Mohon tunggu...
Melly Samratul Fuadah
Melly Samratul Fuadah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Teknologi Digital

Hai, Kompasianer!. Saya Melly mahasiswa akhir Digitech University. Salam kenal dan Semoga sehat selalu🍉❤️

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan

19 Mei 2024   11:25 Diperbarui: 19 Mei 2024   11:27 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Manajemen adalah suatu siklus, cara, atau teknik yang berhubungan dengan pengawasan terhadap sesuatu. Para eksekutif juga dicirikan sebagai ilmu dan keahlian dalam menangani cara paling umum dalam menggunakan SDM atau aset lain secara aktual dan efisien. Menurut Ismail Solihin (Marendra, 2017), yang dimaksud dengan Manajemen adalah suatu rangkaian siklus yang mencakup latihan persiapan, penyortiran, pelaksanaan, pemeriksaan, penilaian dan pengendalian untuk melibatkan seluruh aset hierarki/perusahaan, termasuk SDM ( modal aset manusia), modal (modal moneter), material (tanah, aset reguler atau bahan alami), dan inovasi idealnya untuk mencapai tujuan hierarki/perusahaan . Di sisi lain, masih adanya pemahaman mengenai Manajemen menurut para ahli dari berbagai sudut pandang.

Fungsi Manajemen

  • Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Manajemen yang secara khusus mempunyai proses - proses yang bersifat spesifik, yaitu perencanaan, pengperusahaan an, pengarahan dan pengendalian. 
  • Planning (Perencanaan)
    • Kemampuan perencanaan adalah suatu siklus dan rangkaian latihan untuk menjabarkan tujuan terlebih dahulu untuk jangka waktu atau periode tertentu serta tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Organizing (Pengperusahaan)
    • Kemampuan pengperusahaan an adalah pengumpulan dan rencana individu-individu agar dapat digerakkan sebagai satu kesatuan sesuai suatu rencana yang telah dirancang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Actuating (Penggerakan)
    • Kemampuan pergerakan adalah keseluruhan jalannya pemberian inspirasi kerja kepada bawahan agar dapat bekerja sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan otoritatif secara efektif dan finansial. Setelah penataannya disusun, kegiatan inisiatif selanjutnya adalah mempersiapkan mereka untuk segera melakukan latihan-latihan tersebut, sehingga tujuan dari suatu gerakan bisnis benar-benar tercapai. Kegiatan perintis berpindah tergolong "aktivasi".
  • Controlling (Pengawasan)
    • Kemampuan pengendalian dalam referensi Kata Besar Bahasa Indonesia mengandung makna proses, teknik, demonstrasi pengendalian, pembatasan, pengelolaan kemajuan dengan selalu memperbandingkan hasil dan sasaran serta mengubah usaha (latihan) dengan hasil pengelolaan. Arti pengendalian yang dimaksud dengan istilah tersebut adalah cara yang paling umum untuk mengendalikan seluruh perwakilan agar mengikuti pedoman perusahaan  dan bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

 Unsur-Unsur Manajemen

Dari definisi manajemen mengandung beberapa unsur didalamnya diantaranya sebagai berikut:

  • Ada kolaborasi dalam pertemuan-pertemuan dalam ikatan konvensional.
  • Ada tujuan bersama dan kepentingan serupa yang ingin dicapai.
  • Adanya pembagian kerja, kewajiban dan kewajiban secara tegas.
  • Ada hubungan yang baik dan ikatan administratif yang baik.
  • Adanya perkumpulan dan pekerjaan yang harus diselesaikan.
  • Adanya perkumpulan manusia (berbagai macam individu yang bekerja sama).

Jenis -- Jenis Manajemen

  • Secara garis besar manajemen sendiri dibedakan menjadi 4 macam, yaitu Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran dan Keuangan. Sebagaimana dikemukakan oleh (Dr. Ahujae: 2013), pengertian manajemen  adalah perkumpulan yang menawarkan/menawarkan jenis-jenis bantuan untuk bidang-bidang yang berhubungan dengan jenis-jenis pimpinan. Manajemen dalam pelaksanaannya sangat berpusat pada empat macam administrasi.
  • Manajemen SDM
  • Manajemen SDM berfokus dalam mendapatkan SDM terbaik untuk perusahaan dan bagaimana SDM terbaik tersebut dapat dipertahankan dan terus bekerja bersama dengan sifat pekerjaan tetap atau berkembang.
  • Manajemen Operasional
  • Manajemen operasional menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang diputuskan berdasarkan keinginan pembeli, dengan penciptaan strategi seprofesional yang diharapkan, mulai dari keputusan penciptaan kawasan hingga penciptaan pasti yang disampaikan dalam penciptaan proses.
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen pemasaran atau yang sering disebut marketing management merupakan salah satu jenis manajemen yang dibutuhkan untuk semua bisnis. Manajemen pemasaran bertugas untuk memasarkan produk dan menganalisa bagaimana pasar produk tersebut. Maanjemen pemasaran bertanggungjawab penuh terhadap pemasaran perusahaan. Marketing management ini menyangkut produk atau jasa agar lebih dikenal konsumen.
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Keuangan pada umumnya berusaha untuk menjamin bahwa kegiatan yang dilakukan perusahaan dapat mencapai tujuannya secara finansial, atau paling tidak, diperkirakan dari segi keuntungan. Tugas Manajemen keuangan mencakup pengaturan dari mana dukungan bisnis diperoleh, dan bagaimana modal yang telah disimpan dengan baik dalam kegiatan bisnis diselesaikan.

