Mohon tunggu...
Mentari
Mentari Mohon Tunggu... Penulis - Seorang pendidik

Membuat tulisan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengenal Bagian-Bagian Tumbuhan dengan Cara Menyenangkan untuk Kelas 4 SD/MI

28 Desember 2024   06:20 Diperbarui: 28 Desember 2024   06:23 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Contoh Herbarium diambil dari @ayusyifa) 

Mengenal Bagian-Bagian Tumbuhan dengan Cara yang Menyenangkan untuk  Kelas 4 SD/MI

Dalam pembelajaran peserta didik tak hanya perlu memahami materi tetapi juga sangat penting untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan berfikir kritis. Terutama dalam pendidikan IPA. Dalam materi pelajaran IPA di sekolah dasar, peserta didik sangat bisa untuk mengembangkan pemahamannya yang melatih daya kritis dan rasa penasaran mereka. Merupakan keuntungan juga pada usia kelas 4 SD/MI, peserta didik sedang berada dalam tahap konkret operasional, di mana mereka belajar lebih efektif melalui pengalaman langsung dan aktivitas yang menarik.  

Mereka berada pada tahap perkembangan kognitif di mana belajar menjadi lebih efektif jika didukung pengalaman nyata dan hal-hal konkret. Untuk membantu siswa memahami bagian-bagian tumbuhan, diperlukan pendekatan kreatif dan interaktif yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Sebagai contoh adalah materi di kelas 4 semester 1 mengenal bagian-bagian tumbuhan, seperti akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Dengan mengajak siswa ke kebun untuk melihat tumbuhan secara langsung, serta menggunakan lagu yang menyenangkan, pembelajaran menjadi lebih hidup dan bermakna. Metode ini tidak hanya membuat siswa memahami materi dengan lebih baik, tetapi juga menanamkan cinta terhadap alam sejak dini.  

Berikut adalah langkah-langkah pembelajaran yang dapat dilakukan oleh pendidik :

A. Peserta Didik Memahami Bagian-Bagian Tumbuhan 

Siswa perlu memahami enam bagian utama tumbuhan berikut:  

1. Akar: Bagian yang berada di dalam tanah dan berfungsi menyerap air serta nutrisi.  

2. Batang: Bagian yang menopang tumbuhan dan mengalirkan air serta nutrisi ke seluruh bagian tumbuhan.  

3. Daun: Tempat terjadinya fotosintesis untuk menghasilkan makanan.  

4. Bunga: Bagian tumbuhan yang berfungsi untuk berkembang biak.  

5. Buah: Hasil perkembangan bunga yang melindungi biji.  

6. Biji: Calon tumbuhan baru yang ada di dalam buah.  

B. Menghubungkan Teori dengan Pengalaman Nyata

Agar siswa benar-benar memahami, ajak mereka melihat tumbuhan secara langsung.  

1. Melakukan Outdoor dan Praktek Herbarium. 

   - Bimbing siswa untuk mencari dan mengamati tumbuhan.  

   - Minta mereka untuk mengambil tumbuhan dan menempelkan tumbuhan di kertas untuk praktek Herbarium lalu terakhir mencatat bagian-bagian tumbuhan yang ditemukan.  

   - Ajukan pertanyaan seperti: "Apa fungsi akar? Apakah semua daun tumbuhan bentuknya sama?"  

2. Eksperimen Sederhana

   - Ajak siswa mengamati pertumbuhan tanaman dari biji.  

   - Setiap siswa bisa membawa biji kacang hijau untuk ditanam dalam kapas basah dan mengamati pertumbuhannya selama seminggu.  

3. Pembelajaran Kreatif Melalui Lagu

Gunakan lagu untuk mempermudah siswa mengingat bagian-bagian tumbuhan. Contoh lagu sederhana yang bisa dinyanyikan:  

Nada: Pelangi-Pelangi

"Akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji,  

Bagian tumbuhan, ayo kita kenali!  

Akar menyerap air, batang tegakkan tubuh,  

Daun buat makanan, bunga indah berbuah."  

Siswa dapat menyanyikan lagu ini sambil menunjuk bagian-bagian tumbuhan yang mereka lihat di kebun. 

Setelah kegiatan, ajak siswa berdiskusi:  

- Bagaimana tumbuhan membantu kita?  - Apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga tumbuhan agar tetap tumbuh dengan baik?  

Dengan metode ini, siswa tidak hanya memahami materi pelajaran, tetapi juga belajar mencintai alam dan lingkungan sekitarnya.  

Belajar tentang bagian-bagian tumbuhan melalui pengalaman langsung di kebun dan kegiatan kreatif seperti menyanyikan lagu memberikan pengalaman yang kaya bagi siswa. Dengan cara ini, mereka tidak hanya mengenal struktur tumbuhan, tetapi juga memahami peran penting tumbuhan dalam kehidupan. Pendekatan pembelajaran yang konkret dan menyenangkan ini membantu siswa menyerap ilmu dengan lebih mudah dan menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan. Mari terus mendorong pembelajaran aktif yang menghubungkan antara pikiran dan kenyataan agar generasi muda kita tumbuh menjadi individu yang peduli, kreatif, dan berpengetahuan luas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun