REVIEW JURNALÂ
JUDUL : MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEGIK, KINERJA KARYAWAN DAN KINERJA PEMASARAN (Pada lndustri Pengolahan buah markisa Di MAKASSAR)Â
JURNAL : ( AGRIBISNIS PERIKANAN)Â
DOWNLOAD : https://doi.org/10.29239/j.agrikan.5.2.54-60Â
VOLUME & TAHUN : 5, Issue 2, October 2012, Pages 54-60Â
PENULIS : Rukiaty UsmanÂ
REVIEWER : MellyaniÂ
TANGGAL: Jumat, 13 Januari 2023
'' MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEGIK, KINERJA KARYAWAN DAN KINERJA PEMASARAN (PADA INDUSTRI PENGOLAHAN BUAH MARKISA Di MAKASSAR)'' Mellyani1, Adil Adil2
Â
Abstrak Indonesia mamenjadi Negara tropis yang mempunyai potensi besar untuk busa membuat aneka macam buah. Buah-buahan Indonesia yang mempunyai potensi untuk dikembangakan menjadi produk olahan adalah buah-buahan local. Salah satunya adalah buah markisa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nya pengaruh dari praktik-praktik manajemen sumber daya strategi yang meliputi pembinaan, selective staffing, empowerment dan performance appraisal terhadap karyawan serta kinerja pemasaran pada industry pengelolahan buah markisa dimakassar. Penelitian ini dilaksanakan dari oktober hingga Desember 2011, menggunkana metode analisis SWOT. Hasil analisis strategi SWOT yaitu : Strategi (SO) meningkatkan volume produk, Strategi (WO) peningkatan kelembagaan industry pengolahan, Strategi (ST) menetapkkan Strategi harga, Strategi (WT) memantapkkan planning pemasaran dan mutu pelayanan konsumen. Kata Kunci: Analisis Swot, Buah Markisa
PENDAHULUANÂ Indonesia adalah Negara terbesar yang menggunakan potensi sumber daya alam serta sumber daya manusiauntuk mengembangkan indusutri buah nusantara. Pada kontes berkembangnya industry buah nuusantara, disamping itu Indonesia juga mampu menghasilkan buah yang dihasilkan Negara subtropics, seperti markisa, apel,jeruk,anggur,serta lainnya. Keanekaragaman buah-buahan yang tersedia meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi buah-buahan. Berdasarkan hasil dari susenas oleh Badan Pusat Statistik di tahun 2013 sampai 2016 menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata pengeluaran per kapita untuk konsumsi buah-buahan dari tahun 2013 yang semula sebesar Rp. 16.379.000 , di tahun 2014 meningkat menjadi Rp. 19.234.000 , lalu ditahun 2015 meningkat menjadi Rp. 19.600.00 , dan pada tahun 2016 rata-rata konsumsi buah per kapita per bulan mencapai Rp. 20.400.000 (BPS, 2016). 1 Berbagai jenis buah-buahan yang menghasilkan di Indonesia yang dapat dikembangakan menjadi produk olahan., seperti buah pada kaleng, minuman sari buah, manisan buah, selai serta produk olahan buah lainnya adalah seperti manga, jeruk, nanas, durian sera buah markisa. Produksi buah Indonesia di tahun 2007 sebanyak 15,84 juta ton.Â
Buah-buahan local. salah satunya buah markisa. 2 Markisa tergolong pada tanaman genus Passiflora, yang berasal dari wilayah tropis dan subtropics Amerika. Buah ini berbentuk bulan dan berbiji berselaput kuning. Terdapat beberapa jenis markisa yang ada di Indonesia diantaranya ialah markisa sayur atau erbis (Passiflora Guadrangularis), konyal (Passiflora lingularis), markisa ungu atau siuh (Passiflora edulis f. edulis) dan markisa kuning (passiflora edulis f. flavicarpa).dari keempat jenis buah markisa ini yang banyak di budidayakan adalah buah markisa ungu atau siuh. Hal disebabkan karena sari buah markisa ungu mempunyai cita rasa manis-asem dengan aroma yang khas. 3 Buah markisa merupakan salah satu jenis tanaman buah yang bila dikembangkan dapat menjadi sumber pertumbuhan baru bagi perekonomian negara. Indonesia memiliki potensi besar untuk pengembangan agribisnis dan agroindustri markisa. Buah markisa yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan sebagian besar merupakan varietas markisa ungu (Passiflora edulis).Â