Manajemen Pemasaran

Perusahaan harus fokus pada promosi karena hal ini berkontribusi dalam banyak cara terhadap kelancaran pemasaran produk. Tugas manajemen pemasaran adalah untuk mengukur dan membedah siklus prosedur promosi suatu organisasi atau organisasi. Manajemen pemasaran memainkan peran penting dalam organisasi dan perusahaan karena manajemen pemasaran  memungkinkan organisasi untuk mencapai pasar tujuan yang ideal dan menarik lebih banyak pelanggan.

Fungsi Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran memiliki fungsi yakni analisis pasar. Analisis pasar dilakukan guna memahami pasar dan juga lingkungan pemasarannya. Fungsinya adalah memudahkan perusahaan untuk menentukan besarnya peluang bisnis pasar dan mengetahui besar ancaman dalam pasar tersebut. Berikut ini hal hal lebih jelas tentang fungsi pemasaran yang terpadu dan saling menunjang meliputi:

Analisis Pasar

  • Analisis pasar juga berperan untuk menemukan peluang dan ancaman, juga kebutuhan serta keinginan konsumen, analisis peluang dan ancaman serta analisis perilaku konsumen.
  • Segmentasi Pasar
  • Segmentasi pasar ialah pembagian suatu pasar menjadi beberapa kelompok yang berbeda, yang masing-masing kelompok mempunyai karakteristik yang kurang lebih sama. Dengan melakukan segmentasi pasar, Anda dapat melakukan upaya pemasaran yang lebih bertarget dan menggunakan sumber daya  pemasaran secara lebih efektif dan efisien.
  • Menentukan Pasar Sasaran
  • Menentukan sasaran pasar artinya menetapkan nilai aktivitas pada setiap segmen dan kemudian memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan ditargetkan. Aktivitas penentuan target pasar ini diantaranya Evaluasi bagian pasar (ukuran dan pertumbuhan, termasuk data usia, pendapatan dan jenis kelamin pelanggan di setiap segmen), struktur dalam hal daya tarik, tujuan dan sumber daya yang dimiliki.
  • Positioning Pasar
  • Perusahaan baru harus mampu mengidentifikasi posisi pesaing yang ada sebelum menentukan positioningnya sendiri. Ada dua pilihan penempatan pasar yaitu:
  • Terletak di salah satu pesaing perusahaan yang ada dan bersaing untuk mendapat pangsa pasar. Manajemen dapat menggunakan hal ini apabila mereka yakin perusahaannya dapat menghasilkan produk-produk yang lebih unggul, mempunyai pasar yang lebih luas, dan mempunyai sumber daya yang lebih banyak.
  • Mengembangkan produk yang saat ini belum banyak atau belum tersedia di pasaran. Sebelum mengambil keputusan ini, manajemen harus benar benar memastikan bahwa produk dapat diproduksi secara teknologi dengan cepat, bahwa produk yang unggul dari segi ekonomi dapat diproduksi pada tingkat harga yang direncanakan, dan bahwa terdapat cukup banyak konsumen yang akan menyukai produk tersebut .
  • Rencana Pemasaran 
  • Aktivitas pemasaran yang dilaksanakan oleh suatu perusahaan harus terkoordinasi atau terencana dengan baik untuk selanjutnya mencapai tujuan perusahaan yang dicita-citakan perusahaan. Sarana pengkoordinasian serta pengendalian pemasaran  disebut rencana pemasaran. Pada umunya, rencana pemasaran wajib mencakup empat fase:
  • Menentukan misi perusahaan
  • Mengidentifikasi strategi bisnis perusahaan
  • Menganalisa dan mengevaluasi portofolio bisnis yang ada
  • Mengidentifikasi Daerah bisnis baru yang akan dimasuki.

Kesimpulannya yaitu perencanaan pemasaran memiliki tujuan untuk memberikan pendekatan yang sistematis dan bersih kepada perusahaan dengan cara:

  • Menyeimbangkan dan mengoordinasikan upaya pemasaran untuk memastikan tujuan dan sasaran tercapai.
  • Penggunaan insentif dan praktik bisnis terbaik dalam pemasaran.
  • Mengelola catatan, ide, pemikiran, serta upaya dan kegiatan pemasaran internal secara cepat, akurat, dan teratur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun