerunnisa mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Univeristas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang ditempatkan pada salah satu sekolah berakreditasi C yaitu SD Boarding School Al-Anshory Kota Cirebon. Dalam program kampus mengajar ini lebih menekankan pada tiga program inti yaitu mengajar, membantu administrasi dan membantu adaptasi teknologi.
SD Boarding School Al-Anshory ini pada masa pandemic ini tidak dapat menerapkan pembelajaran jarak jauh karena keterbatasan gawai. Pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka atau luring tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan.
Kegiatan Mengajar
Pada kegiatan mengajar sendiri dilaksanakan melalui beberapa bentuk yakni Pendampingan belajar Siswa SD Boarding School Al-Anshory, Membantu guru dalam program bimbingan siswa kelas I – VI, dan Pembuatan karya seni/prakarya. Pada saat melakukan kegiatan ini peserta didik sangat antusias dalam belajar dan menjadi lebih paham dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan pembelajaran yang bervariatif dan inovatif.
Pembelajaran juga dikaitkan dengan adaptasi teknologi, sehingga pembelajaran yang dilakukan tidak monoton hanya melalui buku saja. Peran teknologi untuk pembelajaran juga sangat penting guna membantu peserta didik dapat lebih mudah memahami suatu materi dengan metode yang lebih menyenangkan.
Membantu Adaptasi Teknologi
      Dalam penerapan adaptasi teknologi bagi pembelajaran, kami selaku mahasiswa memberikan suatu sosialisasi kepada guru-guru untuk mengoptimalkan pembelajaran melalui aplikasi-aplikasi dalam melakukan pembelajaran. Aplikasi – aplikasi seperti misalnya google classroom, googlet meet, aplikasi AKSI dan lain sebagainya. Selain itu juga mahasiswa mengupayakan pembuatan Web Sekolah.
      Namun pada pelaksanaannya adaptasi teknologi di sekolah mengalami beberapa hambatan yaitu pembuatan web sekolah yang tidak dapat dilaksanakan karena memakan biaya yang tidak sedikit. Selain itu program yang seharusnya dilaksanakan adalah tentang pembuatan video animasi pembelajaran namun juga mengalami kendala, sehingga untuk menggantinya peserta didik diberikan video animasi pembelajaran yang sudah di unduh sebelumnya.
      Membantu Administrasi
      Pada pelaksanaan administrasi sekolah pihak mahasiswa juga ikut membantu sekolah dalam program Penerimaan Peserta Didik Baru. Sebagai usaha untuk merealisasikannya mahasiswa ikut membantu dalam beberapa hal misalnya pembuatan pamflet dan leaflet ke beberapa Taman Kanak-Kanak dan menyebarkannya juga melalui media social.
      Selain itu Mahasiswa membantu membuat soal penilaian akhir tahun dan ujian sekolah serta kisi-kisinya bagi kelas 6. Kami juga membantu sekolah untuk membuat soal penilaian akhir tahun dan kisi-kisinya bagi kelas 1-5.
      Kegiatan Lain
- Â Selain melaksanaan ketiga program inti kami juga melakukan kegiatan yang kami isi di SD Boarding School BS Al-Anshory yaitu Open Donasi buku bacaan dan alat tulis untuk SD , Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim, Pemeliharaan Buku-buku Perpustakaan SD Boarding School Al-Anshory serta kegiatan prakarya seperti membuat pohon harapan dan hasil karya seni lainnya o;eh siswa.
Penyelenggaraan program KKN Rekognisi dengan tema Membantu Sekolah Terakreditasi C Melalui Bidang Pendidikan Program Kmaapus Mengajar Angkatan 1 Â ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan dan turut serta membangun kesadaran akan pentingnya kerjasama dalam menjawab tantangan pendidikan di masa pandemi Covid-19. Program ini dirancang untuk membantu siswa dan orang tua dalam mengatasi masalah yang terjadi saat dilakukannya pembelajaran jarak jauh atau daring. Ini tidak lebih dari menciptakan pembelajaran yang bermakna selama pandemi Covid-19. Selain itu, program KKN ini merupakan wadah untuk belajar dan mengamalkan ilmu yang telah diperoleh mahasiswa saat kuliah.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI