Pendahuluan
Pemasaran merupakan ujung tombak perusahaan. Dalam dunia persaingan yang semakin ketat, perusahaan dituntut agar tetap bertahan hidup dan berkembang. Berikut ini beberapa pengertian mengenai pemasaran.
Menurut William J. Stanton (2007) : pemasaran adalah suatu system total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
Menurut Philip Kotler (2008) : pemasaran dalah proses sosial dan manjerial dengan mana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai.Â
Menurut Basu Swastha DH (2005), pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan, usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang, jasa, ide kepada pasar sasaran agar dapat mencapai tujuan organisasi, sedangkan menjual adalah ilmu dan seni memengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual untuk mengajak orang lainagar bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan.
Strategi pemasaran adalah suatu rencana yang paling penting untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. Menurut Kenneth R. Andrews menyatakan bahwa strategi perusahaan adalah pola keputusan dalam perusahaan yang menentukan dan mengungkapkan sasaran, maksud atau tujuan yang menghasilkan kebijaksanaan utama untuk merencanakan pencapaian tujuan serta merinci jangkauan bisnis yang akan dikejar oleh perusahaan. Suatu perusahaan harus merancang strategi pemasaran dengan sangat matang agar tercapai tujuan perusahaan dan mengurangi hal yang tidak diinginkan terjadi.
Pembahasan
Tujuan Pemasaran
     Tujuan pemasaran yaitu mengadakan keseimbangan antar negara/daerah saling mengisi mengadakan perdagangan antara daerah surplus dengan negara/daerah minus.
Konsep Pemasaran
1. Konsep Produksi : konsep ini terjadi ketika permintaan lebih banyak daripada penawaran. Para manajer perusahaan memusatkan upaya untuk pencapaian efisiensi yang tinggi dan distribusi yang luas
2. Konsep Produk : sebuah perusahaan berupaya memproduksi produk berkualitas tinggi untuk menarik ketertarikan konsumen pada produk yang diproduksi perusahaan
3. Konsep Penjualan : pada konsep ini perusahaan dapat melakukan proses promosi ataupun jual beli. Orientasi manajemen yang menganggap konsumen akan melakukan atau tidak melakukan pembelian terhadap produk perusahaan.
4. Konsep Pemasaran : pencapaian perusahaan dalam mewujudkan tujuan nya dapat dilihat dari kemampuan perusahaan menentukan kebutuhan pasar yang dituju.
5. Konsep Pemasaran Kemasyarakatan: pada konsep ini perusahaan berupaya bagaimana dapat memberikan jaminan sosial bagi sumber daya manusia yang terlibat dalam pemasaran itu.
Seperti telah diketahui, sekarang ini masyarakat luas sudah mengikuti perkembangan zaman yang dimana hampir semua kegiatan menggunakan teknologi maju. Tidak sedikit dari kita yang menggunakan teknologi saat kapanpun dan dimana pun. Maka dari itu kita dapat memanfaatkan perkembangan teknologi ini menjadi strategi pemasaran. Didalam mengembangkan suatu bisnis, salah satu hal yang penting dan harus dipikirkan secara matang adalah strategi pemasaran. Jika strategi yang dilakukan tidak tepat, maka akan sulit dalam menjual produk atau mengembangkan produk yang Anda produksi. Dan jika dilihat, saat ini banyak pesaing dalam berbagai bidang bisnis, jadi sangatlah penting untuk merencanakan strategi pemasaran yang baik.
Strategi pemasaran menggunakan teknologi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Dapat melalui media sosial, maupun membuat aplikasi sendiri.dalam pembahasan ini, strategi pemasaran dengan membuat aplikasi penjualan mungkin akan dapat mengembangkan produk yang Anda produksi mudah dijual. Banyak aplikasi- aplikasi .
Adapun contoh dan kelebihan aplikasi-aplikasi adalah sebagai berikut:
1. Instagram : 76% pengguna Instagram adalah perempuan dengan rata -- rata usia antara 18-29 tahun. Cocok untuk bisnis dikategori retail, makanan, fashion, kecantikan, dan seni. Konten yang cocok adalah video singkat serta bekerja sama dengan para influencer. Mau mulai coba beriklan di Instagram.
2. Facebook : pengguna facebook cukup seimbang. Cocok sebagai platform untuk meningkatkan brand awareness. Menyediakan fitur yang tehubung langsung dengan marketplace, dan konten yang paling cocok adalah video singkat serta live konten.Â
3. Tiktok : focus konten berupa video yang berdurasi 15-60 detik. Cocok digunakan untuk platform untuk membangun brand awareness.
4. Twiter : strategi pemasaran twitter dilakukan dengan memilih usename yang sesuai dengan usaha kamu, menggunakan header yang berkaitan, serta memfollow orang-orang yang berkaitan dengan bisnis mu.
Penutup
Berhubung dengan rumitnya masalah pemasaran maka dirasakan oleh pengusaha yang cerdik terutama yang pasarnya berada ditangan pembeli untuk dapat melakukan usaha-usaha dan kegiatan-kegiatan secara pasti, terarah, konkret, melihat pada kenyataan. Pengusaha yang melakukan kegiatan pemasaran seperti itu menggunakan metode ilmiah dan target-target pasar didalamnya.
Daftar Pustaka
Dasar-Dasar Menajemen Pemasaran, Drs Danang Sunyoto,S.H.,S.E.,M.M
Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, Prof. Dr.H. Buchari Alma
www.koinworks.com
Blog.ninjaexpress.co
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H