Mohon tunggu...
melisa emeraldina
melisa emeraldina Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis untuk Berbagi Pengalaman

"Butuh sebuah keberanian untuk memulai sesuatu, dan butuh jiwa yang kuat untuk menyelesaikannya." - Jessica N.S. Yourko

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

9 Hal Penting Sebelum Mengikuti Bazar

14 Mei 2023   08:00 Diperbarui: 14 Mei 2023   12:25 1246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Booth MY EMERALDI saat mengikuti event Bazaar di Mall di Jakarta Selatan (Dokumentasi Pribadi)

Di era digital, setiap orang semakin mudah untuk memulai dan menjalankan bisnis. Siapa pun dapat menawarkan produk dan jasa dengan sangat mudah hanya melalui media sosial maupun berbagai platform marketplace yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis. 

Namun di sisi lain, kemudahan ini juga membawa tantangan baru bagi para pelaku usaha. Persaingan yang berat, seringkali membuat pelaku bisnis mengalami kesulitan memasuki pasar dan bersaing secara sehat. 

Untuk itu, banyak cara perlu digunakan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan. Baik melalui pembuatan konten yang menarik, menggunakan influencer, memasang iklan hingga mengikuti event seperti bazar untuk dapat langsung bertemu dan memperkenalkan produk pada pelanggan. 

BAZAR

Bazar sendiri adalah pasar yang sengaja diselenggarakan untuk jangka waktu beberapa hari.

Bazar biasa dilakukan di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, kampus atau pada event tertentu. 

Untuk dapat mengikuti event bazar, kamu dapat mencari informasi melalui media sosial atau melalui Event Organizer (EO) yang sering menyelenggarakan bazar. 

Lalu apa saja yang harus diperhatikan sebelum mengikuti bazar?

Mengetahui Target Market

Kamu perlu memastikan bahwa event atau lokasi tersebut akan dihadiri oleh target market produk kamu. Baik dari segi usia, kelompok sosial, lokasi, hingga minat pengunjung. 

Menentukan Anggaran

Untuk mengikuti sebuah bazar tentu kamu perlu menyediakan anggaran sewa sebagai tenant. 

Biayanya sangat bervariasi, tergantung pada lokasi dan event yang kamu ikuti. Sebagai perkiraan, biaya untuk mengikuti bazar adalah berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta per harinya. Biasanya bazaar akan berlangsung selama 3 hingga 7 hari. Namun adapula yang berlangsung selama satu bulan penuh. 

Semakin premium lokasinya tentu biaya sewa semakin mahal. Apalagi jika EO menyediakan berbagai fasilitas yang lebih lengkap. 

Dengan besarnya anggaran ini, tentu kamu perlu mengkalkulasi biaya sewa hingga biaya operasional secara tepat, supaya kamu tetap dapat memperoleh keuntungan secara maksimal.

Kamu juga perlu memperhitungkan biaya operasional lainnya seperti menyiapkan properti booth, honor untuk penjaga booth, biaya transportasi, biaya promosi, dan biaya tak terduga lainnya. 

Desain Booth

Bazar adalah kesempatan kamu untuk memperkenalkan diri pada target konsumen dan memperluas market. Tentu kamu ingin brand kamu memiliki persona yang menarik dan dipercaya oleh target konsumen.

Kamu perlu menyiapkan layout booth yang rapi, menarik, menggunakan properti yang layak, memastikan ruang gerak yang nyaman bagi customer, hingga menggunakan desain promosi khusus yang menonjol.

Papan Nama yang jelas

Pastikan kamu menyiapkan papan nama yang jelas terbaca dan mudah untuk dilihat. Baik secara ukuran maupun lokasi penempatan. Sehingga nama produk kamu akan mudah dibaca dan diingat oleh pengunjung. 

Ini adalah kesempatan besar kamu untuk melakukan branding produk. Maka pastikan papan nama yang kamu gunakan dalam kondisi yang baik dan menarik.

Gunakan Marketing Kit 

Ilustrasi Materi Promosi (Sumber: Desain olahan pribadi melalui Canva)
Ilustrasi Materi Promosi (Sumber: Desain olahan pribadi melalui Canva)

Siapkan brosur, poster atau marketing kit lainnya. Kamu juga bisa menyiapkan tas dengan nama brand produk kamu. 

Bayangkan setiap orang yang membeli produk kamu menenteng tas dengan brand kamu. Ini menjadi sarana promosi gratis. Orang lain yang melihat dapat ikut tertarik untuk membeli atau setidaknya penasaran dengan produkmu.

Gunakan Gimik yang Menarik

Kamu bisa menggunakan harga spesial, diskon spesial, promo bundling, hingga mengundang influencer untuk datang ke booth kamu. 

Sistem Pembayaran

Persiapkan sistem pembayaran yang mudah dan cepat. Kamu bisa menyiapkan pembayaran dengan Qris, namun tetap perlu menerima pembayaran secara tunai. Jadi pastikan kamu telah menyiapkan uang kembalian ya!

Persiapkan Brief bagi Penjaga Stand

Pastikan kamu telah menyiapkan brief yang lengkap kepada penjaga stand agar bazar berjalan lancar dan promosi produkmu semakin maksimal. 

Seperti pakaian seperti apa yang harus digunakan saat bertugas, waktu istirahat, instruksi untuk menyapa dengan ramah, melayani dengan sabar, mengingatkan customer untuk mengikuti media sosial bisnismu, memberikan tag saat memposting foto menggunakan produk, dan lain sebagainya. 

Promosikan Melalui Media Sosial

Jangan lupa untuk mempromosikan event bazar yang sedang kamu ikuti secara intens setidaknya sejak satu minggu sebelum event berlangsung. 

Bagaimana, tertarik dan siap mengikuti bazar? 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun